GenK LIFE

Apakah Dirimu Seorang Giver, Taker atau Matcher?

Dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan professional, kita sering menemukan orang-orang yang memiliki perilaku yang berbeda, ada diantara teman kantor kita yang senang menawarkan bantuan kepada kita tanpa pamrih dan adapula dari mereka yang malah sering meminta bantuan kepada kita. Professor psikologi Adam Grant dalam bukunya Give and Take membagi karateristik perilaku manusia di dunia kerja menjadi tiga golongan yakni: Givers, Takers, dan Matchers.

1.Givers

giver

sumber (beyourself)

Givers adalah orang yang lebih suka memberi daripada mengambil dan juga lebih memperhatikan kepentingan orang lain daripada kepentingan dirinya sendiri. Bisa dibilang givers adalah nice guy yang sering memberikan sesuatu ke kamu, baik itu benda ataupun bantuan. Givers terkadang sering juga menawarkan sesuatu kepada orang lain sebelum orang tersebut meminta sesuatu. Walaupun givers memiliki kesan sebagai orang yang baik pada kenyataanya giver sering dimanfaatkaan oleh orang lain dikarenakan kebaikan mereka.

Baca Juga :   5 Resep Makanan Sehat Ini Harus Kamu Coba Saat Work From Home

2.Takers

sumber (thejibnetwork)

Takers adalah orang yang lebih suka mengambil daripada memberi, orang yang lebih mementingkan kepentingan dirinya sendiri daripada kepentingan orang lain. Takers biasanya berusaha mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya dengan berkontribusi yang seminimal mungkin. Walaupun terkesan egois namun sebenarnya takers ialah orang yang realis dan memiliki mimpi yang besar. Sebab itulah mereka terkadang bersifat egois karena mereka menilai salah satu cara mencapai mimpi mereka ialah dengan cara mementingkan kepentingan mereka terlebih dahulu diatas kepentingan orang lain.

3.Matcher

sumber (niway)

Matchers adalah orang yang berusaha menyeimbangkan antara memberi dan mengambil. Matchers biasanya orang yang memiliki prinsip: Aku melakukan sesuatu untuk mu jika kamu melakukan sesuatu untuk aku. Begitupun sebaliknya. Menurut Adam Grant sendiri matchers mungkin adalah golongan yang paling efektif dalam berhubungan dikarenakan mereka menggunakan perhitungan dan nalar mereka ketika berhubungan dengan orang lain.

About author

Related posts
GenK LIFE

Buat Pecinta Tanaman, Ini Dia Tanaman Pembersih Udara yang Bikin Sehat!

GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!