GenK LIFE

Apakah Cairan Disinfektan Benar Dapat Cegah Virus Corona?

Di tengah maraknya wabah virus corona atau COVID-19 di dunia, membuat banyak orang melakukan berbagai upaya pencegahan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan guna mencegah penyebaran, seperti menjaga daya tahan tubuh hingga kebersihan diri dan juga lingkungan. Selain mencuci tangan dengan sabun dan penggunaan hand sanitizer, ternyata penggunaan disinfektan juga diperlukan.

Penggunaan disinfektan menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona (SARS-CoV-2). Disinfektan dipercaya mampu untuk mensterilkan benda-benda dari kuman, bakteri ataupun virus. Disinfektan diketahui mengandung bahan yang bernama biosida yang merupakan bahan aktif pembunuh bakteri dan kuman.

disinfektan

Ilustrasi Disinfektan. (Sumber: Unsplah/Clay Banks).

Apa itu disinfektan dan apa saja jenis-jenisnya?

Agar tak keliru membedakan antara disinfektan dengan cairan pembersih lainnya, kita harus tahu dulu apa itu disinfektan. Disinfektan merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad remik atau obat untuk membasmi kuman penyakit. Disinfektan juga dapat diartikan sebagai senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan untuk membunuh mikroorganisme yang terpapar langsung disinfektan.

Efektivitas disinfektan sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lama paparan, suhu, konsentrasi disinfektan, pH, serta ada dan tidaknya bahan pengganggu. Disinfektan biasa digunakan dalam beberapa hal, seperti membersihkan permukaan lantai, meja dan permukaan lain yang sering tersentuh; membersihkan kain atau pakaian yang terpapar bakteri dan virus; serta mensterilkan peralatan medis.

Baca Juga :   Ternyata Virus Ebola Jauh Lebih Mengerikan Ketimbang Virus Corona

Walau sama-sama dapat membersihkan, disinfektan ini berbeda loh dengan antibiotik dan antiseptik! Antibiotik digunakan untuk menghancurkan mikroorganisme yang ada di dalam tubuh. Sementara itu, antiseptik sendiri merupakan bahan pembunuh bakteri dan virus yang digunakan di tubuh. Disinfektan sendiri terbagi dalam beberapa jenis, seperti:

About author

Related posts
GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!