leadersingle

Belajar Desain Rumah lewat The Sims

Dibaca Normal: 5 menit aja
belajar-desain-rumah-dengan-game-the-sims

Setiap orang memiliki rumah impiannya masing-masing, GenK. Kalian pun pasti pernah mengkhayal ingin membangun rumah di mana, mendesain rumah seperti apa, diisi dengan apa, dan lain-lainnya. Ini hal yang wajar, GenK, sebab rumah adalah salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh semua orang.

Rumah adalah tempat tinggal dan tempat beraktivitas utama kita. Makanya, kita pasti menginginkan rumah yang nyaman. Jika rumah yang kita huni tidak nyaman, bagaimana kita bisa tinggal di sana?

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Nah, untuk urusan kenyamanan, pastinya sangat berhubungan dengan lokasi, bentuk, dan tata ruangan rumah. Setiap orang punya selera berbeda-beda untuk hal ini. Kamu juga pasti punya bayangan sendiri, kan, seperti apa rumah yang keren? Tapi apa kamu pernah berpikir, bagaimana caranya untuk mengembangkan ide desain rumah impian?

Pastinya ada banyak cara, GenK, tapi kali ini kami akan mengajak kalian latihan desain rumah lewat game The Sims. Seru banget, kan! Seperti apa caranya? Simak artikel berikut ya!

Apa itu The Sims?

The Sims adalah jenis permainan komputer dengan konsep simulasi aktivitas dalam berkehidupan sehari-hari. Kamu akan difokuskan pada kehidupan orang virtual yang disebut dengan istilah Sims. Kamu harus mengurus kehidupan sehari-hari Sims buatan kamu, misalnya makan, mandi, dan bersosialisasi dengan Sims lainnya.

Game The Sims dibuat oleh desainer game bernama Will Wright pada tahun 2000 dan menjadi permainan komputer dengan penjualan terbesar dalam sejarah. Walau game ini sudah termasuk game lama, tapi masih eksis di kalangan anak muda loh. Ini karena game The sims selalu melakukan inovasi dalam teknologi yang digunakan. Hingga saat ini sudah ada banyak jenis expansion pack yang bisa kamu pilih, seperti The Sims: Livin’ Large, The Sims: House Party, The Sims: Hot Date, The Sims: Vacation, The Sims: Unleashed, The Sims: Superstar, dan The Sims: Makin’ Magic, The Sims: Get to Work, The Sims: Get Together, The Sims: City Living, dan masih banyak lagi. Setiap seri game The Sims memiliki expansion pack yang berbeda-beda.

sims1.JPGSumber: The Sims Gallery

Game yang bisa dimainkan oleh anak kecil hingga dewasa ini memiliki cara main yang mudah dan tidak rumit. Syaratnya kamu hanya perlu install The Sims di komputer atau laptop. Walaupun sudah ada versi ponsel, akan tetapi bermain di perangkat komputer atau laptop akan lebih seru dan lengkap permainannya. Bila game The Sims sudah kamu install, maka kamu sudah bisa mulai mendesain rumah, GenK.

Desain Rumah lewat The Sims

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih gaya arsitektur yang akan kamu terapkan. Dari lahan kosong, kamu bisa membangun sedikit demi sedikit konstruksi rumah. Luas lahan kemudian disesuaikan dengan rumah dan halaman yang akan kamu bangun. Kamu bisa memilih jenis material bangunan, luas bangunan, dan tinggi bangunan berdasarkan jumlah lantai yang akan kamu bangun. Semua bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Jika struktur konstruksi rumah kamu sudah jadi, kamu bisa mulai mendesain ke bagian dalam bangunan.

Baca Juga
3 Ide Kreatif Dekorasi Kamar Kos untuk Anak Kuliah

Bagian Indoor

Bagian indoor atau bagian di dalam bangunan terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar tidur, dan kamar mandi. Terlepas dari semua itu, kamu juga bisa berinovasi untuk menciptakan ruangan baru, seperti ruang baca dan ruang bermain game. Setiap ruangan memiliki fungsi yang berbeda, maka dari itu kamu harus bisa membedakan interior dan furnitur yang digunakan pada setiap ruangan.

sims2

Sumber: The Sim Supply

Bagian indoor yang mungkin bisa kamu desain pertama kali adalah ruang tamu. Carilah referensi gaya interior sesuai dengan gaya arsitektur rumah. Setelah itu, mulailah memilih furnitur yang akan kamu gunakan. Inilah waktunya untuk kamu berimajinasi, GenK.

