Inspirasi Arsitektur Tropis: Cantiknya Pesona Desain Rumah Mediterania

Dibaca Normal: 3 menit aja
Desain rumah mediterania

Kalau kamu adalah penggemar hunian yang mengedepankan gaya dan kenyamanan paripurna, inspirasi desain rumah Mediterania berikut bisa jadi referensi yang tepat untuk membantumu dalam mendekorasi ulang dan merancang rumah impian.

Rumah bergaya Mediterania terkenal akan arsitekturnya yang unik dan khas dengan banyak aksen mewah pada setiap pelosok bangunan. Mulai dari eksteriornya yang terlihat simpel dan kokoh, sampai ke interior yang super nyaman. Kamu pasti betah berlama-lama menghabiskan waktu bersantai di dalam rumah.

Inspirasi desain rumah Mediterania sendiri merupakan hasil perpaduan antara beberapa gaya arsitektur dari wilayah Eropa yaitu Spanyol dan Italia. Gabungan kedua gaya arsitektur tersebut berkembang di negara-negara bagian selatan Amerika Serikat seperti Florida dan California pada era kolonial dulu.

Itulah mengapa kamu dapat menemukan banyak elemen desain arsitektur pada rumah Mediterania yang mirip dengan bangunan-bangunan di Spanyol dan Italia, GenK. Desain Mediterania sendiri berfokus pada bangunan yang nyaman dan cocok untuk iklim tropis, khususnya di daerah pesisir pantai.

Nah, di artikel kali ini, kami akan akan mengupas tuntas gaya desain rumah Mediterania yang bisa kamu jadikan sumber inspirasi untuk membuat membuat rumah idaman.

1. Besar dan Lega

Desain rumah mediterania 1

Jendela di sekeliling rumah sengaja dibuat rendah untuk memudahkan aliran udara masuk (sumber: homedit.com)

Ciri khas utama yang paling menonjol dari rumah Mediterania adalah pada kesan besar dan lega yang ditampilkan dari setiap bagian bangunannya. Hal tersebut tentunya tak lepas dari desain interiornya yang sengaja dibuat luas, agar aliran udara di dalam rumah dapat mengalir dengan lancar, GenK.

Untuk mendukung suplai udara yang baik, jendela-jendela kaca ditempatkan secara strategis mengelilingi seluruh bagian bangunan. Hal tersebut dilakukan supaya suhu di dalam rumah bisa tetap terjaga. Bukan hanya itu, penggunaan banyak jendela juga memberikan sumber pencahayaan alami yang memberikan kesan hangat pada hunian. 儭

Baca Juga
8 Cara Mendesain Ruang Tamu Minimalis Yang Mudah Dipraktikkan

2. Tempat Tidur Cantik

Desain rumah mediterania 2

Nuansa tone warna netral dengan aksen kayu mendominasi kamar tidur (sumber: homedesignlover.com)

Saat kamu bertandang ke rumah bergaya arsitektur Mediterania, cobalah untuk menyempatkan diri melihat ke bagian kamar tidurnya, GenK. Kamu akan menemukan tempat tidur cantik berbahan kayu dengan ukuran besar yang menjadi primadona utama ruangan.

Kesan mewah yang terlihat dari kilap warna ranjang kayu turut dipercantik dengan balutan aksesoris seperti bantal, selimut, dan lampu dalam tone netral serta aksen warna cerah. Kamu juga dapat menambahkan kipas atau lampu gantung untuk memberikan kesan yang semakin klasik pada kamar tidur.

3. Halaman Rumah Mediterania

Desain rumah mediterania 3

Halaman yang luas menambah kesan megah pada rumah (sumber: homedit.com)

Hamparan permadani rumput hijau yang tertata rapi akan menyambutmu sebelum masuk ke dalam rumah bergaya Mediterania. Pekarangan rumah yang luas menjadi salah satu ciri khas unik lainnya yang dapat kamu temukan saat berkunjung ke rumah yang menggunakan gaya arsitektur ini, GenK.

Kesan bangunan yang luas dan megah bisa didapatkan dari pemanfaatan halaman rumah yang optimal. Trik yang bisa kamu coba adalah dengan menanam rumput taman di halaman yang dikombinasikan dengan pembuatan jalan setapak kecil mulai dari gerbang masuk sampai ke pintu rumah.

Baca Juga
10 Jenis Kursi yang Cocok untuk Beragam Kebutuhan Ruangan

4. Desain Rumah untuk Iklim Tropis

Desain rumah mediterania 4

Langit-langit dibuat tinggi untuk memudahkan aliran udara yang masuk ke dalam rumah (sumber: ofdesign.net)

Dasar perancangan arsitektur Mediterania berpaku pada lokasi geografis berkembangnya hunian yang satu ini, yaitu di daerah dengan iklim tropis.

Selain memberikan jendela di sekitar bangunan, langit-langit rumah juga sengaja dibuat tinggi. Material utama berupa kayu dipilih karena kemampuannya dalam menyerap panas di siang hari.

Sementara untuk eksteriornya, tembok rumah biasanya dibuat dengan memakai bahan berupa semen, genteng tanah liat, serta fasad yang luas dan simetris.

Selain rumah bergaya Mediterania, buat yang suka dengan gaya arsitektur Cina, kamu bisa langsung menyimak pembahasannya di artikel sebelumnya untuk jadi bahan referensimu, GenK. Semoga bermanfaat!

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Arsitektur dan Interior

6 Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Ruangan

Arsitektur dan Interior

8 Tahap Cara Membuat Denah Rumah untuk Pemula

Arsitektur dan Interior

10 Jenis Kursi yang Cocok untuk Beragam Kebutuhan Ruangan

Arsitektur dan Interior

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah dan Murah

            Thank u, next!