Seni Rupa & Desain

Aplikasi-aplikasi Color Grading untuk Android Terbaik yang Wajib Kamu Punya di Smartphonemu

Nggak semua foto atau video yang didapatkan itu memiliki visual tone menarik dan seperti yang diinginkan sang fotografer ataupun videografer. Visual tone itu sendiri sangat penting di dalam dunia fotografi ataupun videografi karena dapat memunculkan emosi dan mood tersendiri.  Ada banyak elemen yang dapat digunakan untuk menghadirkan visual tone menarik dalam sebuah foto atau video. Dan istilah untuk meningkatkan serta mengubah visual tone tersebut dikenal dengan nama color grading

Jika di PC, kamu mungkin mengenal software-software seperti Adobe Lightroom, ACDSee Ultimate, Adobe After Effects sampai dengan Pinnacle Studio, tapi kira-kira ada nggak ya aplikasi seperti itu untuk perangkat mobile? Jawabnya adalah ada. Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi color grading yang tersedia untuk smartphone-smartphone berbasis Android.

Snapseed

Sumber Gambar : blogspot.com

Snapseed merupakan aplikasi pengedit foto yang memiliki tools cukup lengkap untuk pengguna umum ataupun profesional. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini dapat membuat foto yang biasa saja pada awalnya menjadi terlihat luar biasa. Ada banya filter dan efek khusus yang terdapat di dalamnya, mulai dari healing, structure, HDR, healing, grunge dan banyak lagi lainnya.

Cameo

Sumber Gambar : pcmag.com

Cameo adalah video untuk mengedit video yang bisa kamu pakai untuk menggabungkan setiap klip dari Camera Roll untuk kemudian diedit, di-trim, diputus atau juga disambung-sambung. Kamu juga dapat menambahkan filter-filter tertentu agar videomu terlihat lebih menarik dan tone-nya berbeda dari aslinya. Selain filter, terdapat juga theme sampai dengan soundtrack yang berkualitas dan bebas kamu gunakan di dalam videomu. 

KineMaster

Sumber Gambar : blogspot.com

Jika kamu ingin mengedit dan memodifikasi video secara mudah, cepat dan hasilnya memuaskan, maka KineMaster adalah jawabannya. Aplikasi satu ini adalah aplikasi pengedit video profesional yang dapat kamu gunakan kapan dan di mana saja. Kamu dapat menambahkan filter warna LUT, efek khusus sampai menyiapkan transisi untuk perpindahan antara satu scene ke scene lain dengan baik. Aplikasi yang dirilis oleh NexStreaming ini juga berisikan banyak elemen menarik untuk mempercantik video yang sedang kamu edit.

3DLUT mobile

color grading

Sumber Gambar : mzstatic.com

3DLUT mobile merupakan aplikasi untuk mengedit baik video maupun foto untuk perangkat berbasis Android yang tersedia gratis di Google Play Store. Aplikasi ini dapat membantumu mengedit foto atau video dengan cepat hanya dalam hitungan detik. Kamu hanya perlu memiliki foto atau video yang tersimpan di galeri smartphonemu, kemudian mulai edit setiap elemen di dalamnya atau juga kamu dapat menambahkan efek atau theme lain yang sudah tersedia. Hanya saja, aplikasi satu ini membutuhkan koneksi internet untuk dapat digunakan, jadi kamu harus siap paket data ketika berada di luar rumah.

Adobe Premiere Rush

color grading

Sumber Gambar : mzstatic.com

Mungkin dapat dikatakan bahwa Adobe Premiere Rush adalah satu di antara beberapa aplikasi pengedit video terbaik untuk Android sejauh ini. Adobe Premiere Rush yang merupakan aplikasi versi gratisan dari Adobe Premiere dapat kamu gunakan untuk mengedit video di perangkat mobile.

Bahkan hasil editanmu itu dapat kamu ekspor ke Adobe Premiere Pro CC nantinya. Dengan aplikasi ini, kamu dapat melakukan banyak hal, mulai dari mengedit tone warna, menambahkan musik sampai dengan memakai elemen tertentu untuk mempercantik video yang sedang kamu edit itu. 

Dari 5 aplikasi color grading di atas, kira-kira mana yang ingin kamu coba?

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ide Konten Digital Marketing Untuk Promosi Media Sosial Perusahaan Desain Interior

Seni Rupa & Desain

Beberapa Peluang Usaha dari Pemanfaatan Limbah Kayu Sisa Industri

Seni Rupa & Desain

Inovasi Produk Daur Ulang Plastik, Penting Gak sih?

Seni Rupa & Desain

Penerapan Coastal Style Pada Hunian