sims3

Sumber: The Sim Supply

Setelah ruang tamu, kamu bisa mulai mendesain dapur dan ruang makan. Dua ruangan itu ada yang sengaja dipisah atau digabung, tergantung luas bangunan kamu. Bila kamu mengusung konsep rumah minimalis, kamu bisa menggabungkan dua ruangan menjadi satu. Di sini kamu bisa sekalian belajar mengorganisir perabotan dan belajar memanfaatkan lahan yang ada.

sims4.JPG

Sumber: Maria Sims

Nah, ini yang paling ditunggu-tunggu, GenK: mendesain kamar tidur. Lewat game The Sims, kamu bisa belajar mendesain kamar impianmu dengan cepat dan mudah, Genk! Kamu bisa mengatur letak kasur, lemari, dan perabotan lainnya sesuai keinginan kamu. Tambahkan dengan dekorasi dan aksesori yang akan mempercantik tampilan kamarmu. Lalu kamu juga bisa memilih warna dinding yang bermacam-macam, mulai dari menggunakan cat biasa hingga wallpaper.

Baca Juga
Anti Gerah dengan Desain Rumah Tropis

Mudah banget kan, Genk?

Bagian Outdoor

Setelah kamu selesai mendesain bagian indoor, kini saatnya kamu berkreasi di bagian outdoor atau bagian luar rumah. Dalam game The Sims, kamu bisa memilih lokasi tempat tinggal, misalnya di pedesaan. Bila kamu tinggal di sana, berarti rumah yang cocok untuk area pedesaan adalah rumah yang simpel dan dekat dengan alam. Atau kamu juga bisa membangun rumah bergaya modern minimalis.

sims5.JPG

Sumber: SophSims

Supaya tampilan luar rumah terlihat menarik, kamu bisa mendesain fasad terlebih dahulu. Tambahkan ornamen alami agar bangunan terlihat segar dan asri. Kamu bisa menambahkan tanaman gantung di area teras atau samping rumah. Tambahkan kursi kecil di taman dekat air mancur, pasti akan mempercantik tampilan rumah.

Selanjutnya kamu bisa membangun kolam renang di halaman. Kolam renang ini menjadi salah satu yang paling sering dibuat oleh para pemain game The Sims, GenK. Sayangnya, di kehidupan nyata, kamu tidak bisa semudah itu. Kamu harus mempersiapkan banyak biaya dan waktu untuk membangun kolam renang.


Jadi, begitulah, GenK, simulasi desain rumah lewat game The Sims. Memang sih, GenK, ini hanya game. Kalau di luar nyata, untuk mendesain sebuah rumah atau ruangan-ruangan di dalam rumah, kamu bukan hanya butuh kemampuan mendesain dan ide kreatif, melainkan juga dana dan waktu. Bahkan jika kamu adalah seorang desainer atau arsitek, kamu juga harus menghitung lama pengerjaan dan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk suatu desain.

Tapi tidak ada salahnya jika kamu mau menjadikan game ini sarana belajar yang seru. Sebab, memang ada banyak banget tips seputar desain yang bisa kamu pelajari dari game ini. Setidaknya, kamu dapat mengasah ide dan imajinasi kreatif kamu untuk hal-hal yang berhubungan dengan mendesain ruangan, misalnya menata barang-barang atau memilih warna.

Baca Juga
Mengenal Arsitektur Brutalisme

Bukan hanya itu, GenK. Lewat The Sims, kamu juga bisa berlatih membuat perencanaan desain rumah berdasarkan ukuran ruangan. Ini merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, baik itu di dalam The Sims atau kehidupan nyata. Menata ruang sempit dan menata ruang yang luas pasti perlu trik yang berbeda kan, GenK. Nah, lewat The Sims, kamu bisa belajar menangani keduanya.

Bagaimana, GenK. tertarik untuk belajar mendesain rumah lewat The Sims?

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Arsitektur & Interior

6 Gaya Interior Kamar Tidur Terkece untuk Anak Milenial

Arsitektur & Interior

Tips Memilih Sofa untuk Ruangan Minimalis

Arsitektur & Interior

5 Jenis Atap Rumah Paling Populer untuk Hunian

Arsitektur & Interior

Keunggulan Coworking Space: Kantor ala Milenial

Arsitektur & Interior

9 Tips Merancang Rumah Minimalis

Arsitektur & Interior

4 Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis ala Milenial

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>