GenK LIFE

Apa Sih, Afasia Itu?

Pernah nggak kalian mendengar Afasia? Apa sih, Afasia itu? Nah, Afasia merupakan suatu gangguan yang terjadi ketika berkomunikasi yang disebabkan oleh kerusakan otak pada satu atau beberapa area yang tugasnya untuk mengontrol bahasa. Aphasia ini bisa mempengaruhi cara berkomunikasi tertulis, verbal bahkan keduanya. 

Afasia atau aphasia ini dapat mengakibatkan penderitanya kesulitan dalam membaca, menulis, memahami ucapan, mendengarkan dan berbicara. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai Afasia, yuk simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Afasia?

Sumber Gambar : neurologi.id

Afasia merupakan suatu gangguan yang disebabkan oleh kerusakan otak pada area yang bertugas untuk mengontrol bahasa. Terdapat beberapa Aphasia yang terjadi seumur hidup yaitu aphasia progresif primer dan ada juga yang sementara.

Aphasia sementara ini disebabkan karena TIA atau stroke ringan yang gejalanya biasanya kejang-kejang dan migrain.

Aphasia yang disebabkan oleh TIA atau stroke ringan ini akan menimbulkan gejala-gejala yang mula-mulanya kesulitan dalam bicara dan sulit memahami perkataan seseorang, lemah, dan mati rasa pada bagian tubuh tertentu dan yang lebih parah kelanjutannya yaitu terkena stroke. 

Jenis-Jenis Afasia

afasia

Sumber Gambar : cloudinary.com

Aphasia sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu aphasia reseptif (lancar), aphasia ekspresif (tidak lancar), aphasia global, aphasia anomik, dan aphasia progresif primer. Dari lima jenis Aphasia tersebut dikutip dari WebMD yaitu aphasia global.

Dapat dikatakan aphasia yang jarang ditemukan yaitu aphasia progresif primer karena jenis afasia ini akan perlahan-lahan menghilangkan kemampuan dalam berbicara, nah nantinya seseorang jadi sulit memahami apa yang ia dengar dalam suatu percakapan. Aphasia jenis ini tidak dapat disembuhkan secara total. 

Aphasia global biasanya muncul pada seseorang yang telah mengalami stroke, hal ini disebabkan karena kerusakan besar pada area depan dan belakang otak kiri, yang menyebabkan penderitanya jadi kesulitan untuk membaca, berbicara, menulis bahkan memahami kata-kata.

Berbeda dari aphasia global, aphasia progresif primer ia yang mengalami stroke akan membaik apabila mendapat terapi yang tepat. 

Penyebab Terjadinya Afasia

afasia

Sumber Gambar : cloudfront.net

Dilansir dari halodoc.com penyebab dari aphasia yaitu kerusakan otak yang diakibatkan oleh stroke atau pecahnya pembuluh darah pada otak. Kerusakan obat yang disebabkan oleh tumor, infeksi, atau proses degeneratif yang bisa menyebabkan aphasia. 

Selain itu penyakit demensia bisa menjadi penyebab menurunya fungsi dari sel-sel otak yang mengakibatkan aphasia. Pada kondisi seperti ini gangguan akan berkembang secara bertahap, namun episode aphasia bisa terjadi sementara.

Hal itu disebabkan oleh serangan iskemik transien, migrain (TIA). TIA ini terjadi saat aliran darah di blokir sementara ke area otak. Jadi, itulah yang menyebabkan terjadinya aphasia. 

Diagnosis pada Afasia

afasia

Sumber Gambar : orami.co.id

Untuk mengetahui gejala-gejala yang dialami oleh pasien, nantinya dokter akan mengevaluasi dengan menganjurkan pasien untuk melakukan berbagai rangkaian tes yang nantinya tes tersebut digunakan untuk memastikan apa pasien mengalami aphasia atau tidak.

Tes dilakukan seperti CT scan atau MRI, menguji kemampuan berbicara pasien, pemeriksaan neurologis dan fisik, pemeriksaan cara berinteraksi dengan orang lain, cara membaca  menulis, kemampuan uji bahasa lisan. Dengan cara tersebut dokter dapat mendiagnosis pasien tersebut terkena aphasia atau bukan. 

Cara Pengobatan untuk Penderita Afasia

afasia

Sumber Gambar : alodoc.com

Jika pasien memang dikonfirmasi positif menderita aphasia, dokter pastinya akan segera merekomendasikan berbagai perawatan yang cocok dengan usia, penyebab, jenis, ukuran lesi serta posisi.

Pada penderita aphasia sementara, umumnya tidak harus menjalani perawatan khusus akan tetapi jika afasia jenis lain yang sifatnya menetap, dokter akan merekomendasikan beberapa terapi wicara dan bahasa. Sayangnya, terapi wicara hanya akan mengurangi gejalanya, bukan menyembuhkan aphasia secara total. 

Nah, itu tadi beberapa hal mengenai afasia, yaitu gangguan komunikasi yang terjadi oleh kerusakan otak pada satu atau beberapa area yang tugasnya untuk mengontrol bahasa. Semoga bisa lebih mengenali gejalanya!

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif

Leave a Reply

Your email address will not be published.