Arsitektur & Interior

4 Rekomendasi Kursus Online Belajar Arsitektur Gratis

belajar arsitektur

Kamu tertarik untuk belajar arsitektur? Atau ingin sekadar menambah ilmu baru selain dari yang diajarkan di dalam kelas? Cobain kursus arsitektur online kece yang bisa kamu akses dengan gratis lewat beberapa platform berikut, GenK. 

Tren belajar lewat platform online sedang banyak digemari dalam waktu beberapa tahun belakangan ini. Masifnya perkembangan teknologi digital tak pelak menjadi fondasi utama datangnya tren baru di dunia pendidikan, lewat berbagai Massive Open Online Courses (MOOC).

Sekarang, kamu bisa belajar berbagai macam bidang ilmu yang kamu inginkan, baik untuk sekadar mendapatkan pengetahuan di subjek tertentu, atau memperdalam skill yang sudah kamu miliki. Nah, salah satu bidang tersebut adalah arsitektur, GenK. 

Bidang ilmu yang satu ini sudah bisa dipelajari dengan mudah berkat kehadiran macam-macam kursus online yang tersedia untuk kamu akses, baik secara berbayar maupun gratis. 

Berikut ini, kami sudah menyiapkan pilihan kursus online untuk kamu yang ingin belajar arsitektur secara gratis. Mantap kan! Yuk simak aja daftar lengkapnya di bawah, GenK! 😏

1. The Architectural Imagination by Harvard University (edX)

Belajar arsitektur 1

The Architectural Imagination by Harvard University (sumber: armacad.info)

Platform belajar arsitektur yang prestisius dari salah satu universitas terbaik dunia bisa kamu akses dengan gratis loh, GenK. The Architectural Imagination by Harvard merupakan pilihan yang tepat buat para pemula yang tertarik untuk belajar dasar-dasar ilmu arsitektur. 

Lewat kursus ini, kamu akan dikenalkan dengan konsep arsitektur sebagai sebuah ekspresi budaya dan pencapaian teknis dengan analisis mahakarya bangunan-bangunan di dunia nyata. 

Tidak ketinggalan tentunya, kamu bisa melatih kemampuan menggambar dan modeling berdasarkan eksplorasi karya-karya para arsitek dan sejarawan. 

Fitur-fitur unggulan: 

  • Prinsip dasar untuk membuat gambar dan model arsitektur. 
  • Konten khusus untuk keperluan studi akademik dan karir profesional. 
  • Eksplorasi konteks sosial dan sejarah di balik beberapa karya-karya arsitektur.
  • Pelajari bentuk-bentuk representasi yang berbeda di bidang arsitektur.  

2. Making Architecture by IE School of Architecture and Design (Coursera)

Belajar arsitektur 2

Making Architecture by IE School (sumber: coursera.org)

Jika kamu tertarik untuk berkarir di bidang arsitektur, maka ini dia kursus yang tepat buat kamu, GenK. Making Architecture by IE School of Architecture and Design merupakan platform yang tepat untuk mempersiapkan kamu yang ingin mengambil jurusan arsitektur di bangku perkuliahan. 😊

Konten pelajaran disajikan dengan mengangkat topik-topik yang menarik, seru, dan pastinya fleksibel. Dijamin deh, setelah menyelesaikan kursus ini, kamu akan jadi lebih menonjol di kelasmu nanti dengan segala bekal ilmu yang diajarkan lewat program ini.  

Asah kemampuan berpikir kreatifmu dengan menerapkan inspirasi yang dari lingkungan sekitar untuk dijadikan ide desain arsitektur. Lengkapi skill kamu dengan belajar macam-macam aspek teknis seperti komposisi, bentuk, ruang, dan hierarki untuk membantumu menciptakan cerita yang membantu proses perancangan desain

Fitur-fitur unggulan: 

  • Setiap topik disajikan dengan demonstrasi pelengkap untuk mempermudah proses pemahamanmu. 
  • Pelajaran dalam kursus telah dibagi menjadi bagian-bagian yang bisa kamu hadiri kapan pun.  
  • Penggunaan tools media terkini seperti Instagram untuk meningkatkan daya tarik desain kamu ke audiens yang lebih luas. 

3. Architecture Training (LinkedIn Learning – Lynda)

Rekomendasi kursus online untuk belajar arsitektur berikut ini didesain khusus buat kamu yang lebih suka langsung praktik dibanding hanya teori semata. Berbeda dari pilihan sebelumnya yang tersedia lewat platform MOOC, Architecture Training merupakan bagian dari LinkedIn Learning yang bisa kamu akses dengan gratis, GenK. 😍

Di sini, kamu akan disajikan berbagai tutorial yang dibagi menjadi tiga tingkatan, mulai dari level beginner, intermediate, dan advanced. Pelajari cara menggunakan berbagai tools untuk mengaplikasikan teknik-teknik pembuatan rumah dan bangunan seperti drafting, rendering, modeling, dan lainnya. 

Fitur-fitur unggulan: 

  • Kelas tutorial terbaik untuk belajar tools arsitektur terkini seperti AutoCAD 2020, Grasshopper, SketchUp, dan Revit. 
  • Konten pelajaran dibuat secara singkat dan padat supaya mudah dipahami oleh berbagai tingkatan pengguna.  
  • Latih ilmu yang kamu dapatkan langsung dengan kuis yang tersedia setelah menyelesaikan training
  • Video dan materi training bisa kamu akses secara online dan offline

4. Architecture Programs (MIT Open Courseware)

Belajar arsitektur 3

Contoh materi dari Architecture Program MIT Open Courseware (sumber: architecture.mit.edu)

Siapa yang ingin ikut kursus arsitektur gratis super kece dari salah satu kampus paling prestisius di dunia? Wah, pastinya pada mau dong. Nah, Architecture Programs by Massachusetts Institute of Technology Open Courseware merupakan alternatif platform belajar arsitektur berkualitas yang terbuka untuk siapa saja. 

MIT hadir membawa beragam program pembelajaran arsitektur pada tingkatan undergraduate dan postgraduate. Kamu bisa memilih mulai dari bidang desain arsitektur, Cuba studio, transformasi materi dan tektonik, batas non materi, geometric discipline, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Mengenal Berbagai Macam Karakteristik Rumah Minimalis

Fitur-fitur unggulan: 

  • Seluruh topik hadir dalam format perkuliahan pada level undergraduate dan postgraduate
  • Latihan dan tugas yang bisa diakses untuk menguji pemahamanmu akan materi yang diberikan. 
  • Rekomendasi buku dan bahan bacaan untuk menambah referensi belajar kamu. 


Belajar arsitektur untuk pemula dengan gratis cukup dari rumah? Siapa yang tidak mau? Nah, buat kamu yang ingin belajar desain interior, simak juga rekomendasi kursus online terbaik yang bisa kamu coba dengan gratis. Selamat belajar, GenK! 😁

Polling 

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Cara Membuat Maket Rumah Sederhana untuk Pemula

Arsitektur & Interior

Inspirasi Desain Rumah Unik Kekinian untuk Tempat Tinggalmu

Arsitektur & Interior

Bosan WFH? Yuk, Simak Tips Bikin Area Kerja Nyaman di Rumah!

Arsitektur & Interior

Rekomendasi Channel YouTube tentang Dekorasi Ruangan Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published.