10 Jenis Kursi yang Cocok untuk Beragam Kebutuhan Ruangan

Dibaca Normal: 5 menit aja
Jenis kursi

Kalau ada satu furnitur yang pasti kamu temukan di setiap rumah, jawabannya adalah kursi. Benda yang satu ini punya banyak fungsi sesuai dengan kebutuhan dan tempat penggunaannya loh. Yuk kenal macam-macam jenis kursi yang cocok untuk berbagai ruangan.

Berbagai jenis kursi pada umumnya dapat dibedakan sesuai dengan tempat dan fungsinya masing-masing. Ada jenis kursi kantor untuk kebutuhan di tempat kerja dengan fitur pengatur ketinggian dan juga roda khasnya. Dining chair untuk menopang posisi saat kamu sedang bersantap, sampai sofa untuk bersantai ria di rumah.

Memilih kursi yang tepat untuk setiap suasana akan membuatmu jadi lebih nyaman dalam beraktivitas dan menikmati waktu terbaik bersama orang-orang terdekat. Nah, dia artikel berikut, kamu dapat menemukan macam-macam jenis kursi yang pas untuk melengkapi berbagai kebutuhan ruanganmu, GenK.

1. Armchair

Jenis kursi 1

Armchair (sumber: argos.co.uk)

Sebuah pepatah pernah mengatakan Fungsi sebuah kursi bukan hanya untuk duduk, tapi juga sebagai media untuk mengekpresikan diri. Armchair menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan sentuhan personal di berbagai ruangan yang kamu inginkan.

Sesuai namanya, jenis kursi yang satu ini memiliki sandaran tangan pada bagian kiri dan kanan, serta didesain khusus untuk tempat duduk satu orang atau single chair, GenK.

2. Wingback chair

Jenis kursi 2

Wingback chair (sumber: potterbarn.com)

Jenis kursi klasik yang dahulu kala dikenal sebagai tempat duduknya para bangsawan ini punya ciri khas pada bagian sandarannya yang menonjol keluar bak sepasang sayap. Wingback chair dapat dimanfaatkan untuk beragam keperluan. Mulai dari tempat membaca koran di pagi hari atau sekadar menikmati secangkir teh saat menjelang petang. 儭

3. Sofa

Jenis kursi 3

Kursi sofa (sumber: article.com)

Bicara soal tempat duduk yang nyaman untuk bersantai menghabiskan waktu, sofa selalu jadi pilihan terbaik yang cocok untuk setiap suasana, GenK. Jenis kursi yang satu ini pada umumnya dibuat dengan mengutamakan kenyamanan penggunanya.

Maka dari itu, material berupa busa lembut digunakan untuk menunjang beban saat kamu duduk di atas sofa. Nah, kalau kamu sedang bingung memilih sofa yang cocok untuk ruangan minimalis, jangan lupa untuk menyimak artikel kami sebelumnya untuk dijadikan bahan referensimu.

Baca Juga
Anti Gerah dengan Desain Rumah Tropis

4. Kursi Goyang

Jenis kursi 4

Kursi goyang (sumber: jurnia.com.eg)

Kalau kamu sering menonton film horor, adegan kursi goyang yang bergerak di sebuah rumah angker pasti tidak asing lagi. 膈enis kursi ini memang menjadi furnitur favorit para filmmaker untuk memberikan kesan seram dengan suara decitannya yang khas.

Kursi goyang punya dua buah kaki penopang yang memanjang dan membentuk lengkungan untuk memberikan gerakan maju mundur saat kamu sedang duduk, GenK.

5. Office Chair atau Kursi Kantor

Tempat duduk unik 1

Kursi kantor (sumber: jysk.com)

Lanjut ke jenis kursi kantor yang khusus dibuat untuk memenuhi kebutuhan para pekerja nih. Fitur khas yang membedakan jenis kursi kantor dengan kursi lainnya adalah pada bahan pembuatnya yang didominasi oleh besi serta fitur roda dan pengatur ketinggiannya.

