Arsitektur & Interior

Bingung Memilih Bahan Atau Material Mebel? Ini Dia Jenisnya

Tahukah anda bahwa material yang dipakai dalam pembuatan mebel memiliki karakter dan kesan yang berbeda ketika diaplikasikan? Maka ada baiknya jika anda mengetahui masing-masing karakter dari material tersebut. Material mebel yang beredar di pasaran dan banyak dimanfaatkan sebagai material pembuatan mebel adalah kayu solid, kayu lapis, rotan, bambu, particel board (MDF, termasuk hardboard, HDF), logam, dan besi. Setiap material mempunyai sifat khusus atau karakter tertentu, kita akan mempelajari beberapa sifat-sifat material tersebut!

Kayu

Sumber Gambar : unsplash.com

Material kayu sangat umum dipakai bahkan sering menjadi pilihan material karena mudah dibentuk menjadi apapun. Selain itu kayu juga memiliki karakter seperti serart-serat yang unik, dapat di modifikasi dengan banyak metode, dan kedap terhadap air untuk jenis kayu tertentu, dan mudah terbakar.

Kayu dibagi menjadi 2 jenis yaitu kayu solid dan kayu lapis. Kayu solid biasanya memiliki sifat lebih keras, lebih kuat, dan lebih kering. Sedangkan kayu lapis biasanya lebih ringan, mudah dipotong, dan harga relatif lebih murah sehingga lebih sering digunakan. Material kayu ini sebenarnya sangat fleksibel ketika diaplikasikan ke ruang tetapi lebih bagus jika diaplikasikan ke ruang dengan gaya vintage, natural, scandinavian, dan klasik.

Rotan

Material Mebel

Sumber Gambar : unsplash.com

Berikutnya ada rotan. Rotan termasuk material yang menarik digunakan untuk mebel karena sifatnya yang kuat dan elastis. Rotan ini memiliki kekekurangan yaitu tingkat kenyamanan dalam penggunaannya ditentukan oleh motif atau cara merajut bentuknya dan perawatan atau pembersihannya yang cukup sulit karena banyaknya celah-celah kecil. Material ini juga cukup fleksibel untuk diaplikasikan pada ruangan apa saja karena memiliki warna yang natural. Penggunaan bahan rotan ini biasanya diaplikasikan ke pembuatan kursi dan meja dengan model-model yang unik. Bahan rotan ini juga lebih cocok ketika di aplikasikan pada ruang tamu, ruang santai, dan ruang makan dengan gaya desain natural ( alami )

Logam, Alumunium, Stainless Steel, dan Besi

Material Mebel

Sumber Gambar : unsplash.com

Logam dan besi adalah pilihan material jika ingin memakai material yang tahan lama, kuat, serta minim perawatan. Logam dan besi juga memiliki sifat tidak fleksibel untuk penempatan pada ruangan. Untuk penggunaannya besi dapat menjadi cukup nyaman ketika dalam aplikasi ke mebel dikombinasikan dengan material empuk atau lembut (kain, busa) dan diletakkan pada tempat yang sejuk. Penggunaan bahan logam ini biasanya diterapkan pada mebel seperti rak, meja, kursi, lampu, dan peralatan dapur. Material logam ini fleksibel untuk pengaplikasian pada ruang tetapi lebih cocok dengan ruang bergaya desain industrial, modern, dan rustic.

Particel Board

Material Mebel

Sumber Gambar : unsplash.com

Yang berikutnya adalah Particel board. Ini adalah bahan yang hampir mirip dengan kayu lapis sebab particel board terbentuk dari serbuk kayu yang dipadatkan. Proses pemadatan biasanya menggunakan lem sehingga menimbulkan sifat yang mudah patah jika permukaannya tipis. Perawatannya juga cukup sulit untuk jenis MDF dan HDF karena sifat mudah menyerap air dan berpori sehingga tidak dapat dibersihkan dengan kain basah. Pemilihan material ini biasanya untuk penggunaan dekorasi, pelengakap mebel, dan kerangka lemari. Alasannya karena dapat meminimalisir penggunaan secara langsung yang dapat merusak bahan seperti diduduki. Penggunaan bahan particle board ini lebih cocok pada ruangan dengan gaya desain  minimalis

 

Baca Juga :   7 Rekomendasi Situs Belajar Desain Interior Gratis Terbaik

Dalam memilih material untuk mebel sepertinya mudah tetapi pada saat menerapkannya akan cukup sulit.  Alasannya karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dan jika salah maka akan membuang banyak sekali sumber daya dari materi hingga waktu. Selamat Mencoba!

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Sistem Penghawaan,Pencahayaan Dan Teknologi Smart Home Dalam Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Arsitektur & Interior

Wabi-sabi dalam sebuah Desain Furniture

Arsitektur & Interior

Rumah Kecil: Trend Hunian Millenial

Arsitektur & Interior

Ciptakan Suasana Rumah Anti Stress dengan Konsep Zen Living