Seni Rupa & Desain

Daftar Aplikasi Ilustrasi Gratis Di Laptop, Cocok Buat Belajar!

aplikasi ilustrasi gratis

Sebagai seorang Ilustrator, pastinya membutuhkan media sebagai tempatnya untuk menggambar entah itu sketsa ataupun sebuah ilustrasi lainnya. Dalam hal ini, ‘menggambar’ yang dimaksud sudah bukan lagi menggambar melalui media kertas namun karena seiring dengan berkembangangnya zaman yang semakin cangih, dibutuhkan media digital untuk memaksimalkan kinerja dari seorang ilustator. Pengen tau apa aja aplikasi ilustrasi gratis di laptop? Pengen tau juga apa aja fitur yang ditawarkan pada aplikasi ilustrasi gratis di laptop tersebut? Berikut ini merupakan sedikit penjelasan tentang apa saja aplikasi ilustrasi gratis di laptop yang wajib banget kamu coba serta jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia ya Genks!

  • Krita

Sumber Gambar : blogspot.com

Aplikasi pertama yang bisa kamu jadikan sebagai media menggambar untuk ilustrasi akan suatu hal adalah aplikasi yang bernama Krita. Aplikasi inilah yang menjadi salah satu aplikasi terbanyak digunakan untuk keperluan menggambar secara digital atau yang biasa disebut sebagai ‘digital painting’. Fitur-fitur yang ditawarkannya juga terbilang cukup lengkap untuk kebutuhan menggambar secara digital.

  • Sketchbook

Sumber Gambar : pinterest.com

Yang kedua adalah Sketchbook, aplikasi ini juga bisa kamu jadikan terobosan bila Krita yang menjadi rekomendasi pertama tidak kamu miliki atau kamu rasa kurang cocok dengan berbagai fitur yang ditawarkannya. Secara ukuran, aplikasi ini direkomendasikan sekali buat kamu yang mau hemat ruang. Tampilannya sederhana, namun dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup untuk menggambar.

  • Microsoft Paint 3D

Sumber Gambar :

Selanjutnya, terdapat Microsoft Paint 3D yang bisa banget untuk kamu unduh secara gratis tanpa dipungut biaya dengan menggunakan aplikasi Microsoft Store. User Interface atau Antarmuka Pengguna pada aplikasi ini cukup sederhana, sehingga mudah untuk dipahami para pemula sekalipun yang belum lama ini baru mempelajari tentang apa itu yang dinamakan digital painting atau menggambar digital.

  • Artweaver

Sumber Gambar : sftcdn.net

Kemudian ada lagi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk keperluan menggambar secara digital adalah Artweaver. Bukan hanya dengan menggunakan pen tablet, namun kamu juga menggunakan mouse untuk itu sebagai gantinya. Karena itulah, aplikasi ini bisa kamu jadikan sebagai media digital painting buat kamu yang memiliki laptop namun tanpa adanya sebuah pen table sekalipun. 

  • ArtRage 5

aplikasi ilustrasi gratis

Sumber Gambar : techhive.com

Masih belum habis, kali ini giliran aplikasi yang bernama ArtRage yang mengisi daftar aplikasi ilustrasi gratis di laptop. Aplikasi ini cukup fleksibel karena mampu digunakan di berbagai sistem operasi seperti MZC, kemudian Linux, bahkan juga sampai Smartphone Android sekalipun. Fiturnya juga cukup lengkap buat memenuhi kebutuhan kamu untuk melakukan sebuah digital painting dari aplikasi ini.

  • Clip Studio Paint

aplikasi ilustrasi gratis

Sumber Gambar : framgia.vn

Clip Studio Paint juga pastinya nggak boleh ketinggalan untuk dimasukkan ke dalam aplikasi ilustrasi gratis di laptop. Aplikasi yang satu ini memiliki banyak fitur yang pastinya nggak boleh kamu sia-siakan begitu saja. Terdapat pilihan kuas digital yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang selain ingin menjadi ilustrator, juga cocok untuk kinerja dari animator.

Dan itulah beberapa penjelasan singkat tentang aplikasi ilustrasi gratis di laptop. Buat kamu yang ingin Move On dari Adobe Illustrator karena keterbatasan kapasitas laptop dan lain sebagainya, bisa aja menggunakan beberapa aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya. 

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Problematika Interpretasi Seni Rupa para Apresiator Muda

Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Motion Graphic Menarik dengan Mengikutsertakan 4 Poin Penting di Dalamnya