5 Jenis Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruangan

Dibaca Normal: 6 menit aja
jenis tanaman hias

Slider
Slider
Slider

Pada dasarnya, segala jenis tanaman yang sengaja ditanam untuk menghias ruangan, taman, kebun, atau digunakan untuk kerajinan dari bunga termasuk tanaman hias. Makanya, jenis tanaman hias yang bisa kamu pilih sebetulnya ada banyak. Mulai dari yang ukuran kecil sampai ukuran besar.

Namun, ada beberapa tanaman yang memang identik sebagai penghias. Nah, di artikel kali ini kami akan memberi beberapa rekomendasinya. Yang harus kamu ingat, GenK, pilihlah tanaman yang memiliki keindahan warna dan bentuk yang unik. Langsung saja, yuk, intip beberapa rekomendasi tanaman hias yang bisa digunakan untuk mempercantik rumahmu!

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Monstera

jenis tanaman hias monstera

             Monstera (Sumber: unsplash.com)

Tanaman hias yang pertama adalah Monstera yang merupakan jenis tanaman tropis yang berasal dari hutan di wilayah Meksiko dan Guatemala. Kini Monstera menjadi tren di kalangan anak muda. Buat kamu yang gemar membuat foto estetik dalam rumah, mungkin pernah menggunakan tanaman ini sebagai properti foto. Selain untuk properti foto, tanaman ini kerap digunakan sebagai dekorasi rumah atau bangunan yang menerapkan gaya minimalis dan skandinavia sebagai konsep interiornya. 🥰

Dari segi bentuk, Monstera memiliki daun lebar yang berbentuk hati. Di permukaan daunnya terdapat lubang-lubang. Ini merupakan salah satu hal yang menarik dan yang dicari-cari oleh semua orang. Oh ya, daun Monstera juga memiliki warna hijau yang mengkilap. Dari warna hijau itulah Monstera mampu membawa atmosfer sejuk dan basah ala hutan tropis ke dalam ruangan kamu, GenK.

Cara merawat tanaman ini tergolong cukup mudah. Bila umumnya tanaman tropis memerlukan cahaya matahari untuk berfotosintesis, lain halnya dengan Monstera. Tanaman ini bisa tumbuh di ruangan dengan kondisi cahaya minim. Selain itu, jenis tanaman hias satu ini juga bisa tumbuh di tempat yang memiliki mesin pendingin ruangan. Akan tetapi pertumbuhannya jadi lebih lambat.

Baca Juga
Inspirasi Arsitektur Tropis: Cantiknya Pesona Desain Rumah Mediterania

Eh, tapi tenang saja, GenK, pertumbuhan yang lambat menyebabkan warna daun Monstera menjadi lebih pekat. Tampilannya akan lebih indah dibandingkan saat tumbuh di luar ruangan. Kamu bisa meletakkannya di sudut rumah, ruang tamu, dan ruang keluarga. Atau mungkin kamu ingin membuat selfie corner di rumah? Tidak ada salahnya menggunakan Monstera sebagai properti foto agar terlihat kekinian.

Kaktus

jenis tanaman hias

        Kaktus (Sumber: unsplash.com)

Salah satu jenis tanaman hias yang populer di kalangan anak muda adalah tanaman kaktus. Ternyata tanaman khas gurun pasir ini bisa digunakan untuk mempercantik ruangan loh. Jenis kaktus yang kerap kali menjadi pilihan masyarakat adalah sukulen.

Sebenarnya, sukulen bukanlah nama family tumbuhan, melainkan istilah untuk tumbuhan yang dapat menyerap dan menyimpan air di dalam batang. Maka dari itu semua kaktus termasuk tanaman sukulen, tetapi tidak semua sukulen merupakan kaktus. 

Kaktus tidak memerlukan banyak air untuk hidup, sehingga cara merawatnya terbilang susah-susah gampang. Makanya kamu harus tetap hati-hati agar kaktus milikmu tidak cepat mati, GenK. Sebagai ganti air, kaktus memerlukan banyak cahaya matahari. Nah, artinya, kamu perlu memilih lokasi yang tepat untuk meletakkan kaktus.

Namun, untuk tiga atau lima hari pertama pemeliharaan, jangan sampai kaktus terkena cahaya matahari secara langsung. Tanaman ini butuh waktu agar bisa beradaptasi di lingkungan baru, GenK. Selain itu gunakan pot yang memiliki lubang untuk drainase alias tempat penyaluran air agar tidak menggenang. Kalau kamu merawatnya dengan benar, kemungkinan besar kaktus milikmu bisa bertahan hidup lebih lama.

Baca Juga
Mengenal Arsitektur Brutalisme

Jadikan suasana rumahmu lebih tropis dengan tanaman kaktus. Jika kamu tertarik memilih kaktus sebagai jenis tanaman hias di rumah, kamu bisa membelinya di toko tanaman, toko perabotan dan dekorasi rumah, bahkan supermarket. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan luas ruangan. Kaktus yang berukuran tinggi besar bisa kamu letakkan di sudut-sudut teras, ruang tamu, dan kamar. Kaktus juga bisa ditata dekat jendela loh, GenK.

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Arsitektur & Interior

Kombinasi Warna Cat Rumah Modern, Pas Buat Kamu yang Hobi Foto-Foto Cantik

Arsitektur & Interior

Anti Gerah dengan Desain Rumah Tropis

Arsitektur & Interior

Membangun Rumah di Lahan Sempit? Begini Caranya

Arsitektur & Interior

6 Gaya Interior Kamar Tidur Terkece untuk Anak Milenial

Arsitektur & Interior

Bocorkan Rahasia Investasi Sukses untuk Anak Muda Bareng Rivan Kurniawan

Arsitektur & Interior

Mengenal Arsitektur Brutalisme

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link