Game & Teknologi

6 Rekomendasi Aplikasi Edit Suara di Android dan iPhone

aplikasi-edit-suara

Ingin merekam suara untuk keperluan video YouTube atau podcast-mu? Nggak perlu repot-repot lagi menggunakan komputer atau laptop. Cukup pakai beberapa rekomendasi aplikasi edit suara di HP berikut. Yuk dicek!

Di era yang serba praktis ini, semua orang membutuhkan beragam alat pendukung yang dapat mempermudah proses pengerjaan suatu aktivitas. Salah satunya adalah proses editing audio yang banyak dilakukan untuk kebutuhan YouTube, podcast, musik, dan lain-lain. Untuk membuat musik atau sekadar merekam suara, para profesional biasanya selalu memanfaatkan peralatan khusus dan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan pengeditan audionya. Padahal, proses yang sama bisa juga dilakukan memakai smartphone kesayangan dengan 6 aplikasi untuk mengedit suara rekomendasi dari kami ini. 

1. Lexis Audio Editor (Android & iPhone) 

Lexis-Audio-Editor

Aplikasi Lexis Audio Editor (Sumber: apkpure.com)

Mengedit audio lewat gadget bisa dengan mudah dilakukan memakai aplikasi edit suara Lexis Audio Editor. Aplikasi ini punya interface yang sekilas mirip dengan software edit audio terkemuka, Audacity, karena tampilan waveforms, sliders, dan panel depannya. Kamu bisa memakai Lexis Audio Editor untuk merekam suara dan mengedit audio hanya dengan beberapa sentuhan saja.

Tools yang tersedia di aplikasi ini memang cukup sederhana dibanding software sejenis lainnya, tapi kamu tetap bisa menggunakannya untuk pengeditan sederhana. Beberapa fitur yang tersedia bisa kamu gunakan untuk mengurangi noise pada audio, trim, mengubah pitch dan tempo, cutting, copy and paste stream suara, normalize, menghapus atau memasukan stream, menambahkan efek fade in dan fade out, serta masih banyak lagi. 

2. Mstudio (Android)

aplikasi-edit-suara-msstudio

Aplikasi MsStudio (Sumber: apkpure.com)

Next, kami punya Mstudio, salah satu aplikasi edit suara paling advanced untuk Android. Aplikasi profesional ini bisa digunakan untuk merekam, mengedit, mix, menggabungkan, mengekstrak, dan meng-convert files audio dengan mudah cukup memakai HP. Fitur mutakhir lain juga sudah disematkan pada Mstudio seperti pengaturan tempo, pitch adjustment, mutter, dan juga omitter.

Kamu bisa menghilangkan audio dari sebuah video clip, lalu memakai fungsi amplifier dan convert untuk memutar audionya kembali secara reverse. Nah, lebih bagusnya lagi nih, semua fitur di atas tersedia secara terpisah antara satu dan lainnya. Jadi kamu nggak perlu lagi kerepotan mencarinya satu per satu di pilihan menu. Cukup arahkan ke bagian fitur pengeditan yang diinginkan. 

3. WavePad (Android & iPhone)

aplikasi-edit-suara-wavepad

Aplikasi Wavepad (Sumber: apkpure.com)

Satu lagi aplikasi edit suara untuk Android dan iPhone yang patut kamu coba, WavePad. Aplikasi ini punya fitur-fitur editing dasar seperti cut, copy and paste, trim, delete, silence selection, dan lainnya. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan beberapa efek seperti compress, normalize, noise reduction, dan amplify.

Keunggulan utama yang ditawarkan oleh WavePad adalah tampilan sederhananya yang dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja. Baik itu pemula, sampai yang sudah pro, bisa langsung memakai aplikasi ini tanpa kebingungan mencari tools atau melihat tampilan yang super kompleks. 

4. FL Studio Mobile (Android & iPhone)

fl-studio-mobile

Aplikasi FL Studio Mobile (Sumber: apkpure.com)

Siapa bilang membuat musik harus dilakukan memakai alat-alat besar di studio dan komputer dengan aplikasi khusus? Eits, coba lihat dulu aplikasi yang satu ini, FL Studio Mobile. Kamu bisa membuat musik dari awal layaknya menggunakan DAWs (Digital Audio Workstations). FL Studio Mobile bisa kamu gunakan untuk membuat sendiri musikmu berbekal synthesizers berkualitas tinggi, drum kits, sampler, dan sliced-loop beats.

Kalau dibutuhkan, kamu bisa meng-custom layout drum pads dan virtual piano keyboard yang sudah tersedia. Bukan cuma itu, kamu bisa mengedit rekaman atau musik memakai beragam efek yang ada di FL Studio Mobile seperti chorus, auto ducker, limiter, filters, delays, reverbs, dan lainnya. Kerennya lagi, aplikasi ini juga menyediakan sampel dan presets yang bisa dipakai dan diedit sesukamu untuk dijadikan bahan musik, loh!

5. Audio Evolution Mobile Studio (Android & iPhone)

Audio-Evolution-Mobile-Studio

Aplikasi Audio Evolution Mobile Studio (Sumber: apkpure.com)

Aplikasi edit audio di komputer memang terkenal powerful dan cocok buat para desainer audio yang punya segudang proyek rekaman. Tapi, kenapa harus repot-repot membawa laptop atau komputer yang berat kalau kamu bisa memakai aplikasi edit suara seperti Audio Evolution Mobile Studio? Audio Evolution Mobile Studio punya tampilan interface yang gahar layaknya software audio editing profesional.

Aplikasi satu ini punya banyak fitur mutakhir yang dapat kamu manfaatkan untuk berbagai kebutuhan audio editing-mu. Dengan menggunakan tools bawaan pada Audio Evolution Mobile Studio, kamu bisa merekam audio secara multitrack, menjalankan proses editing dasar seperti cut, move, trim, MIDI sequencing, sample rate conversion, latency correction, serta import & export dalam berbagai jenis format files.

6. Voice PRO (Android & iPhone) 

voice-pro

Aplikasi Voice Pro (Sumber: amazon.com)

Lanjut lagi ke aplikasi edit audio berikutnya juga sudah cukup populer di kalangan para praktisi audio editing, Voice PRO. Sesuai namanya, aplikasi ini punya banyak fitur yang bisa membuatmu menjadi seorang profesional dalam bidang editing suara dalam waktu singkat. Dengan Voice PRO, kamu dapat merekam suaramu sendiri atau musik dalam 100 format yang berbeda dengan bit rate mencapai 320kbps dan sample rate hingga 4800HZ.

Kecenya lagi, kamu bisa langsung membuat audio dalam berukuran 8 atau 16 bytes dan mengubahnya menjadi format mono atau stereo. Nggak cuma fitur editing saja, Voice PRO juga sudah dilengkapi dengan beberapa kemampuan tambahan seperti backup & restore hasil rekaman ke Google Drive maupun Dropbox, menambahkan background music real-time ke rekaman, mix & merge recording ke berbagai format, menghilangkan vokal, call recording, dan masih banyak lagi.  

Nah, sekarang kamu sudah bisa langsung menyelesaikan berbagai project rekaman dan musikmu dengan aplikasi edit suara, bahkan dalam perjalanan pulang atau saat sedang bersantai. Cukup pakai HP saja dong pastinya. Selain untuk HP, kamu juga bisa mengecek rekomendasi aplikasi edit audio PC di artikel kami sebelumnya juga loh

Polling 

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *