fbpx

3 Ide Kreatif Dekorasi Kamar Kos untuk Anak Kuliah

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
dekorasi kamar kos

Kos atau Indekos adalah jasa penyewaan kamar atau rumah untuk dihuni dengan ketentuan biaya dan jangka waktu yang sudah ditentukan. Setiap tempat kos memiliki aturan masing-masing. Umumnya pemilik kos tidak memperbolehkan kamu untuk mengubah atau merenovasi ruangan. Alhasil kamu malah jadi bosan dan suntuk karena bentuk ruangan yang itu-itu saja. Padahal kamu perlu merasa nyaman untuk tinggal di suatu hunian, apalagi kalau kamu adalah anak kuliah yang merantau jauh dari kampung halaman. Membuat dekorasi kamar kos adalah salah satu solusinya, GenK.

Dekorasi adalah seni menghias sesuatu agar terlihat harmonis. Kamu tidak perlu merenovasi ruangan agar tidak bosan dan suntuk. Bisa berabe kalau harus berurusan dengan pemilik kos. Dengan dekorasi, kamu bisa berkreasi sesuai ide dan imajinasi kamu. Ada tiga cara untuk mendapatkan barang-barang dekorasi, yaitu dengan cara membeli, membuat sendiri atau DIY (Do It Yourself), dan menggabungkan keduanya.

Hal yang harus diperhatikan adalah tema dekorasi dan budget yang kamu miliki. Jangan sampai kamu memaksakan ingin merealisasikan suatu tema dekorasi akan tetapi budget yang kamu miliki tidak sebanding. Eits, jangan khawatir, GenK, karena zaman sekarang mencari informasi dan referensi sangatlah mudah. Kamu bisa menekan budget dengan membeli barang-barang dekorasi yang di bawah harga jual di toko.

Jika kamu tertarik untuk mendekorasi kamar kos, kami memiliki beberapa rekomendasi barang yang bisa kamu aplikasikan. Siapa tahu bisa menjadi referensi dalam pengembangan ide yang sudah ada di benakmu. 

Barang Dekorasi Kamar Kos

Apa aja sih barang-barangnya? Yuk kita lihat sama-sama!

Tumblr Lamp

Salah satu aksesori ruangan yang sampai saat ini masih menjadi juara adalah Tumblr Lamp. Apabila kamu berkunjung ke rumah atau kamar kos teman, mungkin benda ini kerap kali kamu temukan. Tidak hanya berfungsi sebagai lampu untuk menerangi ruangan, kini Tumblr Lamp atau lampu Tumblr beralih fungsi menjadi dekorasi ruangan. Mengapa disebut lampu Tumblr?

dekorasi kamar kosLampu Tumblr (Sumber: unsplash.com)

Dulu saat kamu membuka situs Tumblr, kamu pasti sering menemukan unggahan foto kamar yang terpasang lampu panjang di kamarnya. Lampu ini dianggap keren sehingga menjadi inspirasi beberapa orang untuk menjadikannya dekorasi ruangan. Padahal lampu Tumblr ini biasa kita sebut dengan lampu pohon natal, GenK.

Lampu Tumblr tersedia beberapa varian warna, seperti warm white, kuning, biru, ungu, sampai warna pelangi yang disebut lampu RGB. Setiap warna akan membangun nuansa ruangan yang berbeda-beda pula. Warna yang paling sering digunakan di kamar adalah warm white. Warnanya yang tidak terlalu terang membuat kamar kamu terasa nyaman, hangat, dan dijamin lebih mudah mengantuk.

Baca Juga   Mengenal Arsitektur Brutalisme

Kamu tinggal menempelkan lampu tumblr di dinding kamar dengan menggunakan isolasi atau lakban. Kamu bisa menggunakan isolasi kertas agar tidak merusak cat dinding. Ukuran lampu Tumblr beragam, tapi yang dirasa proporsional sekitar 1 meter, tergantung kebutuhan kamu. Bentuknya yang memanjang bisa kamu kreasikan menjadi bentuk-bentuk tertentu, misalnya gelombang, lambang hati, atau dililitkan ke benda tertentu. Jika kamu tertarik untuk menggunakan lampu Tumblr, ada beberapa referensi untuk mengembangkan ide dan imajinasi kamu dalam hal mendekorasi kamar kos.

Neon Lamp

Masih seputar lampu, barang selanjutnya yang bisa dijadikan dekorasi kamar kos adalah Neon Lamp atau lampu neon. Lampu neon merupakan lampu listrik yang berbentuk tabung berisikan gas. Lampu ini juga terkenal di kalangan anak Tumblr. Maka tak jarang ada orang yang menyebutnya lampu Tumblr juga. Hanya saja jenis lampu dan bentuknya berbeda dari lampu Tumblr yang sudah kami bahas di atas.

dekorasi kamar kosLampu neon (sumber: unsplash.com)

Lampu ini memiliki beragam jenis bentuk dan warna. Dalam hal dekorasi rumah, lampu neon yang bisa kamu gunakan adalah bentuk gambar dan tulisan. Gambar yang biasanya digunakan adalah gambar es krim, bunga mawar, pohon kelapa, planet, pelangi, dan masih banyak lagi. Sedangkan tulisan yang biasanya digunakan untuk lampu ini adalah quote atau kutipan. Kalian bisa membelinya di toko furnitur, toko online, atau membuat desain lampu neon sendiri.

