Tips dan Trik Menata Ruangan Sempit

Dibaca Normal: 5 menit aja
Tips menata ruang sempit

Kamu yang tinggal di wilayah kota padat penduduk pasti pernah mengalami permasalahan tempat tinggal yang sempit. Memiliki rumah atau kamar kos sempit membuat kamu harus pintar-pintar bersiasat. Agar tidak terlihat sumpek, kamu bisa menyiasati dengan menata ruangan sempit.

Slider
Slider
Slider

Menata ruangan yang sempit terbilang tricky. Kamu harus memutar otak agar memberi ilusi luas. Dalam hal ini kamu perlu memilih furnitur, dekorasi, dan aksesoris yang bisa diaplikasikan di ruangan sempit. Untuk menjawab permasalahan ini, kami memiliki beberapa tips dan trik menata ruangan sempit yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan ruangan agar terlihat lebih luas. Apa saja sih? Yuk kita bahas satu-satu, GenK!

Gunakan Warna Cerah

Kala memasuki suatu ruangan, yang pertama kali langsung kamu lihat mungkin cat ruangan tersebut. Warna cat dinding ruangan yang kamu pilih bisa menentukan suasana kamar. Dalam menata ruangan yang sempit, kamu bisa menggunakan warna cerah. Warna cerah bisa membuat ruang sempit terkesan lebih luas dan tidak sumpek.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Tips menata ruang sempitIlustrasi ruangan sempit (sumber: unsplash.com)

Ada beberapa warna cerah yang direkomendasikan para ahli arsitektur dan interior yang bisa kamu aplikasikan, seperti putih dan abu-abu. Perpaduan putih dan abu-abu memang warna yang tidak akan ditelan zaman. Perpaduan warna ini biasa digunakan untuk ruangan bergaya modern maupun klasik. Apalagi sekarang anak milenial lebih tertarik dengan warna simpel yang estetis. Selain estetis, perpaduan warna ini bisa mempermudah kamu untuk memilih furnitur dan aksesori ruangan.

Selain itu, warna pastel juga bisa jadi pilihan kamu. Warna pastel adalah warna yang lebih mengarah ke warna muda dari suatu jenis warna. Setiap warna yang dibuat lebih terang, maka akan dikategorikan sebagai warna pastel. Dengan menggunakan warna ini pada ruangan, maka akan memberi kesan simpel namun segar. Contoh warna pastel yang bisa kamu aplikasikan di ruang sempit adalah warna krem, biru muda, salem, dan turquoise.

Baca Juga
3 Ide Kreatif Dekorasi Kamar Kos untuk Anak Kuliah

Pilihan warna cerah tidak hanya bisa diterapkan pada cat dinding. Kamu  juga bisa gunakan warna itu saat memilih furnitur dan aksesoris. Padu padankan warna cat dinding dan furnitur untuk menata ruang sempit sehingga terlihat lebih luas.

Pasang Cermin di Dinding

Dulu cermin hanya digunakan untuk berhias diri. Sekarang cermin banyak digunakan untuk membuat ilusi ruang. Ini cocok menjadi trik untuk menata ruang sempit, GenK.

Tips menata ruang sempit Pemasangan cermin dinding ada ruangan sempit (sumber: pixabay.com)

Trik memasang cermin di dinding bisa jadi salah satu pilihan untuk menyiasati ruang sempit. Untuk menata ruangan sempit, kamu bisa gantung beberapa cermin. Ukuran cermin bisa disesuaikan dengan luas ruangan. Bila cermin terlalu kecil, ilusi kesan ruang lebih luas tidak akan berhasil. Namun jangan terlalu besar juga, karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Kamu bisa menggunakan cermin dengan ukuran ideal tiga per empat dari luas dinding.

Bingkai cermin bisa kamu kreasikan agar senada dengan interior ruangan. Cara ini juga sering kamu lihat di kafe yang beruangan minim. Dengan memasang cermin di dinding, ruang kafe tersebut akan terlihat lebih luas.

Menggabungkan Ruangan

Trik ini sering kita jumpai di beberapa tempat, seperti rumah, kafe, dan kantor. Pintu atau dinding yang menjadi pemisah antara ruang satu dengan ruang lainnya akan dihilangkan untuk menggabung kedua ruangan tersebut. Tidak adanya pemisah ruangan akan menciptakan ilusi ruang yang lebih luas.

Tips menata ruang sempitMenghubungkan ruangan bisa jadi trik menciptakan kesan luas di ruangan sempit (sumber: unsplash.com)

Jika sudah tidak ada pemisah di antara ruangan, kamu bisa mengganti pintu atau dinding dengan sekat. Penggunaan sekat yang masuk dalam kategori terjangkau akan membuat ruangan lebih memiliki struktur. Selain itu sekat juga bisa mempermudah akses antar ruang sehingga lebih ideal digunakan untuk ruang sempit.

Tidak ada salahnya untuk menambahkan aksesoris di sekat ruangan. Kamu bisa memilih aksesoris untuk mendekorasi ruangan agar terlihat lebih hidup dan tidak kaku. Aksesoris yang bisa kamu gunakan seperti bingkai foto, lukisan, atau jam.

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Arsitektur & Interior

Tips & Trik Wujudkan Rumah Mungil dengan Desain Skandinavia

Arsitektur & Interior

Mengenal Eloknya Gaya Arsitektur Oriental Negeri Tirai Bambu

Arsitektur & Interior

5 Tips Pencahayaan Rumah untuk Hunian yang Lebih Nyaman

Arsitektur & Interior

Kombinasi Warna Cat Rumah Modern, Pas Buat Kamu yang Hobi Foto-Foto Cantik

Arsitektur & Interior

5 Ide Simple Bikin Partisi Ruangan Minimalis Idaman, Cobain Sekarang!

Arsitektur & Interior

Inspiring! Desain Kamar Mandi Minimalis Terbaik untuk Kamu Coba

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link