10 Fitur Klasik Rumah Jepang yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Dibaca Normal: 5 menit aja
rumah jepang

Konnichiwa minna-san! Siapa yang tertarik untuk punya rumah Jepang bak yang sering muncul di berbagai seri anime? Pastinya banyak dong. Nah, buat kamu yang mengidamkan desain rumah minimalis ala Negeri Bunga Sakura, coba simak fitur-fitur klasik rumah gaya Jepang yang bisa dijadikan inspirasi.

Gaya arsitektur dan interior rumah Jepang memiliki banyak ciri khas dan fitur-fitur unik yang menjadikannya berbeda dengan gaya desain rumah lainnya. Konsep arsitektur yang sederhana dan penuh dengan nuansa alam menjadi elemen yang paling menonjol dari desain rumah Jepang.

Jika kamu telah membaca artikel kami sebelumnya tentang gaya arsitektur oriental khas Cina, kamu akan menemukan banyak komponen yang sekilas mirip pada desain rumah Jepang, GenK. Kemiripan yang ada terbilang wajar, mengingat gaya arsitektur Negeri Tirai Bambu tersebut memang dijadikan inspirasi untuk desain rumah Jepang yang dikenal saat ini.

Arsitektur Jepang (交砍遣蝭 Nihon kenchiku) secara tradisional dikenal dengan penggunaan struktur kayu yang dominan di seluruh bagian bangunan, fondasi sedikit di atas permukaan tanah, dan penggunaan atap ubin. Bukan hanya itu, sejarah dan budaya Jepang juga terwujud melalui berbagai fitur-fitur arsitektur dan interior rumah, seperti yang kami rangkum di bawah.

1. Shoji

Rumah jepang 1

Shoji (sumber: shojidesigns.com)

Rumah tradisional Jepang punya ciri khas unik pada dinding interior dan eksteriornya. Jika kebanyakan struktur rumah yang kamu temui menggunakan tembok berbahan beton, bata, atau kayu, berbeda halnya dengan Jepang yang memanfaatkan metode khusus dengan media shoji.

Shoji merupakan panel geser yang terbuat dari kertas transparan (shoji paper) yang dipasang pada kerangka kayu. Penggunaan kertas transparan pada shoji ini membuat cahaya dan bayangan dapat dengan mudah menembus pintu dan terlihat dari dalam dan luar ruangan.

2. Tatami

Rumah jepang 2

Tatami (sumber: amazon.com)

Untuk urusan lantai, tidak ada fitur lain yang lebih tersohor dan wajib digunakan di setiap rumah Jepang selain tatami. Benda yang satu ini merupakan matras kayu yang terbuat dari bahan jerami padi dan berfungsi sebagai pengganti karpet dan alas lantai.

Tatami merupakan representasi elemen tradisional Jepang sebagai penggambaran masyarakat Jepang yang gemar duduk dan tidur di atas lantai. Karena terbuat dari material jerami tadi, tatami akan terasa lembut saat dipijak dan punya wangi yang enak ketika masih baru.

Baca Juga
Mengenal Eloknya Gaya Arsitektur Oriental Negeri Tirai Bambu

3. Fusuma

Rumah jepang 3

Fusuma (sumber: japanese-tradition.com)

Selain shoji, penggunaan fusuma juga banyak dimanfaatkan sebagai tembok dan dinding pembatas antara ruangan dalam sebuah rumah. Layaknya shoji, fusuma dapat digeser dengan menggunakan jeruji kayu pada bagian atas dan bawahnya.

Perbedaan antara fusuma dan shoji terletak pada bahan pembuatnya, GenK. Fusuma memiliki daya tahan yang lebih kuat dibanding shoji karena terbuat dari gabungan antara kayu, kardus, dan kertas. Permukaan fusuma juga sering dilukis dengan gambar pemandangan atau figur binatang.

4. Wagoya

Rumah jepang 4

Wagoya (sumber: japan-talk.com)

Selain fitur-fitur interior rumah yang unik dan menarik, arsitektur Jepang juga punya teknik konstruksi khusus yang disebut wagoya. Penggunaan elemen kayu yang kental pada atap rumah disatupadukan tanpa menggunakan paku sama sekali loh.

Teknik wagoya sering dipakai dalam konstruksi rumah tradisional Jepang dan jenis bangunan besar lainnya. Persendian kayu yang kompleks disusun sedemikian rupa untuk membentuk kerangka atap yang kemudian disatukan dengan menggunakan tali, GenK.

Baca Juga
5 Macam Model Atap Rumah yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Arsitektur & Interior

Inspirasi Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Arsitektur & Interior

4 Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis ala Milenial

Arsitektur & Interior

5 Macam Model Atap Rumah yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Arsitektur & Interior

5 Jenis Atap Rumah Paling Populer untuk Hunian

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link