Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah dan Murah

Dibaca Normal: 3 menit aja 😊
cara membuat ruangan kedap suara

Kamu sering merasa terganggu dengan berbagai sumber bunyi yang memekakkan telinga? Ingin rasanya kembali ke kamar yang tenang dan tentram, tanpa ada suara berisik yang mengganggu. Solusinya? Intip cara membuat ruangan kedap suara berikut ini, GenK.

Mau itu bunyi berisik dari kendaraan di jalanan, atau langkah kaki orang yang sedang berjalan di seberang ruangan, berbagai suara yang ada di lingkungan sekitar memang bisa cukup mengganggu, GenK. Tapi apa daya, seperti itulah hiruk-pikuk kehidupan di perkotaan. 

Gak perlu gundah dan khawatir, kamu dapat tetap melakukan aktivitas dengan lancar, tanpa terganggu bisingnya bunyi dari luar dengan membuat ruanganmu jadi kedap suara. Loh, emang bisa? Oh, tentu saja dong. Yuk simak cara membuat ruangan kedap suara yang mudah dan murah di bawah, GenK. 

1. Bermain dengan Dekorasi 

Cara membuat ruangan kedap suara 1

Rak buku dapat digunakan sebagai peredam suara (sumber: unsplash.com)

Elemen dekorasi memegang peran penting jika kamu ingin membuat ruangan yang kedap suara. Tanpa perlu memakan biaya yang mahal, cukup dengan menata furnitur yang ada pada posisi yang tepat bisa membantumu meredam suara yang masuk ke dalam ruangan. 

Cara yang paling efektif adalah dengan memanfaatkan lemari baju dan rak buku yang kamu miliki agar merapat ke tembok. Posisikanlah lemari atau rak pada dinding yang berbatasan langsung dengan ruangan lain, serta ke arah jalan. 

Alternatif lain yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan permadani atau karpet. Kedua benda ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan yang mempercantik ruangan saja loh, tapi juga terkenal akan kemampuannya untuk menyerap suara. 

Tips: Gunakanlah karpet berbahan tebal agar semakin ampuh dalam menyerap suara yang masuk ke dalam ruangan. Kamu juga bisa mengakalinya dengan cara menambahkan alas di bawah karpet sebagai peredam suara instan. 

Baca Juga   5 Jenis Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruangan

2. Ganjal Benda yang Mudah Bergetar

Cara membuat ruangan kedap suara 2

Redam getaran dari speaker dengan alas pada bagian bawahnya (sumber: unsplash.com)

Punya tetangga yang hobi memutar musik super kencang layaknya sedang berada di konser Metallica? Atau mungkin kamu sendiri suka menyetel lagu favorit dengan volume yang tinggi? Kesal dengan getaran dari pengeras suara yang terasa hingga ke dalam kamar? 

Waktunya untuk melenyapkan gangguan tersebut dengan cara berikut, GenK. Berikan ganjalan berupa bantal atau alas khusus yang dapat membantu mengurangi getaran dari speaker saat kamu sedang memutar musik. 

Kamu juga dapat memakai karpet puzzle yang biasa dipakai di tempat bermain anak sebagai alat peredam getaran untuk speaker-mu. Harganya juga lebih terjangkau dan mudah didapatkan di toko-toko buku atau toko mainan. 

Baca Juga   Belajar Desain Rumah lewat The Sims

3. Tirai Ajaib Penghalang Bising 

Cara membuat ruangan kedap suara 3

Manfaatkan tirai untuk mengurangi suara yang masuk ke dalam ruangan (sumber: pexels.com)

Selain menggunakan karpet, permadani, lemari pakaian, atau rak buku, benda lain yang juga bisa digunakan sebagai peredam suara dalam ruangan adalah tirai dan gorden, GenK. Jadi bukan hanya jadi aksesoris wajib menjelang lebaran, tirai dan gorden juga mampu menyerap suara loh

Gunakanlah tirai atau gorden berbahan tebal di depan pintu atau jendela yang langsung menghadap ke luar untuk membantu mengurangi suara yang masuk ke dalam ruangan. 

Buat kamu yang kesulitan mencari tirai atau gorden, gak usah khawatir, pilihan lain berupa blanket atau selimut juga dapat digunakan sebagai peredam suara. Pastikan saja kalau blanket atau selimut yang digunakan memiliki ketebalan yang cukup yah. Selimut yang terbuat dari wol merupakan opsi terbaik yang mampu menyerap suara dengan lebih baik. 


Demikian tadi beberapa cara membuat ruangan kedap suara yang dapat kamu ikuti. Trik dan tips di atas cocok banget dipraktikan buat kamu yang ingin merancang desain ruangan rapat ala co-working space sampai studio mini pribadimu, GenK.

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Arsitektur dan Interior

Cara Membuat Maket Rumah Sederhana untuk Pemula

Arsitektur dan Interior

Mengenal Memory Foam, Bikin Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Arsitektur dan Interior

5 Tips Pencahayaan Rumah untuk Hunian yang Lebih Nyaman

Arsitektur dan Interior

4 Rekomendasi Kursus Online Belajar Arsitektur Gratis

Arsitektur dan Interior

Keunggulan Coworking Space: Kantor ala Milenial

Arsitektur dan Interior

Tips Menata Kamar Mandi Minimalis nan Estetik

Arsitektur dan Interior

7 Rekomendasi Situs Belajar Desain Interior Gratis Terbaik

Arsitektur dan Interior

10 Fitur Klasik Rumah Jepang yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Arsitektur dan Interior

Mengenal Eloknya Gaya Arsitektur Oriental Negeri Tirai Bambu

Arsitektur dan Interior

7 Alasan Kenapa Kamu Mesti Pakai Wallpaper Dinding

Arsitektur dan Interior

8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik Tahun 2019

Arsitektur dan Interior

Tren Kesenian Gambar Mural untuk Desain Interior

Arsitektur dan Interior

Tips Memilih Sofa untuk Ruangan Minimalis

Arsitektur dan Interior

8 Tips Dekorasi Kamar Menjadi Ruang Kerja yang Nyaman

Arsitektur dan Interior

8 Cara Mendesain Ruang Tamu Minimalis Yang Mudah Dipraktikkan

Arsitektur dan Interior

Tips Menghias Meja Kerja agar Lebih Estetik

Arsitektur dan Interior

Tips & Trik Wujudkan Rumah Mungil dengan Desain Skandinavia

Arsitektur dan Interior

Liminal Space: Alasan Ilmiah Kenapa Kamu Merasa Gak Nyaman di Beberapa Tempat

Arsitektur dan Interior

Tips Marie Kondo: Mencari Kebahagiaan Lewat Beres-Beres

Arsitektur dan Interior

Membuat Hutan Dalam Ruangan dengan Dekorasi Rumah Urban Jungle

            Artikel Selanjutnya