Game & Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Membuat Storyboard Gratis

aplikasi-membuat-storyboard

Ingin membuat storyboard secara digital? Kami punya 5 rekomendasi aplikasi membuat storyboard gratis nih, GenK. Yuk, kita simak sama-sama! 

Storyboard adalah sebuah gambar atau ilustrasi yang digunakan untuk membuat rancangan sketsa yang berisikan rentetan adegan dari video yang akan kamu buat nantinya. 

Ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menyampaikan ide suatu cerita ke dalam bentuk visual. 

Bentuknya yang masih kerangka bakal membantumu jika ternyata masih ada bagian cerita yang perlu direvisi. Jadi, nggak perlu mengawang-ngawang untuk membayangkan hasil akhir film, karena bisa kamu lihat gambarnya di sini, GenK. 😁

Aplikasi Membuat Storyboard

Di artikel sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang penjelasan seputar storyboard, manfaat, sampai cara pembuatannya. Nah, sekarang saatnya kami membagikan rekomendasi aplikasi membuat storyboard khusus buat kamu yang ingin menggambar dengan cara digital.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa bebas menggambar karakter dan mengunduh template storyboard.

Yuk, langsung saja kita simak sama-sama daftar aplikasinya. 😉

1. Storyboarder

aplikasi-membuat-storyboard

Aplikasi Storyboarder (Sumber: wonderunit.com)

Aplikasi membuat storyboard yang akan pertama kami bahas adalah Storyboarder. Alat ini memudahkan kamu untuk memvisualisasikan cerita dengan cepat layaknya menggambar stickmanBuatlah gambar ilustrasi dengan cepat dan mudah. Ekspresikan idemu kepada rekan tim atau klien tanpa perlu membuat filmnya terlebih dahulu.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengunduhnya secara gratis di macOS, Windows, dan Linux. Wah sudah kece, gratis pula. Menggambar storyboard pun jadi nggak repot, GenK!

Buat kamu yang masih pemula dan ingin menghemat uang, Storyboarder menjadi pilihan yang sangat bagus untuk kamu gunakan. Di dalam workspace, terdapat fitur brush tools, sketch pane, board drawer, metadata panel (kolom deskripsi), dan pilihan untuk mengedit di Adobe Photoshop. Aplikasi ini memang dirancang dengan tampilan UI sederhana. 

Cara pengoperasiannya yang mudah dapat sekaligus menjadi tempat kamu mengasah kemampuan dan kreativitas dalam membuat storyboard.

Baca Juga :   Cara Membuat Film Pendek - Part 1. Tahap Pra Produksi

2. Storyboard Fountain

storyboard-fountain

Aplikasi Storyboard Fountain (Sumber: conceptartempire.com)

Berikutnya adalah Storyboard Fountain yang merupakan aplikasi membuat storyboard untuk memudahkan kamu saat memvisualisasikan naskah atau script dengan cepat. Software ini bisa kamu unduh secara gratis di situs utama loh, tapi sayangnya hanya bisa digunakan oleh pengguna macOS, sehingga belum bisa dinikmati oleh pengguna Windows dan Linux. 

Sayangnya lagi, aplikasi ini masih disajikan dalam versi beta, sehingga masih banyak fitur yang perlu diperbaiki dan disempurnakan lagi. Akibatnya nggak menutup kemungkinan jika masih terjadi bug ketika kamu sedang menggambar nantinya. 😨

Meskipun begitu, Storyboard Fountain menawarkan begitu banyak fitur yang bisa kamu nikmati. Misalnya seperti mengedit naskah/script langsung di aplikasi ini, export video ke Final Cut Pro atau Adobe Premiere, dapat terhubung dengan berbagai jenis pen tablet, penyimpanan otomatis, tombol shortcut untuk mempermudah pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Semuanya bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma loh.

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Shot List, Filmmaker Wajib Tahu!

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Mendapatkan Centang Biru di TikTok untuk Membangun Kredibilitas Merk

Game & Teknologi

Tutorial Anti Ribet Cara Mengubah Suara Video YouTube Menjadi Teks!

Game & Teknologi

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Membeli Laptop Sesuai Budget!

Game & Teknologi

Makin Eksis dengan Cara Live Streaming Instagram dari Laptop dan PC yang Anti Ribet

Leave a Reply

Your email address will not be published.