Kuliner

Apa Sih Bedanya Coklat Compound dan Couverture?

Apa Sih Bedanya Coklat Compound dan Couverture

Terdapat berbagai jenis coklat yang ada di dunia. Tapi pernah dengar nggak kalau coklat-coklat ini yang biasa dijadikan sebagai bahan masakan? Nah, coklat ini adalah coklat compound dan coklat couverture. Lantas apa perbedaan dari kedua coklat ini? Coklat couverture ini adalah campuran cocoa mass dan cocoa butter. Sedangkan coklat compound merupakan kombinasi antara cocoa powder dan lemak nabati. 

Jika dilihat jelas kedua coklat ini memiliki bahan yang berbeda pula, dan proses untuk menjadi sebuah makanan pun juga berbeda. Untuk cocoa mass sendiri disebut cocoa liquor . Bahannya yang berbentuk pasta kental serta diperolehnya dari biji kakao langsung. Sedangkan untuk cocoa liquor  nantinya akan diproses lagi menjadi dua jenis bahan, yaitu menjadi cocoa powder dan cocoa butter. Nah, untuk lebih lengkapnya simak yuk ulasan berikut ini! 

Coklat Compound Yang Terkenal Lebih Murah 

Sumber Gambar : popmama.com

coklat compound ini bisa jadi alternatif karena harganya yang relatif lebih murah dari coklat couverture. Pada coklat ini tidak mengandung cocoa mass, akan tetapi memiliki kandungan lemak nabati. coklat ini menggunakan bubuk coklat atau cocoa powder.  Pada penggunaanya, coklat bubuk ini lebih mempengaruhi rasa dan konsistensi. Apalagi coklat ini disebutkan bahwa tidak seenak coklat couverture. Apalagi dari segi pengolahan yang sangat-sangat berbeda. 

Perbedaan Dari Segi Pengolahan Antara coklat Couverture Dan coklat Compound

Ini Bedanya Cokelat Couverture dan Compound

Sumber Gambar : detik.net.id

coklat compound sendiri tidak melalui proses tempering, sedangkan untuk coklat couverture harus diolah melalui proses tempering. Karena coklat compound yang lebih mudah diolah sehingga sering digunakan pada industri rumahan atau penggunaan pribadi. Tapi coklat compound  pastinya tidak akan memiliki kilap seperti coklat couverture. Dan coklat compound harus dihangatkan pada suhu tertentu, sehingga naik turunya suhu nanti seperti tempering coklat couverture.  

Coklat Couverture Adalah coklat Dengan Tingkat Kualitas Tinggi

Coklat Compound dan Couverture

Sumber Gambar : chocotrenz.com

Seperti dilansir dari Kompas.com, coklat couverture memiliki tingkat kualitas yang lebih tinggi dibanding coklat compound. Nantinya coklat couverture dapat digiling kemudian dibentuk dengan tekstur yang lebih bagus ketika proses produksi. Apalagi coklat couverture sendiri memiliki persentase cocoa butter yang lebih tinggi. Bahkan banyak yang bilang bahwa coklat couverture lebih enak dan teksturnya lebih baik. 

Dibandingkan dengan coklat compound, coklat couverture mudah diolah dengan cara dilelehkan atau tempering. coklat jadi mengkilap dan memiliki tekstur yang bagus. Akan sangat baik dijadikan coklat celup atau lapisan sajian untuk penutup yang begitu cantik dan manis. 

Bagaimana Proses tempering coklat Couverture?

Coklat Compound dan Couverture

Sumber Gambar : kompas.com

 Proses tempering untuk coklat couverture tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena di perusahaan besar maupun toko bakery, coklat ini diolah menggunakan mesin tempering khusus yang nantinya bisa menjaga suhu dari coklat tersebut.

Coklat couverture sendiri memiliki standar tertentu seperti harus mengandung minimal 35% cocoa mass dan 31 % untuk cocoa butter. Hingga 39 % untuk cocoa butter. 

Tekstur dari coklat couverture akan semakin encer ketika dilelehkan karena banyaknya cocoa butter didalamnya. Lapisan coklat yang telah melalui proses tempering akan semakin baik.

Jadi, untuk membedakan coklat couverture dengan coklat compound sangat mudah. Menurut chef Feri Sulfian, untuk membedakannya yaitu dengan melihat persentase kandungan cocoa butter dan cocoa mass, serta campuran lain.

Total persentase cocoa butter dan cocoa mass minimal harus 54 % Presentasi cocoa butter biasanya di antara 32-39 %. 

Nah, itu tadi beberapa perbedaan mengenai coklat couverture dan coklat compound!

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *