8 Tahap Cara Membuat Denah Rumah untuk Pemula

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat denah rumah

Tertarik membuat desain rumah tapi bingung harus mulai dari mana? Jika kamu adalah salah satu orang yang pernah berpikir demikian, di sini kami akan menjawab pertanyaanmu. Ingin tahu bagaimana cara membuat denah rumah yang ideal? Yuk simak artikel berikut!

Yap, merancang denah rumah memang bukan kemampuan yang dimiliki oleh semua orang, tetapi siapa pun bisa mempelajarinya, termasuk kamu loh. Ada tahap-tahapan sederhana yang bisa kamu lakukan meskipun tidak punya latar belakang arsitektur dan interior, GenK.

Sebelum masuk ke cara membuat denah rumah, kita simak definisinya terlebih dahulu, yuk!

Apa Itu Denah Rumah?

cara membuat denah rumah

Contoh denah rumah (sumber: houseplans.net)

Denah rumah atau floor plan adalah skala diagram suatu ruangan atau bangunan yang tampak dari atas, sehingga dapat menggambarkan seluruh bagian bangunan. Dapat digambarkan dalam bentuk satu lantai bangunan atau satu ruangan yang di dalam gambarnya mencakup ukuran bangunan, perabotan, atau apapun yang diperlukan untuk memenuhi rancangan bangunan tersebut.

Cara menggambar denah rumah yang baik adalah ketika kamu dapat meningkatkan kenyamanan dengan menciptakan flow yang bagus antara satu ruang dengan ruang lainnya.

Membuat denah rumah menjadi sangat penting ketika kamu hendak merancang bangunan. Dari perkiraan ukuran bangunannya saja, kamu jadi bisa menentukan furnitur apa saja yang cocok digunakan, bagaimana sistem kabelnya, apakah ada space kosong, dan masih banyak lagi, GenK.

Karakteristik Cara Membuat Denah Rumah yang Ideal

Kira-kira karakteristik denah rumah yang ideal itu seperti apa sih?

Sebelum mengikuti cara menggambar denah rumah, kamu mesti tahu beberapa hal nih. Mari kita simak satu per satu poinnya!

  1. Ruang serbaguna dan fleksibel. Pastikan di masa depan yang tadinya ruang keluarga bisa dengan mudah diubah menjadi kamar tidur atau sebaliknya. Ruangan yang fleksibel akan sangat membantu di masa depan, GenK.
  2. Tata ruang yang ideal. Misalnya kamu sengaja mendesain kamar mandi yang tidak menghadap ke ruang makan. Ini menjadi ideal, karena kamu jadi bisa menikmati hidangan dengan tenang, GenK.
  3. Hitung ukuran ruangan. Cara membuat denah rumah yang baik adalah menghitung ukuran ruangan dengan mempertimbangkan berapa banyak orang yang akan tinggal di ruangan tersebut. Apakah mereka punya ruang untuk beraktivitas? Apakah ada ruang untuk meletakkan furnitur?
  4. Sirkulasi udara yang baik. Pertimbangkan di mana saja kamu akan memasang ventilasi udara dan pintu. Pastikan tidak ada ruangan yang sumpek atau lembab guna menjaga kesehatan dan kebersihan di ruanganmu, GenK.

Baca Juga
8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik Tahun 2019

Cara Membuat Denah Rumah

Setelah mengetahui definisi dan karakteristiknya, sekarang kami akan membahas tahap-tahap pembuatan denah rumah. Yuk mulai dari tahapan pertama!

Step 1 – Buat daftar aktivitas

Langkah pertama dari cara membuat denah rumah adalah dengan membuat daftar aktivitas yang nantinya akan kamu lakukan di ruangan tersebut. Misalnya kamu adalah seorang YouTuber yang membutuhkan studio rekaman. Berarti kamu harus menyisakan space untuk dijadikan sebagai mini studio.

Atau mungkin kamu suka memasak, berarti buatlah dapur yang lega supaya kamu tetap nyaman saat menghabiskan waktu berjam-jam di dapur.

