fbpx

8 Cara Mendesain Ruang Tamu Minimalis Yang Mudah Dipraktikkan

Dibaca Normal: 4 menit aja šŸ˜Š
desain ruang tamu minimalis

Ada banyak cara pintar agar pengeluaran kamu tidak membengkak saat sedang mendesain ruangan di rumah. Salah satunya adalah dengan memilih desain ruang tamu minimalis agar kalian dan tamu yang datang menjadi nyaman. Sebelum hendak memulai menata ulang ruang tamu kecil dan sederhanamu, yuk perhatikan cara-cara membuat ruang tamu nyaman dan menarik.

Zaman sekarang, rumah minimalis sangat diminati kaum milenial. Bagaimana tidak? Selain cocok dengan gaya hidup masa kini, rumah minimalis cenderung kecil dan berharga lebih murah.

Selain itu, desainnya yang sederhana juga cocok bagi para milenial yang umumnya mementingkan keakraban antara orang-orang di lingkaran kehidupannya. Baik itu para penghuni rumah atau tamu yang sedang berkunjung bisa merasa suasana hangat yang menjadikan interaksi mereka lebih nyaman. Salah satu ruangan untuk interaksi ini adalah ruang tamu.

Ibaratnya, jika bagian fasad rumah adalah kesan pertama, ruang tamu adalah tahap selanjutnya seorang tamu bisa mengenal karakter penghuni rumah.

Pasti kalian ingin dong ruang tamu minimalis kalian bikin betah orang terdekat yang berada di sana? Simak tips desain berikut ini, GenK!

Bermain dengan Cermin

Siapa sih yang tidak suka dengan cermin? Kalian pasti sangat senang berkaca kan? Ada kaca sedikit, langsung memperbaiki rambut atau penampilan. Apa ini kamu banget? Nah, dengan penambahan kaca besar di ruang tamu, membuat desain ruang tamu kamu menjadi terlihat luas.

Tetapi kalian juga harus memperhatikan tata letak cermin tersebut ya, jangan asal pasang. Untuk kalian yang ruang tamunya berjendela, ada baiknya cermin digantungkan di seberang jendela kalian. Selain itu, cermin yang diletakkan di sumber cahaya, seperti lampu, akan membuat ruang tamu kalian semakin hangat. Agar tidak monoton, kamu bisa menyusun cermin di beberapa titik ataupun 2 sisi.

Baca Juga   5 Jenis Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruangan

Perabot Sederhana

Desain ruang tamu mewah dapat terlihat dari tata cara kalian dalam meletakkan perabotan. Jangan sampai kalian memenuhi ruang yang pertama kali dikunjungi orang dengan perabot yang tidak perlu. Cukup memberikan kesan sederhana dalam ruang tamu kecil kalian, kalian pun akan membuat tamu yang hadir juga nyaman.

Kalian harus ingat, GenK, kenyamanan tamu akan terlihat dari lama tidaknya mereka berada di rumah kalian. Nah, perabot seperti vas bunga yang transparan, meja kayu dengan kaki yang tipis, akan menambah kesan luas dan lega dalam ruang tamu kalian.

Ruang Tamu Minimalis Panduan dari Kreativv ID 2

Sumber: pexels.com

Selain itu kalian juga bisa membuat atau membeli perabot yang multifungsi. Dengan perabot yang multifungsi, kalian bisa memaksimalkan kegunaan setiap barangnya.

Yuk mulai pintar hunting barang-barang ringan untuk menghias ruang tamu minimalis kalian. Siapa tau ada diskon menarik yang membuat barang idaman kalian menjadi setengah harga.

Memaksimalkan Dinding

Dinding atau tembok kosong dalam ruang tamu kalian bisa kalian manfaatkan semaksimal mungkin. Bila kalian bingung perabot apa yang baik untuk desain ruang tamu kecil kalian, kalian bisa melukis dinding dengan gambar mural.

Zaman sekarang, seni mural sudah banyak terlihat di mana-mana, jadi kalian bisa dengan mudah menemukan desain mural yang cocok untuk menghias ruang tamu. Satu trik lagi nih, untuk kalian yang masih bingung mengisi tembok kosong di ruang tamu kalian, kalian bisa memasang foto di dinding.

Tema yang Konsisten

Nah, untuk kalian yang jiwa seninya ekstrim, kadang hal ini tidak kalian pedulikan. Kalian akan memadupadankan kesan mewah ke kesan kasual maupun kesan minimalis dengan kesan nyentrik. Apa kalian tidak pusing melihat rumah kalian?

Baca Juga   9 Tips Merancang Rumah Minimalis

Tema yang kalian pakai menentukan semua desain di dalam rumah kalian. Ada baiknya untuk selalu memperhatikan kesan dan tema yang ingin kalian ciptakan di dalam rumah. Desain ruang tamu kecil sederhana kalian cocok berwarna hitam dan putih bila kalian ingin menciptakan kesan minimalis. Kalau ingin menimbulkan kesan hangat, tambahkan cat dinding berwarna kuning muda.