Kedua fungsi tersebut sengaja dibuat untuk mendukung keperluan para pekerja dengan mobilitas yang tinggi. Desain kursi kantor juga dibuat secara ergonomis agar nyaman dipakai dalam durasi yang lama.

6. Kursi Makan atau Dining Chair

Tempat duduk unik 2

Dining chair (sumber: harveynorman.io)

Dining chair merupakan jenis kursi yang dirancang untuk menemani kamu saat sedang bersantap, GenK. Kursi makan pada umumnya dibuat tanpa menggunakan sandaran lengan agar bisa pas dan tidak terlalu memakan tempat saat dipasangkan dengan meja makan. Bahan pembuat kursi makan juga bervariasi, mulai dari kayu, besi, sampai plastik loh.

Baca Juga
5 Jenis Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruangan

7. Bar Stool

Tempat duduk unik 3

Bar stool (sumber: finishdesignshop.com)

Kalau tadi ada dining chair untuk jadi singgasanamu saat makan, jenis kursi bar stool punya fungsi yang lebih spesifik nih. Hayo, pasti sudah bisa ketebak dong dari namanya. Yap, bar stool merupakan kursi khusus yang ditempatkan di meja bar atau area pantry, GenK.

Bar stool memiliki kaki penopang yang dibuat tinggi untuk memudahkan penggunanya meraih santapan yang tersaji di atas meja bar atau dapur.

8. Foot Stool

Tempat duduk unik 4

Foot stool (sumber: habitat.co.uk)

Duduk sambil bersantai membaca koran di sofa akan paling enak sambil minum kopi atau teh, dengan punggung bersandar, dan kaki selonjoran di atas kursi.儭 Foot stool adalah furnitur yang punya tugas tersebut nih.

Bentuknya yang mungil dengan bantalan empuk dan tinggi yang minimalis, membuat kursi ini cocok dijadikan furnitur pelengkap untuk menambah kenyamananmu saat sedang beristirahat di atas kursi kesayangan.

9. Kursi Lipat

Furnitur ruangan 1

Kursi lipat (sumber: habitat.co.uk)

Apa pun acaranya, mau itu kondangan tetangga, ulang tahun teman kuliah, sampai bangku pesta pelepasan alumni, kamu pasti pernah merasakan duduk di kursi yang satu ini, GenK.

Kursi lipat punya fungsi yang serbaguna dan didesain secara portabel pada bagian kerangkanya, sehingga dapat dilipat dan mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Baca Juga
Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah dan Murah

10. Recliner Chair

Furnitur ruangan 2

Recliner chair (sumber: indiamart.com)

Kursi yang satu ini punya fitur kece yang menjadikannya lebih istimewa dari jenis kursi lainnya. Keunggulan utama yang ditawarkan oleh recliner chair tak lain dan tak bukan adalah pada fitur recliner atau pengatur sandaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunannya.

Pada awalnya, recliner chair dirancang khusus untuk membantu mempermudah orang tua atau para penyandang disabilitas yang sering kesulitan untuk berdiri setelah duduk. Fungsi recliner pada kursi ini terbagi atas yang manual dengan bantuan tuas dan otomatis dengan menggunakan tombol, GenK.

Itu dia tadi jenis-jenis kursi yang bisa kamu jadikan referensi untuk berbagai ruangan di rumah. Bukan hanya dari pemilihan kursi, hunian yang nyaman juga bisa kamu dapatkan dengan pencahayaan rumah yang baik loh. Cus disimak tips dan triknya di artikel kami sebelumnya, GenK.

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Arsitektur dan Interior

6 Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Ruangan

Arsitektur dan Interior

Inspirasi Arsitektur Tropis: Cantiknya Pesona Desain Rumah Mediterania

Arsitektur dan Interior

8 Tahap Cara Membuat Denah Rumah untuk Pemula

Arsitektur dan Interior

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah dan Murah

            Thank u, next!