Selanjutnya dari ragam warna, pilihlah warna yang sesuai dengan nuansa yang ingin kalian bangun. Misalnya ingin membangun nuansa romantis, kamu bisa menggunakan warna merah atau ungu. Apabila kamu ingin membangun nuansa feminin, kamu bisa menggunakan warna merah muda. Namun jika kamu ingin membangun suasana yang strong, kamu bisa menggunakan warna merah.

Lampu neon ini bisa kamu tempel atau gantung di dinding kamar. Cahayanya yang menyilaukan mata akan menjadi point of interest bila pertama kali masuk ke dalam kamar. Lampu ini bentuknya sudah modern banget, GenK, sehingga cocok banget digunakan untuk membuat kamar kamu terlihat lebih keren ala-ala cafe. Kami memiliki beberapa referensi gambar kamar yang menggunakan lampu neon. Siapa tahu bisa menginspirasi kamu saat mendesain kamar kos.

Mural

Mural adalah teknik menggambar atau melukis di dinding sebagai media. Eh, tapi sebelum kamu bikin mural, pastikan dulu kebijakan tempat kosmu membolehkan ya, GenK!

Mural memiliki sifat permanen karena kamu langsung menggambar di dinding dan tidak bisa dihapus kecuali dengan cara mengecat ulang. Teknik ini pas banget buat kamu yang punya hobi atau minat menggambar. Kamu bisa bebas berekspresi dalam mural yang kamu buat. Selain tempat berekspresi, mural juga bisa digunakan untuk dekorasi kamar kos agar tidak membosankan dengan warna cat yang monoton.

dekorasi kamar kosMural (Sumber: burst.shopify.com)

Ada dua jenis cat yang kami rekomendasikan untuk membuat mural, yaitu cat latex dan cat akrilik. Tipe cat ini bisa disesuaikan dengan bentuk dan gaya desain gambar. Cat latex memang merupakan cat kualitas terbaik untuk menggambar mural, namun, apabila kamu menginginkan cat dengan harga yang lebih terjangkau, cat akrilik adalah solusinya.

Baca Juga   Tips dan Trik Menata Ruangan Sempit

Selain menggunakan cat khusus mural, kamu juga bisa menggunakan cat tembok biasa bahkan kapur. Gunakan imajinasi dan kreativitas kamu saat menggambar mural. Apalagi kalau kamu ingin menekan budget agar tidak terlalu boros.

Gaya desain mural bisa kamu cari di internet untuk memperbanyak referensi. Situs web yang bisa kamu gunakan, seperti Pinterest, Instagram, dan Tumblr. Perbanyak referensi agar kamu dapat mengeksplorasi gaya desain mural. Apabila kamu tertarik untuk menggambar mural, ada beberapa referensi gambar mural di kamar yang bisa menginspirasi kamu.


Nah itu dia beberapa referensi dekorasi kamar kos yang bisa kamu aplikasikan. Buat kamar kos kamu menjadi tempat yang nyaman, apalagi kalau kamu adalah orang yang sehari-hari beraktivitas di kamar. Sebenarnya kamu masih dapat berkreasi dengan beragam perabotan menarik untuk dekorasi. Semua tergantung dengan nuansa ruangan yang ingin kamu bangun.

Setelah mendapat ide kreatif dekorasi kamar kos untuk anak kuliah di atas, apakah kamu tertarik untuk mempercantik kamar kamu? Dengan budget yang murah, kamu sudah bisa mengubah suasana kamar menjadi lebih fresh. Ternyata mendekorasi kamar kos sendiri asyik bukan? Sekarang kamu bisa bebas berkreasi untuk mewujudkan kamar kos idaman, GenK! Eh, kamu ada ide dekorasi lain gak? Yuk tambahkan pada kolom komentar!

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Arsitektur dan Interior

8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik Tahun 2019

Arsitektur dan Interior

Tren Kesenian Gambar Mural untuk Desain Interior

Arsitektur dan Interior

Tips Memilih Sofa untuk Ruangan Minimalis

Arsitektur dan Interior

8 Tips Dekorasi Kamar Menjadi Ruang Kerja yang Nyaman

Arsitektur dan Interior

8 Cara Mendesain Ruang Tamu Minimalis Yang Mudah Dipraktikkan

Arsitektur dan Interior

Tips Menghias Meja Kerja agar Lebih Estetik

Arsitektur dan Interior

Tips & Trik Wujudkan Rumah Mungil dengan Desain Skandinavia

Arsitektur dan Interior

Liminal Space: Alasan Ilmiah Kenapa Kamu Merasa Gak Nyaman di Beberapa Tempat

Arsitektur dan Interior

Tips Marie Kondo: Mencari Kebahagiaan Lewat Beres-Beres

Arsitektur dan Interior

Membuat Hutan Dalam Ruangan dengan Dekorasi Rumah Urban Jungle

Arsitektur dan Interior

Selain Instagramable, Ini Manfaat Lain Vertical Garden

Arsitektur dan Interior

9 Tips Merancang Rumah Minimalis

Arsitektur dan Interior

5 Jenis Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruangan

Arsitektur dan Interior

Tips dan Trik Menata Ruangan Sempit

Arsitektur dan Interior

Belajar Desain Rumah lewat The Sims

Arsitektur dan Interior

Mengenal Arsitektur Brutalisme

Arsitektur dan Interior

Anti Gerah dengan Desain Rumah Tropis

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link