GenK LIFE

Apa Sih Writers Block Itu Dan Bagaimana Tips Untuk Mengatasinya

writer's block

Hi GenK. Kalian udah tau belum sih apa itu Writers Block? Nah buat kalian yang mungkin berprofesi sebagai penulis buku, penulis naskah atau penulis skenario, pasti udah ga asing lagi sama istilah satu ini. Writers Block adalah sebuah kondisi dimana kamu sebagai seorang penulis merasa kehabisan atau kekurangan ide untuk tulisan kamu.

Dalam situasi ini, membuat tulisan baru atau bahkan melanjutkan tulisan akan terasa sangat sulit. Penulis buku yang terkenal dan sudah bertahun-tahun memiliki pengalaman menulis pun bisa saja mengalami hal ini.

Dilansir dari ThoughtCo., istilah ini dipopulerkan oleh seorang ahli psikoanalisis di Amerika, Edmund Bergler, pada tahun 1940-an. Situasi ini biasanya membuat penulis merasa stres dan kebingungan.

Menunggu satu kata untuk muncul dan bisa dituangkan di atas kertas saja bisa memakan waktu yang cukup lama. Writer block sendiri gak hanya dialami oleh para penulis tapi juga setiap orang saat akan menulis sesuatu.

Berdasarkan sebuah penelitian dari Yale psychologists pada tahun 1970 dan 80-an yang akhir-akhir ini kembali ditinjau New Yorker, writer block merupakan hal yang konkrit dan fenomena yang bisa diatasi. Untuk memahami fenomena ini, dua orang psikolog yang bernama Jerome Singer and Michael Barrios pun mengadakan sebuah penelitian terhadap para penulis dengan latar belakang berbeda, seperti penulis puisi dan screen writer.

Nah, disini aku mau kasih beberapa tips nih yang mungkin bisa kamu coba untuk mengatasi saat kamu mengalami Writers Block.

1. Curhat Ke Temen Dekat

Sumber Gambar : Liputan6.com

Kamu bisa curhat dan ketemuan nih sama temen kamu buat melepas penat dan merilekskan pikiran biar kamu bisa berpikir jernih dan menemukan ide-ide baru lagi yang lebih fresh.

2. Traveling atau Jalan-Jalan

Sumber Gambar : Unsplash.com

Nah, buat yang hobi jalan-jalan, kamu bisa nih merencanakan beberapa hari untuk liburan ke luar kota, ke rumah temen atau jalan-jalan ke tempat wisata untuk merefresh pikiran kamu, kali aja abis liburan kamu bisa dapet ide-ide baru yang lebih unik dan unpredictable ya kan? Hehe

3. Bertemu dan Ngobrol Dengan Orang Baru

Writer's Block

Sumber Gambar : Unsplash.com

Buat kamu yang suka ketemu orang baru, kamu bisa loh coba ikut komunitas-komunitas penulis atau kegiatan positif yang lainnya dan ketemu sama orang baru, kamu bisa ngobrol dan bertukar pikiran sama mereka dan menghasilkan ide-ide cemerlang setelah ngobrol sama mereka dan bisa menambah wawasan juga.

4. Take a Break

Writers Block

Sumber Gambar : Unsplash.com

Mungkin kamu mengalami Writer’s Block karena kurang istirahat nih, so, yang kamu butuhkan cuma stay at home atau staycation untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran kamu, supaya otak kamu lebih rileks dan siap untuk mendapatkan ide baru.

5. Menonton Film

Writers Block

Sumber Gambar : Unsplash.com

Ok, nah buat kamu yang punya hobi nonton, mungkin kamu bisa install aplikasi Netflix, Iflix, WeTV atau VIU di HP kamu dan bersiap buat ngluangin waktu nonton ala bioskop di rumah. Kamu bisa nonton film atau drama komedi atau sesuai tema tulisan kamu supaya kamu bisa mendapat inspirasi untuk tulisan kamu

6. Mendengarkan Musik

Writers Block

Sumber Gambar : Voi.id

Dan yang terakhir adalah, kamu bisa merebahkan tubuhmu, rileks sambil mendengarkan musik melalui headphone atau headset. Rata-rata dengan cara ini, kamu bisa dengan lebih mudah menenangkan pikiran dan memberi space untuk ide-ide baru bermunculan. Ok, itulah tips-tips yang bisa aku share ke kalian disini dan semoga bermanfaat buat para readers semua. Thank you and have a nice day!

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published.