Game & Teknologi

4 Aplikasi Chatting Jadul yang Penuh Nostalgia

Berbagai aplikasi telah hadir di smartphone untuk mempermudah proses komunikasi yang lebih cepat dan efisien di tengah era digital ini. Kamu tak perlu lagi takut kehabisan pulsa untuk berkirim pesan dengan orang terkasih, karena cukup dengan data internet saja, komunikasi lancar bisa dinikmati dari mana saja. Maka dari itu, ada banyak sekali aplikasi chatting yang dikembangkan para developer untuk memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat serta dukungan fitur-fitur tambahan lainnya. 

Di Indonesia sendiri, WhatsApp masih jadi pemenang dengan jumlah pengguna paling banyak dan disusul oleh aplikasi chatting besutan perusahaan asal Jepang, Line. Masing-masing aplikasi chatting punya keunggulan yang unik dan berbeda satu sama lain. Eits, tapi ada juga beberapa aplikasi chatting jadul yang dulu sempat berjaya nih. Apa saja tuh? Langsung simak pembahasan lengkapnya di bawah ini! 

1. Blackberry Messenger (BBM)

Sumber: androidguys.com

Kepopuleran Blackberry Messenger (BBM) sepertinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Banyak orang yang membeli ponsel Blackberry (BB) demi fitur ponsel dan pesan singkatnya yang menjadi daya tarik unggulan. Dari anak muda hingga orang dewasa ikut memburu merek ponsel asal Kanada ini. Tak hanya pesan singkat, BB juga dilengkapi dengan profil sehingga penggunanya bisa membuat beragam status. 

Berbeda dari WhatsApp atau Telegram, sesama pengguna berkomunikasi dengan bertukar PIN BB terlebih dulu. Meskipun ponsel Blackberry sudah digantikan smartphone lain, aplikasi ini masih sempat tersedia untuk dapat diunduh di sistem operasi iOS dan Android. Namun nasib malang menghampiri, pada 2019 lalu Blackberry memutuskan menutup BBM karena kesulitan mendapat pengguna baru.

Baca Juga :   4 Aplikasi yang Sempat Populer, Dulu Disayang Sekarang Dibuang

2. WeChat

Sumber: androidguys.com

Aplikasi Chat dengan teknologi friend radar atau around you juga pernah booming pada waktu dulu dan WeChat menjadi salah satu pionirnya. Hal terhebat yang bisa dilakukan aplikasi WeChat ini adalah bisa menemukan teman dalam radius tertentu. Kurang lebih mirip dengan fitur pencarian area yang sekarang umum ditemukan di berbagai aplikasi dating seperti Tinder dan Bumble. 

Tetapi sekarang aplikasi chatting jadul asal Tiongkok ini sudah jarang digunakan, kemungkinan besar dipengaruhi ukuran data dan aplikasi yang semakin membesar. Jangan salah, bila kamu berencana untuk bermain-main ke Negeri Tirai Bambu, WeChat adalah aplikasi wajib yang serba bisa untuk berbagai kebutuhan di hampir seluruh wilayah Tiongkok loh. Mulai dari pembayaran digital layaknya e-wallet hingga fungsi-fungsi media sosial umum yang sering ditemukan. 

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Mendapatkan Centang Biru di TikTok untuk Membangun Kredibilitas Merk

Game & Teknologi

Tutorial Anti Ribet Cara Mengubah Suara Video YouTube Menjadi Teks!

Game & Teknologi

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Membeli Laptop Sesuai Budget!

Game & Teknologi

Makin Eksis dengan Cara Live Streaming Instagram dari Laptop dan PC yang Anti Ribet