Creativepreneur and Career

Apa sih Peran COO Dalam Perusahaan?

Apa sih Peran COO Dalam Perusahaan

Apa itu COO? Yuk kenal lebih dalam mengenai COO dan perannya dalam perusahaan. COO merupakan eksekutif senior yang memiliki tanggung jawab mengenai teknis operatif dan administratif perusahaan. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai apa saja peran COO, Yuk simak artikel berikut ini!

Apa Itu COO? 

Sumber Gambar : carigaji.com

COO sendiri berasal dari singkatan Chief Operating Officer yang bertugas sebagai eksekutif senior dan bertanggungjawab untuk memantau jalannya administrative perusahaan dan juga fungsi teknis operatifnya. 

Tugas COO berhubungan langsung dengan CEO dalam menyampaikan laporan lapangan. COO yang juga sebagai komando struktur organisasi perusahaan dianggap sebagai orang kedua di bawah pimpinan CEO. 

Maka dari itu, COO adalah bagian penting dari perusahaan karena COO harus menempuh pendidikan minimal sarjana dalam bidang bisnis atau studi yang terkait. 

Karena COO adalah posisi senior dalam sebuah perusahaan makanya untuk perekrutan posisi COO ini biasanya mengangkat COO karena dari internal perusahaan karena sudah mengabdi lama dan tahu mengenai perusahaan tersebut. Dalam mengkategorikan kualifikasi level senior sebagai kandidat COO harus dilihat dari pengalaman ketiak ia menjadi karyawan dan manajer. Kandidat COO harus setidaknya memiliki pengalaman kerja 10 hingga 15 tahun untuk bisa diberikan mandat sebagai COO dalam memimpin perusahaan. 

Peran dan Tugas Seorang COO

Peran COO

Sumber Gambar : quantic.edu

Seorang Chief Operation atau COO memiliki tugas dan peran dalam menangani berbagai urusan dan permasalahan perusahaan. Dalam urusan internal COO bertanggungjawab atas manajer, karyawan, dan stakeholder. 

Pada situasi ini COO harus memiliki kualifikasi skill kapabilitas setara dengan tingkatan CEO karena kinerja COO merujuk pada kinerja lebih praktikal. 

Selain itu, COO memiliki peran dalam membuat rancangan strategi operasional perusahaan, membantu tim HR, mengkomunikasikan aturan-aturan kedisiplinan dan masih banyak lagi demi meningkatkan kualitas SDM pada perusahaan. 

Tugas dan peran COO dalam perusahaan yaitu : mengelola operasional bisnis milik perusahaan, bekerja sama dengan CEO untuk memastikan tujuan bisnis, merancang strategi dan proses baru untuk perusahaan, sebagai penghubung antara CEO dan karyawan tingkat tinggi, mendorong karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan, membuat kebijakan dan memfasilitasi produktivitas dan efisiensi, dan masih banyak tugas dari COO yang harus dikerjakan untuk tujuan perusahaan. 

Tipe-Tipe COO, Apa Saja?

Sumber Gambar : leadershipmanagementmagazine.com

Terdapat tujuh tipe COO yang diketahui dari berbagai perusahaan besar yang ada di dunia. Berikut ini ada beberapa tipe COO yang harus kamu ketahui :

1. COO Agen Perubahan 

Sumber Gambar : amazonaws.com

COO agen perubahan dipekerjakan untuk melakukan perubahan substansial pada operasional perusahaan. COO memimpin inisiatif untuk perusahaan seperti perubahan antar departemen. 

2. COO Pelaksana 

Peran COO

Sumber Gambar : cloudfront.net

Pada tipe ini COO berfokus pada operasi internal bisnis sedangkan CEO perusahaan berfokus pada hubungan eksternal bisnisnya.

3. COO Mentor

Peran COO

Sumber Gambar : ternakduit.net

COO bertugas membimbing karyawan tingkat tinggi, mereka dapat membantu membimbing karyawan dan senior sebagai sumber daya optimal milik perusahaan. 

4. COO Pewaris Nyata

Sumber Gambar : glints.com

COO ini biasanya adalah bagian dari rencana suksesi CEO untuk meningkatkan posisi di perusahaan dan membantu COO menjadi CEO atau pemimpin pengganti setelahnya. 

5. COO MVP

Peran COO

Sumber Gambar : Blogspot.com

Karyawan tinggalkan tinggi yang telah dipromosikan COO karena perusahaan mereka tidak menginginkan kehilangan mereka dari para pesaing. Jadi, COO MVP adalah dimana ketika perusahaan sedang mengangkat karyawan terbaik untuk menjadi COO. 

Kualifikasi Skill Yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi COO

Peran COO

Sumber Gambar : google user content

Kualifikasi yang harus dimiliki untuk menjadi seorang Chief Operation Officer adalah sebagai berikut : 

1. Leadership atau Kepimpinan 

Seorang COO haruslah bisa menjadi pemantau utama, pada semua kinerja departemen bisnis, seorang COO haruslah memiliki skill dan sifat kepemimpinan untuk masa depan perusahaan. 

2. Pemecah Masalah

Seorang COO harus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah dan konflik yang terjadi di kantor. Pada situasi ini seorang COO juga harus membimbing karyawan dan membantu karyawan untuk mengatasi masalah baik internal maupun eksternal. 

3. Membangun Tim

COO harus memiliki jiwa kepemimpinan dan membangun tim yang solid dan kooperatif. 

Public Speaking

Peran COO

Sumber Gambar : ultimagz.com

Seorang COO harus bisa percaya diri dan nyaman ketika berbicara di depan umum terutama pada klien dan investor. Selain itu seorang COO harus bisa mempresentasikan perusahaannya. 

Seorang COO atau pemimpin harus bisa mengambil banyak keputusan, apalagi keputusan untuk memastikan kemajuan perusahaan. 

Nah, itu tadi beberapa hal mengenai COO. Jadi sekecil apapun kinerja seorang COO sangat mempengaruhi operasional sebuah perusahaan. Untuk kamu yang ingin jadi COO, pastikan kamu sudah memiliki kualifikasi dan skill seperti diatas!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.