leadersingle
leadersingle

Keunggulan Coworking Space: Kantor ala Milenial

Dibaca Normal: 4 menit aja
coworking space

Tempat buat ngantor semakin sedikit, tapi jumlah pekerja terus bertambah. Mau sewa bangunan, tapi harga yang melambung tinggi membuat dompet menjerit. Untuk menjawab tantangan tersebut, coworking space hadir sebagai tren berkantor kekinian ala milenial. 

Coworking space merupakan sebuah fenomena baru yang sedang booming di kalangan pekerja yang tinggal di daerah perkotaan dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini, GenK. Tapi pada tahu gak sih, apa itu coworking space sebenarnya? 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Pada dasarnya, coworking space adalah sebuah layanan ruangan kerja yang tersedia baik secara gratis dan berbayar untuk dapat digunakan oleh umum. Di tempat ini, kamu dapat menemukan orang-orang dari beragam latar belakang dan pekerjaan berkumpul jadi satu. 

Kehadiran coworking space sendiri sudah mulai ada pertama kali sejak tahun 2002 di Wina, Austria, yang bernama Schraubenfabrik. Namun baru menjadi populer beberapa tahun ini, GenK. Nah, popularitas dari coworking space tentu tidak lepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Apa saja tuh? Langsung simak ulasan lengkapnya berikut.  

1. Fleksibilitas 

Coworking space 1

Kerja fleksibel sesuai yang kamu mau (sumber: pexels.com)

Keunggulan utama dari penggunaan coworking space adalah pada fleksibilitas yang ditawarkannya. Berbeda dengan kantor pada umumnya yang terikat dengan durasi waktu tertentu, segudang peraturan, serta setumpuk berkas-berkas rumit, di coworking space, kamu tidak perlu memusingkan semua masalah tersebut, GenK. 

Tanpa perlu repot-repot mengatur jam atau jadwal tertentu untuk bisa hadir di kantor, kamu bisa datang kapan pun dan bebas memilih tempat pewe favoritmu untuk memaksimal produktivitas dalam bekerja. Datang jam 1 siang? Oke. Mau pulang pukul 10 malam? Gak perlu sibuk harus bilang satpam dulu, tinggal selama yang kamu mau. Eits, asal jangan nginap yah

Karena bersifat open space yang terbuka untuk siapa saja, kamu bisa sekaligus menjadikan working space sebagai tempat nongkrong atau untuk bertemu klien loh. Cukup pakai ruangan khusus meeting yang biasanya sudah disediakan khusus. Jadi gak perlu lagi pindah tempat ke sana-sini, buang waktu dan tenaga, cukup di satu tempat aja, semua pasti bisa. 

Baca Juga
Bocorkan Rahasia Investasi Sukses untuk Anak Muda Bareng Rivan Kurniawan

2. Fasilitas yang Lengkap

Coworking space 2

Fasilitas meeting room siap pakai (sumber: pexels.com)

Bicara soal budaya kerja anak milenial, tentu tidak jauh-jauh dari soal kenyamanan kantor dan fasilitas pendukung yang tersedia. Nah, kedua hal tersebut merupakan aspek pendukung yang akan memanjakanmu selama bekerja di coworking space, GenK. 

Siapa bilang cuma kantor perusahaan besar saja yang bisa punya tempat nyaman? Sekarang, siapa pun dapat merasakan berbagai manfaat fasilitas kantor super lengkap yang biasanya cuma bisa kamu temukan di beberapa tempat saja. 

Segala fasilitas untuk mendukung produktivitas pekerjaan sudah ada dan siap untuk digunakan. Mulai dari internet cepat, pantry, full-equipped meeting rooms, meja dan kursi super nyaman, toilet, hingga area khusus hiburan bisa dinikmati oleh setiap pengguna coworking space

Kamu cukup bayar sekali, gak perlu beli inventaris barang apa pun, cukup datang, bawa badan dan laptop atau kebutuhan pekerjaan, maka kamu sudah bisa langsung mulai bekerja. Mudah dan praktis banget kan. 

3. Harga Ekonomis 

Coworking space 3

Tempat kerja fantastis dengan harga yang ekonomis (sumber: pexels.com)

Fasilitas yang lengkap, berarti harga mahal juga turut ikut merangkap. Eits, siapa bilang? Bukan kantor milenial namanya kalau harganya gak sesuai sama kantong anak muda dong. Segala fasilitas kece yang tersedia di coworking space bisa kamu dapatkan dengan harga ekonomis yang tidak bikin dompetmu menangis. 

Pada umumnya, kamu cukup merogoh kocek sebesar puluhan ribu rupiah untuk setiap kali sesi bekerja dalam kurun durasi waktu tertentu, GenK. Tergantung dari peraturan yang ada di setiap tempat, ada yang mematok harga per jam, per sesi, bahkan kurun waktu hingga beberapa hari, minggu, sampai bulan loh

Kelebihan inilah yang kemudian menjadi daya tarik utama coworking space, khususnya untuk para freelance, yang memang membutuhkan tempat kerja terbuka berfasilitas lengkap dengan harga ekonomis yang aman di kantong. 

Bukan hanya untuk para freelance saja, tren perkembangan startups juga menjadi salah satu alasan semakin populernya coworking space sebagai tempat kerja yang dapat digunakan oleh siapa saja dengan harga yang terjangkau. 

Jadi para calon entrepreneur mudah tidak usah pusing memikirkan biaya sewa kantor untuk mengumpulkan para karyawan dan tim dalam menjalankan operasi harian. Cukup manfaatkan coworking space dengan biaya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.  

Baca Juga
Tips Menata Kamar Mandi Minimalis nan Estetik

4. Memudahkan Networking 

(sumber: pexels.com)

Bukan hanya kantor, coworking space juga bisa jadi tempat bersosialisasi (sumber: pexels.com)

Selain sebagai kantor, coworking space juga memiliki fungsi lain yang menjadikannya berbeda dari tempat kerja konvensional biasanya. Sesuai dengan namanya, coworking, yang berarti kamu akan bekerja berdampingan dengan orang lain, hal ini sekaligus membuka peluang lebar untuk menjalin koneksi dengan banyak orang. 

Jadi bukan cuma sebagai tempat untuk melakukan formalitas pekerjaan, kamu juga bisa mulai membangun jaringan dengan para pengguna lain, sambil tetap menyelesaikan urusan kantor. Wah, asyik banget kan. Nah, dari jaringan tersebut, kamu dapat membuka pintu-pintu kesempatan baru yang dapat bermanfaat untuk pengembangan karir profesionalmu, GenK. 


Kerja pintar, kerja fleksibel, kerja hebat ala milenial. Semua bisa kamu lakukan dengan mudah, murah di coworking space; tren berkantor kekinian ala generasi milenial.

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Arsitektur & Interior

6 Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Ruangan

Arsitektur & Interior

Twilight: Perjalanan Cinta Penuh Drama Si Vampire Tampan

Arsitektur & Interior

Bikin Hunian Jadi Super Nyaman dengan Gaya Interior Hygge

Arsitektur & Interior

Tips & Trik Wujudkan Rumah Mungil dengan Desain Skandinavia

Arsitektur & Interior

Masak Jadi Lebih Menyenangkan dengan 5 Desain Dapur Minimalis Berikut

Arsitektur & Interior

Inspirasi Desain Meja Kerja Minimalis yang Bikin Kamu Makin Produktif

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>