Game & Teknologi

5 Aplikasi untuk Mewujudkan Resolusi di Tahun 2020

Awal tahun merupakan momen yang tepat untuk membuat resolusi baru selama satu tahun ke depan demi kehidupan yang lebih baik. Misalnya kamu ingin menabung sejumlah uang, membeli rumah, menurunkan berat badan, dan lain sebagainya. Untuk dapat mewujudkannya tidaklah mudah, dibutuhkan konsistensi agar goals semakan mudah tercapai. Di sini kami akan membagikan rekomendasi aplikasi untuk mewujudkan resolusi di tahun 2020. Siapa tahu dengan bantuan aplikasi akan tercipta kebiasaan baru yang lebih positif. Penasaran apa saja aplikasinya? Mari kita simak daftarnya dari yang pertama.

1. Habitica: Gamify Your Tasks

aplikasi untuk mewujudkan resolusi

Tampilan aplikasi Habitica (sumber: Apple)

Apakah kamu seorang gamer? Kalau iya, berarti aplikasi Habitica sangat cocok untuk tracking kebiasaanmu saat beraktivitas sehari-hari. Habitica adalah aplikasi untuk meningkatkan produktivitas di Android dan iOS yang dikembangkan oleh HabitRPG Inc. Aplikasi yang dirilis sejak 10 Desember 2015 ini memungkinkan kamu untuk membuat daftar kegiatan dengan mengubahnya menjadi model RPG klasik 8-bit dengan visual yang tentunya lebih menarik. 

Cara menggunakannya cukup simpel. Pertama-tama buka aplikasi produktif Habitica, pilih model karakter RPG favoritmu, kemudian tambahkan tugas atau kebiasaan-kebiasaan yang dikelompokkan menjadi kebiasaan positif dan kebiasaan negatif. Daftar tugas dan kebiasaan ini kemudian dibagi lagi menjadi tiga kategori, yakni: Habits, Dailies, dan To-Dos. Nah, untuk meningkatkan kekuatan karaktermu, kamu harus menyelesaikan beberapa daftar kebiasaan positif dan menghindari kebiasaan negatif. Kumpulkan poin, gold, dan mana apabila kamu melakukan kegiatan positif.

2. Strides: Habit Tracker

aplikasi untuk mewujudkan resolusi

Tampilan aplikasi Strides (sumber: Apple)

Strides adalah aplikasi dikembangkan dan dirilis oleh Goals LLC di iOS untuk mendata kebiasaan sehari-harimu. Aplikasi untuk mewujudkan resolusi ini lebih dari sekadar tracker yang ada pada umumnya loh. Strides membagi kegiatanmu ke dalam empat kategori, yaitu: Habis, Target, Average, dan Project. Masing-masing kategori memiliki cara kerja yang berbeda dan dapat dipilih tergantung kebutuhanmu. Kira-kira apa perbedaan dari tiap kategori tersebut yah? 

Habit termasuk yang paling sederhana, karena kamu hanya perlu memberi tanda “Yes” atau “No” pada kebiasaan positif dan negatif. Target melibatkan nilai-nilai dari goals kamu tahun ini yang kemudian ditunjukkan hasil tracking-nya. Kemudian ada kategori Average yang memberikan informasi seberapa lama waktu yang kamu gunakan untuk melakukan suatu aktivitas, misalnya untuk belajar atau tidur. Sedangkan kategori Project menunjukkan sudah berapa persen kemajuanmu untuk mewujudkan resolusi di tahun ini.

Baca Juga :   Teknik Pomodoro, Kerja Produktif dengan Waktu yang Efektif
About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Membeli Laptop Sesuai Budget!

Game & Teknologi

Makin Eksis dengan Cara Live Streaming Instagram dari Laptop dan PC yang Anti Ribet

Game & Teknologi

Ini Rekomendasi Aplikasi Asah Otak Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

Game & Teknologi

Virtual Tour & Exhibition: Jangan Ngaku Kekinian Kalau Belum Kenal Teknologi Ini!