Kebersihan dan Kerapian

Hal yang satu ini sangat mencerminkan karakter penghuni rumah, GenK. Jika kalian memang tipe orang yang menyukai kerapian dan kebersihan, hal seperti ini pasti amat kalian perhatikan. Bagaimana tidak? Rumah bersih akan menciptakan kenyamanan dan juga kesehatan bagi keluarga di dalamnya.

Ruang Tamu Minimalis Panduan dari Kreativv ID

Sumber: pexels.com

Dengan langkah sederhana seperti menaruh tong sampah kecil ataupun menata setiap perabot yang ada pada tempatnya, ruang tamu kecil kalian akan terlihat rapi. Dijamin deh,tamu kalian akan betah berada di dalam rumah kalian.

Jadi, yang terpenting, jangan ada banyak barang bergeletakan di ruang tamu, GenK. Tidak enak dong, GenK, kalau ada tamu yang melihat rumah kalian seperti kapal pecah.

Warna Netral

Trik lain yang bisa dipakai untuk dapat membuat desain ruang tamu sederhana kalian menjadi mewah adalah pemilihan warna yang tepat. Warna netral dan kalem membuat kesan hangat di dalam ruang tamu. Atau, kalian yang menyukai warna serba bersih, kalian bisa memilih warna putih sebagai dasar pada warna dinding dan perabotannya. Perpaduan warna serba putih dalam rumah membuat kesan manis dan elegan.

Memperlihatkan Sisi Atas Ruangan

Bagi kalian yang mempunyai rumah dengan platform yang cukup tinggi, ada baiknya kalian menonjolkan sisi tersebut. Jangan salah, GenK, ruangan dengan platform tinggi membuat aliran udara yang masuk lebih besar, sehingga ruang demi ruang pada rumah kalian akan terasa sangat sejuk.

Desain ruang tamu sederhana yang dapat ditampilkan pada jenis rumah seperti ini salah satunya adalah membuat rak yang cukup tinggi. Rak tersebut bisa kalian isi dengan koleksi buku kalian maupun pajangan-pajangan. Tamu yang akan hadir pasti akan fokus pada bagian atas ruang tersebut. Selain rak, kalian pun dapat menggantung lampu-lampu unik dan cantik. Sekarang sudah banyak loh, desain lampu yang unik dan menarik.

Baca Juga   Belajar Desain Rumah lewat The Sims

Sekat Pembatas

Yang satu ini, penting banget nih, untuk kalian yang ingin privasi keluarganya tetap terjaga. Bila kalian tidak ingin ruangan kalian terkesan sempit dengan adanya pintu, kalian dapat menambahkan sekat pembatas. Sekat pembatas ini dapat berupa kayu lipat, gorden yang dipasang di pemisah ruangan, manik-manik rantai, maupun pintu geser.

Dengan adanya alternatif benda tersebut, penglihatan tamu ke dalam ruang keluarga kalian tidak begitu terlihat jelas. Kalian dengan mudah dapat menutup sekat tersebut jika diperlukan. Mudah dah praktis bukan? Kalian nyaman, tamu pun tidak terganggu.


Bagaimana, GenK? Sudah paham caranya memilih desain yang tepat untuk ruang tamu kalian? Sederhana sekali bukan? Tidak perlu barang yang mahal untuk membuat desain ruang tamu minimalis kalian menjadi bagus dan nyaman. Selamat mendesain!

Simpan Artikel Ini.

Simpan artikel ini untuk kamu baca lagi nanti, GenK.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Arsitektur dan Interior

Tips Memilih Sofa untuk Ruangan Minimalis

Arsitektur dan Interior

8 Tips Dekorasi Kamar Menjadi Ruang Kerja yang Nyaman

Arsitektur dan Interior

Tips Menghias Meja Kerja agar Lebih Estetik

Arsitektur dan Interior

Tips & Trik Wujudkan Rumah Mungil dengan Desain Skandinavia

Arsitektur dan Interior

Liminal Space: Alasan Ilmiah Kenapa Kamu Merasa Gak Nyaman di Beberapa Tempat

Arsitektur dan Interior

Tips Marie Kondo: Mencari Kebahagiaan Lewat Beres-Beres

Arsitektur dan Interior

Membuat Hutan Dalam Ruangan dengan Dekorasi Rumah Urban Jungle

Arsitektur dan Interior

Selain Instagramable, Ini Manfaat Lain Vertical Garden

Arsitektur dan Interior

9 Tips Merancang Rumah Minimalis

Arsitektur dan Interior

5 Jenis Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruangan

Arsitektur dan Interior

Tips dan Trik Menata Ruangan Sempit

Arsitektur dan Interior

3 Ide Kreatif Dekorasi Kamar Kos untuk Anak Kuliah

Arsitektur dan Interior

Belajar Desain Rumah lewat The Sims

Arsitektur dan Interior

Mengenal Arsitektur Brutalisme

Arsitektur dan Interior

Anti Gerah dengan Desain Rumah Tropis

            Artikel Selanjutnya