GenK LIFE

Apakah Dirimu Seorang Giver, Taker atau Matcher?

Kesukesan seorang givers terjadi karena ia memiliki reputasi yang baik diantara yang lainnya. Siapa yang tidak suka berteman dengan orang yang dapat dipercaya dan sering menawarkan bantuan?

Singkatnya, givers berhasil karena mereka sering memberikan bantuan yang mengarahkan mereka juga kepada hubungan berkualitas yang menguntungkan mereka. Dengan hubungan kerjasama yang kuat, givers juga terkadang lebih bahagia daripada takers.

Namun tunggu dulu. Jika giver membuat hubungan kerjasama yang kuat bahkan membuat diri semakin bahagia, mengapa sebagian givers berada di peringkat paling bawah kesuksesan? Hal yang membedakan givers yang sukses dan memiliki performa kerja yang baik dengan tidak ialah givers yang memiliki performa yang buruk sering  mengalami kelelahan karena sering membantu orang lain dan berakhir dimanfaatkan oleh takers. Jadi kunci untuk menjadi givers yang berhasil ialah dengan menjadi givers yang cerdas dan memiliki strategi dalam memberi. Tidak lupa mengimbangi dan mempelajari bagaimana cara berhubungan yang baik dengan matchers dan takers, agar tidak dimanfaatkan oleh mereka.

Kamu termasuk yang mana? Apakah  kamu seorang takers atau matchers apakah mau menjadi givers?

Penulis : Fahri muharom

Penyunting : Adi

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya