Arsitektur & Interior

8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik Tahun 2019

aplikasi desain grafis

Mendesain sebuah rumah tentu membutuhkan keahlian khusus, yang juga wajib ditunjang dengan aplikasi desain rumah terbaik. Kami telah merangkum beberapa rekomendasi software untuk kamu coba, GenK.

Kebutuhan untuk mendesain sebuah rumah bukan hanya tentang kemampuan sang arsitek, tapi juga bagaimana memilih perangkat penunjang yang tepat. Menggambar dan menyusun rancangan rumah  menggunakan media digital semakin banyak dipilih. 

Selain lebih mudah, aplikasi desain rumah dapat membantumu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Para penggiat dunia arsitektur, atau sekadar tertarik bidang desain rumah, beberapa aplikasi berikut bisa menjadi pilihan untuk kamu gunakan. 

1. SketchUp Pro

aplikasi desain rumah

SketchUp (sumber: sketchup.com)

Aplikasi desain rumah pertama yang bertengger di puncak daftar ini adalah SketchUp Pro. Software yang telah diakuisisi oleh Google ini merupakan pilihan para desainer rumah dalam mengerjakan proyek-proyeknya. 

SketchUp Pro menawarkan pengalaman menggambar 3D dengan tingkat akurasi yang tinggi, namun kamu tetap merasa seperti sedang menggunakan kertas dan pensil konvensional. 

Antarmuka yang user-friendly membuat kamu betah berlama-lama dalam mendesain layout serta rancangan arsitektur rumah maupun bangunan-bangunan lainnya. SketchUp Pro juga memiliki banyak model 3D yang bisa kamu gunakan secara gratis, GenK. 

2. Total 3D Home, Landscape & Deck Premium Suite

aplikasi desain rumah 2

Total 3D Home, Landscape, & Deck Premium Suite (sumber: amazon.com)

Home, Landscape & Deck Premium Suite punya segudang elemen-elemen arsitektur untuk kamu coba. Aplikasi ini sudah punya 14.000 sampel sketsa yang ciamik untuk kamu pilih. Kamu juga bisa menambahkan sendiri sketsa buatanmu, GenK. 

Nah, saat kamu ingin melihat bagaimana furnitur yang kamu miliki di berbagai gaya desain, cukup import saja foto barang tersebut. Kalau masih kurang, tinggal gunakan saja katalog dengan 20.000 merek produk yang tersedia, GenK. 

Tidak perlu khawatir saat menggunakan aplikasi Home, Landscape & Deck Premium Suite. Aplikasi ini sudah menyediakan video tutorial yang bakal bantuin kamu dalam memanfaatkan beragam tools dan fitur yang ada. Butuh inspirasi? Tinggal lihat 2.500 foto rumah dan landscape yang tersedia, GenK. 

3. AutoCAD Architecture

aplikasi desain rumah 3

AutoCAD Architecture (sumber: pcm.com)

Anak-anak arsitektur sudah pasti familiar dengan software AutoCAD Architecture. Toolset yang menjadi bagian dari AutoCAD ini, telah menjadi aplikasi standar profesional dan mahasiswa untuk mengerjakan proyek-proyek bangunan. 

Fitur-fitur seperti revit grids, renovation mode, tool palettes, style browser, dan object database juga sudah tersedia. Kamu dapat membuat floor plan 3D super realistik, dengan objek-objek dasar AEC (Architecture, Engineering, and Construction) seperti jendela, dinding, dan pintu. 

Kabar baiknya nih, kamu dapat menggunakan student version aplikasi ini selama tiga tahun secara gratis, GenK.

4. Home Designer Professional 

aplikasi desain rumah 4

Home Designer Professional (sumber: homedesignesoftware.com)

Ingin mendesain sendiri rumah idaman, tapi tanpa perlu merogoh kantong untuk menyewa arsitek? Gak perlu khawatir, kamu bisa jadi arsitek untuk rumah idamanmu sendiri dengan memakai aplikasi Home Designer Professional

Para penggemar proyek DIY rumah bakal cocok banget dengan beragam fitur menarik yang dapat dilakukan dengan aplikasi besutan Chief Architect ini. Kamu bisa melakukan remodelling, desain interior, outdoor living, bahkan bisa juga menentukan estimasi harga hanya melalui Home Designer Professional. 

Baik yang hanya ingin membuat proyek sesimpel desain sebuah kamar, atau satu rumah sekalipun, aplikasi ini sudah punya semua yang kamu butuhkan. Koleksi objek 3D yang lengkap, custom watermarks, plan reverse, dan live layout view bakal membantu kamu untuk merancang rumah idamanmu. 

5. Sweet Home 3D

aplikasi desain rumah 5

Sweet Home 3D (sumber: sweethome3d.com)

Kebanyakan aplikasi desain rumah hanya dapat digunakan oleh para profesional, karena tingkat kerumitan penggunaannya. Eits, tapi hal tersebut tidak berlaku untuk Sweet Home 3D

Membuat dinding yang lurus, berlekuk, atau miring sekalipun, cukup dengan menggerakan mouse dan keyboard. Mau menambahkan pintu atau jendela? Cukup tarik dan geser ke dalam rancanganmu. Melihat hasil rancangan pun juga jadi mudah, dengan fitur aerial dan visitor point of view

Mantapnya lagi, software Sweet Home 3D tersedia untuk semua sistem operasi, mulai dari Windows, macOS, hingga Linux. 

6. Space Designer 3D

aplikasi desain rumah 6

Space Designer 3D (sumber: spacedesigner3d.com)

Software desain rumah memang paling jago dalam urusan membuat rancangan rumah. Namun terkadang, banyak software yang membutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi untuk dapat beroperasi dengan baik. Kalau itu menjadi isu buatmu, Space Designer 3D adalah solusinya.

Space Design 3D adalah aplikasi berbasis web untuk membantumu dalam merancang rumah impian. Jangan salah, GenK, meski berbasis web, aplikasi ini punya fitur yang gak kalah dari software komputer biasa loh.  

Merancang floor plan mulai dari basemen hingga ke atap, semua bisa kamu lakukan. Apalagi dengan 5000 pilihan furnitur dan material untuk desain interior, makin kece pastinya! 

7. Homestyler

aplikasi desain rumah 7

Homestyler (sumber: homestyler.com)

Ingin mengerjakan rancangan desain, tapi gak punya waktu untuk buka komputer? Tak perlu khawatir, GenK. Untuk kamu yang punya segudang aktivitas, pasti butuh yang praktis dong, pakai saja smartphone kamu. Cukup dengan meng-install Homestyler untuk HP.

Emang bisa apa dengan aplikasi mobile ini? Jangan salah, GenK, kecil-kecil gini, Homestyler bisa bersaing aplikasi desain rumah untuk PC loh. Fiturnya canggih dan mudah untuk digunakan, apalagi buat anak muda kayak kamu. 

Cukup ambil foto ruanganmu, terus tinggal di-custom dengan banyak pilihan warna dinding, barang dekorasi, dan produk furnitur dan merek beneran, GenK. Kamu bisa mencoba beragam gaya dan elemen desain sesuai dengan keinginanmu, mirip seperti mendesain lewat game The Sims

8. Chief Architect Premier 

aplikasi desain rumah 8

Chief Architect Premier (sumber: chiefarchitect.com)

Jika kamu adalah seorang arsitek atau profesional di bidang desain rumah, Chief Architect Premier adalah salah satu pilihan aplikasi terbaik untuk kamu coba. Software khusus dibuat untuk target pasar kelas profesional dengan beragam fitur yang sangat komprehensif. 

Chief Architect Premier bisa membuat semua jenis proyek desain rumah, mulai dari yang paling sederhana hingga ke yang paling kompleks. Selagi kamu menggambar elemen pada rancanganmu, aplikasi ini secara otomatis akan menciptakan model 3D-nya.

Fitur lain yang akan memanjakanmu adalah membuat daftar material, dokumen konstruksi, dan kerangka rancangan, lengkap dengan detail setiap bagiannya. Katalog objek 3D-nya juga pasti lengkap dong, mau menambahkan barang apapun, tinggal pilih deh


Mendesain rumah jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan beragam aplikasi di atas. Aktivitas merancang rumah impian jadi makin mudah dan pastinya menyenangkan.

 

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Review 5 Restoran dengan Kajian Estetika Unik

Arsitektur & Interior

Cara Memanfaatkan Limbah Serbuk Kayu Menjadi Produk Dekoratif Interior

Arsitektur & Interior

Apa saja yang harus Diperhatikan dalam Mendesain Sebuah Klinik Dental?

Arsitektur & Interior

Inspirasi Interior Dengan Konsep Rumah Jawa Dari Vila Asli di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.