Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Akuntansi Ini Bisa Catat Keuangan Tanpa Ribet

aplikasi akuntansi gratis

Menjalankan bisnis bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Ada berbagai aspek yang harus dipenuhi untuk mencapai kesuksesan berupa keuntungan yang maksimal tanpa membuat hal lainnya terbengkalai. Salah satu hal yang perlu kamu lakukan untuk memantau perkembangan perusahaan dari sisi keuangan yaitu melakukan pencatatan keuangan. Hal ini lebih familiar disebut dengan akuntansi. Proses mencatat keuangan perusahaan cukup kompleks apalagi jika kamu memiliki banyak bisnis atau ukuran bisnis yang cukup besar. Meskipun demikian, kamu bisa memanfaatkan aplikasi akuntansi gratis untuk memudahkannya. Berikut ini adalah beberapa aplikasi terkait yang bisa kamu coba.

1. Turbocash

aplikasi akuntansi turbocash

Sumber: sourceforge.net

Untuk kamu yang memiliki usaha kecil rumahan, aplikasi ini cocok untuk kamu pasang di komputer atau laptop. Beberapa fitur yang tersaji pada program ini yaitu barcodes, invoice, stock pricing, multi user, analysis and reporting, dan lain-lain. Untuk kelebihannya, Turbocash mendukung penyajian laporan dalam bentuk grafik. Data dalam bentuk grafik lebih memudahkan pembacaan dalam analisis keuangan perusahaan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk pencatatan pengeluaran sehari-hari. Tidak hanya itu, aplikasi ini mendukung antarmuka multibahasa hingga 17 bahasa. Mengenai koneksi untuk multi user, kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi ini mendukung koneksi LAN.

2. GNUCash

tampilan aplikasi gnucash

sumber: gnucash.org

GNUCash juga bisa kamu pilih untuk pengelolaan bisnis perusahaan. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang memiliki bisnis online kecil atau ingin mencatat pengeluaran pribadi. Kelebihan dari GNUCash salah satunya adalah mudah digunakan. Bahasa yang digunakan dalam program ini adalah bahasa C. Meskipun demikian, kamu tetap akan mudah untuk mengoperasikannya tanpa harus banyak berurusan dengan bahasa pemrograman. Kamu juga akan dipandu dengan tutorial-tutorial yang memudahkan untuk pemaksimalan penggunaan fitur GNUCash.

Baca Juga :   Tabungan Sering Minus? Coba Deh, Cara Mengatur Keuangan Berikut!

3. Kledo

tampilan kledo

sumber: kledo.com

Jika kamu tidak ingin tampilan aplikasi yang klasik, Kledo bisa jadi pilihan. Kledo memiliki antarmuka yang lebih modern dan dinamis. Tidak hanya itu, kamu bisa melakukan pencatatan keuangan yang cukup variatif di sini. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan Kledo yaitu membuat invoice, catatan hutang dan piutang, catatan pemasukan dan pengeluaran, pelunasan, penawaran, sales quote, dan lain-lain. Selain itu, Kledo juga mendukung bentuk laporan akuntansi yang lebih lengkap serta bisa diakses dari manapun.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengen Sukses Berbisnis Tanpa Perang Harga? Simak Tipsnya Disini

Creativepreneur and Career

Ingin Pikat Pembaca Lewat Copywriting? Ini Cara Bikin Headline yang Menarik!

Creativepreneur and Career

Kuatkan “Mind, Body, and Soul” Kamu Dengan Berjalan-jalan dan Berbelanja di Virtual World Creatifest 2021

Creativepreneur and Career

Step-by-Step Strategi Launching Produk Baru di Media Sosial