Step 2 – Tentukan jumlah ruangan

cara membuat denah rumah

Denah rumah dua lantai (sumber: pinterest.com)

Setelah membuat daftar, cara menggambar denah rumah adalah dengan menentukan berapa banyak ruangan dan jumlah lantai yang akan kamu buat.

Jika bangunannya sudah ada, kamu tinggal survey ruangan yang ada dan bagi ruangan sesuai kebutuhan aktivitasmu. Namun jika bangunan belum ada, kamu dapat menggambar denah berdasarkan ukuran lahan dan lokasi yang akan dibangun.

Step 3 – Ukur lahan

Jika bangunan sudah ada, mulai ukur dinding, pintu, dan furnitur terkait sehingga floor plan menjadi lebih akurat. Akan lain treatment-nya jika kamu membangun di lahan kosong. Pastikan total area akan sesuai dengan tempat yang akan dibangun. Kamu dapat melihat bangunan lain yang ada di daerah tersebut sebagai referensi dan perkiraan hasil denah yang akan dibuat nantinya.

Baca Juga
5 Jenis Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruangan

Step 4 – Mulai membuat denah dasar

cara membuat denah rumah

Basic floor plan (sumber: conceptdraw.com)

Cara membuat denah rumah yang berikutnya adalah dengan membuat denah dasar. Dikatakan denah dasar karena hanya terbuat dari garis-garis sederhana yang dimainkan tebal dan tipisnya. Meski simpel, denah dasar sangat berguna supaya kamu mendapat gambaran kasar bagaimana struktur rumah nantinya.

Step 5 – Gambar pintu dan jendela secara spesifik

Untuk gambar pintu dan jendela memiliki bentuk tersendiri agar dapat dibedakan dengan mudah. Buatlah gambar pintu dan jendela secara spesifik, tak lupa pastikan arahnya sudah benar, GenK.

Step 6 – Beri nama di setiap ruangan

cara membuat denah rumah

Memberi nama di tiap ruangan (sumber: sadieberry.co)

Supaya gak bingung, berilah nama di setiap denah ruangan. Misalnya ada ruangan di bagian pojok yang rencananya akan dijadikan kamar mandi, tulislah Kamar Mandi di area denah ruangan tersebut. Namanya tidak perlu panjang-panjang, yang penting jelas.

Step 7 – Gambar furnitur sesuai letak yang sesungguhnya

Gambar furnitur di denah rumah (sumber: en.wikipedia.org)

Nah, cara menggambar denah rumah yang berikutnya adalah dengan menggambar furnitur sesuai letak yang sesungguhnya. Tujuannya supaya kamu dapat membayangkan apakah masih ada space kosong untuk berlalu-lalang. Ukuran furnitur juga bisa disesuaikan dengan ukuran lahan, GenK.

Baca Juga
Inspirasi Arsitektur Tropis: Cantiknya Pesona Desain Rumah Mediterania

Step 8 – Beri pembeda tekstur

Tekstur sebagai pembeda (sumber: arsitag.com)

Dinding bata, keramik, dan semen memiliki tekstur yang khas. Sebagai pembeda, kamu dapat menggunakan arsiran dengan arah dan pola yang berbeda pula, GenK. Misalnya fasad depan rumah ingin disusun dengan batu bata, berarti gambarlah pola batu bata di bagian fasad.


Setelah melalui proses panjang cara membuat denah rumah, sekarang semuanya sudah siap digunakan. Iya sih proses pembuatannya gak mudah, tapi sebenarnya siapa pun bisa membuatnya. Hal yang menjadi utamanya adalah pengukuran lahan yang sesuai dan perbandingan skala yang tepat saat digambar menjadi denah rumah.

Masih seputar mendesain rumah, kami pernah membahas tentang rekomendasi aplikasi desain rumah terbaik untuk menunjang pembuatan denah rumah. Yuk baca informasinya!

Polling

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Arsitektur dan Interior

6 Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Ruangan

Arsitektur dan Interior

Inspirasi Arsitektur Tropis: Cantiknya Pesona Desain Rumah Mediterania

Arsitektur dan Interior

10 Jenis Kursi yang Cocok untuk Beragam Kebutuhan Ruangan

Arsitektur dan Interior

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah dan Murah

            Thank u, next!