Game & Teknologi

5 Aplikasi Ampuh untuk Membantu Menunjang Kesehatan Mental

Menghadapi masalah kesehatan mental membutuhkan penanganan yang tentu saja berbeda dari gangguan fisik yang dapat dengan mudah diobati secara langsung. Setiap individu juga pastinya memiliki cerita berbeda yang membutuhkan solusi yang berbeda pula. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi pendukung kesehatan mental di bawah ini. Gratis dan praktis banget! 

1. Shine 

Sumber: techcrunch.com

Shine adalah aplikasi pendukung kesehatan mental yang akan mengirimkan pesan singkat secara gratis kepada penggunanya. Pesan singkat ini berisi konten-konten yang dapat meningkatkan kepercayaan diri seperti kata mutiara inspiratif, ide-ide kegiatan yang bisa dilakukan hingga hasil studi ilmiah yang berdampak positif bagi kepercayaan diri. Hingga saat ini, tercatat ada lebih dari dua juta orang yang sudah mendaftarkan diri sebagai pengguna Shine. 

Pesan singkat dari Shine bisa dikirimkan melalui SMS, Facebook Messenger maupun aplikasi berpesan Kik. Pengguna juga bisa mengupgrade layanan Shine menjadi berbayar hanya dengan $4.99 per bulan atau sekitar Rp69.000. Dengan harga yang terjangkau ini, pengguna aplikasi Shine iOS bisa mendapatkan konten tambahan seperti afirmasi, meditasi dan cerita-cerita motivasi dari selebriti hingga influencer.

Baca Juga :   Tak Hanya Fornite, 6 Games Ini Bisa Kamu Dapat di Epic Game Store!

2. Headspace

Sumber: techcrunch.com

Fungsi utama dari aplikasi pendukung kesehatan mental ini adalah untuk memberikanmu sarana meraih kebahagiaan dan kehidupan yang lebih sehat. Tentu saja caranya adalah dengan meditasi dan Headspace memberikan ruang tersebut. Aplikasi ini juga melaporkan hasil dari meditasimu. Target dari aplikasi ini adalah sang pengguna akan berubah menjadi lebih positif dalam waktu hanya tiga minggu. Layak banget dicoba untuk kamu yang sedang membutuhkan ketenangan dari berbagai masalah yang sedang dihadapi. 

3. SAM

Sumber: techcrunch.com

SAM adalah kependekan dari Self-help Anxiety Management. Pada mulanya, SAM dikembangkan oleh tim psikolog dan pakar komputer dari University of West England untuk menciptakan sumber daya kesehatan mental yang menarik dan praktis bagi masyarakat. SAM adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu orang mengelola kecemasan mereka. 

Pengguna dapat merekam tingkat kecemasan mereka dan mengidentifikasi pemicu stres dan kecemasan yang berbeda. Aplikasi ini mencakup 25 pilihan swadaya untuk membantu pengguna mengelola gejala fisik dan mental akibat kecemasan, misalnya teknik pernapasan. Aplikasi ini juga memiliki fitur cloud sosial yang memungkinkan pengguna untuk secara anonim berbagi pengalaman mereka dengan pengguna SAM lainnya.

Baca Juga :   6 Aplikasi Cara Meningkatkan Fokus di Android dan iOS
About author

Related posts
Game & Teknologi

Wah, Keren! Kamu Sekarang Bisa Translate Story Instagram, Begini Caranya

Game & Teknologi

Cara Live TikTok: Ini Panduan Lengkap Step-by-Step untuk Meningkatkan Engagement-mu!

Game & Teknologi

Lagi Nyari Situs Streaming Film Resmi? Ini Dia Daftarnya!

Game & Teknologi

Ini Dia Aplikasi Untuk Download Video YouTube Yang Wajib Kamu Tau!