Arsitektur & Interior

Ciptakan Suasana Rumah Anti Stress dengan Konsep Zen Living

Konsep Zen Living

Salah satu solusi yang tepat untuk menghilangkan rasa stress dan penat kamu selama masa pandemi yaitu dengan menerapkan konsep Zen Living dalam rumah tinggalmu. Zen sendiri merupakan ajaran filsafat Buddha yang bertujuan untuk mencapai pencerahan melaui meditasi. Zen Living tidak hanya sekedar filosofi yang perlu dimengerti namun perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam desain interior, Zen mencerminkan keseimbangan, keharmonisan yang membuat penghuninya merasa relaks, sehingga dapat menghadirkan kebahagiaan dan ketenangan dalam jiwa. Berikut beberapa cara menghadirkan konsep Zen Living dalam rumah tinggalmu :

1. Gunakan Warna Natural “Earthy Tone”

Palet warna earth tone (Sumber: fabmood.com) Palet warna dari konsep Zen yaitu warna natural. Hal ini merupakan salah satu syarat yang penting dalam penerapan konsep Zen. Nada warna yang lembut seperti putih, abu-abu, atau krem, merupakan warna yang dapat memberikan kesan suasana yang menenangkan dan membuat relaks. Penerapan prinsip warna monokrom juga dapat digunakan dalam tiap ruangnya. Tambahkan juga 1 (satu) warna kontras dalam dekorasi atau lukisan sebagai vocal point agar memberikan suatu kesan yang tidak monoton dan menyegarkan.

2. Pilihlah Furniture Dengan Bentuk yang Simpel

Sumber : fronteriors.co

Karakteristik dari furniture Zen yaitu simpel dengan garisnya yang tegas, oleh karena itu perabot yang ada juga harus jauh-jauh dari detail yang terlalu rumit dan ornament yang berlebihan. Selain itu, perabot yang ada harus dibuat dengan bahan berkualitas bagus dan setidaknya harus terdapat unsur natural didalamnya seperti kayu, batu, bambu, atau rotan yang dapat memberikan kesan natural yang menenangkan.

3. Manfaatkan Pencahayaan Natural dan Sumber Cahaya

Sumber: bestinteriordesigner.eu

Jendela yang besar merupakan salah satu faktor yang penting untuk rumah Zen. Jendela yang besar membuat pencahayaan yang ada masuk kedalam rumah dengan maksimal dan juga memberikan kesan menyatu dengan alam yang dapat membuat penghuni merasa nyaman dan relaks. Selain itu, untuk mendapatkan ruang dengan suasana yang relaks kita dapat menggunakan lampu dengan warna agak kekuningan dengan arah cahaya yang tidak langsung dan tidak menyorot. Tempatkan beberapa sumber lampu yang dapat diatur intensitasnya untuk menciptakan suasana yang diinginkan.

4. Sediakan Ruang Kosong

Konsep Zen Living

Sumber: all-eyefulhomenavi.com

Menempatkan ruang kosong dalam suatu sudut rumah secara tidak langsung dapat memberikan efek lapang dan luas pada suatu ruang yang akan menjauhkan dari suasana hiruk pikuk dan pikiran yang dapat mengganggu ketenangan. Ruang kosong juga dapat menjadi tempat kamu untuk bermeditasi atau sekedar menjadi tempat untuk mengosongkan pikiran.

Baca Juga :   6 Inspirasi Model Rak Buku Untuk Dekorasi Kamarmu

5. Tambahkan We-wangian Dalam Ruang

Alat diffuser dan lilin aromaterapi. Sumber: vividgiftideas.com Dengan alat diffuser yang memiliki bentukan yang kecil menyerupai lotus, selain bisa menjadi dekorasi tetapi dapat memberikan aromaterapi dalam ruang. Lilin aromaterapi juga dapat menjadi alternatif lain yang dapat meningkatkan konsentrasi dalam menjalani kegiatan, menstimulasi indra dan juga menenangkan jiwa sesuai dengan aroma yang dipilih.

6. Gunakan Dekorasi yang Minim

Konsep Zen Living

Sumber: home-designing.com

Dalam konsep Zen, dekorasi ruang yang ada sangatlah minim dan simple. Gunakan dekorasi yang sebagian besar “berbentuk” garis garis lurus atau bisa juga tambahkan pajangan dinding yang memiliki makna bagi penghuninya.

7. Masukkan Elemen Alam ke Dalam Ruang

Konsep Zen Living

Sumber: digsdigs.com

Seperti yang sudah disebutkan diatas, jendela merupakan salah satu faktor yang penting dalam konsep Zen Living. Karena dapat di ibaratkan bahwa jendela adalah suatu kanvas lukisan. Selain dapat menikmati keindahan alam yang ada, suasana ini dapat memberikan kesegaran dan ketenangan. Selain itu, unsur alam juga dapat ditambahkan ke dalam ruang. Misalnya tanaman hias seperti bonsai atau tanaman gantung, batu – batuan seperti healing rocks dan lain sebagainya.

8. Jalani Hidup Dengan Sederhana

Konsep Zen Living

Sumber: behance.net

Hal terakhir yang tidak boleh lepas saat menerapkan konsep Zen Living dalam rumah yaitu kesederhanaan. Kita dituntut untuk hidup dalam kesederhaan yang dapat diawali dengan merelakan barang – barang yang sudah lama tidak digunakan dan lebih mengutamakan kepada barang barang yang lebih sering dipakai. Sedikit demi sedikit kehidupan yang kita jalani akan semakin berkualitas.   Itulah kenapa, konsep Zen Living yang diterapkan ke dalam interior rumah dapat menciptakan suasana yang menenangkan. Selama masa pandemi bersantai di rumah merupakan alternatif yang paling tepat.  Kalian bisa melepaskan penat dan stress setelah menjalani kesibukan ditengah hiruk-pikuk perkotaan. Selamat mencoba!

Ditulis oleh:

Meggi Ayu Lestari ,

Universitas Kristen Petra.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Sistem Penghawaan,Pencahayaan Dan Teknologi Smart Home Dalam Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Arsitektur & Interior

Wabi-sabi dalam sebuah Desain Furniture

Arsitektur & Interior

Rumah Kecil: Trend Hunian Millenial

Arsitektur & Interior

Desain Rumah Minimalis tapi Juga Mewah, Memang Bisa? Yuk Cari Tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.