Mengenal Berbagai Macam Karakteristik Rumah Minimalis

Dibaca Normal: 4 menit aja
Feature image

Tren rumah minimalis dalam beberapa waktu belakangan terus mengalami peningkatan yang signifikan. Banyak orang yang tertarik untuk membuat hunian idaman dengan menggunakan desain rumah minimalis yang punya cita rasa modern dan juga estetik.

Melonjaknya harga properti, khususnya di wilayah perkotaan menjadi salah satu alasan banyak orang yang mulai melirik gaya desain arsitektur yang satu ini, GenK. Konsep rumah minimalis menekankan pada kesederhanaan dalam setiap elemen desain dan fungsinya.

Hal tersebut tentu saja cukup berbeda jika dibandingkan dengan gaya arsitektur rumah mediterania misalnya, yang memang mengedepankan kemewahan serta berbagai dukungan elemen kompleks pada desainnya.

Syahrini

Berbagai komponen penyusun dalam gaya arsitektur rumah minimalis pada dasarnya berfokus pada pemanfaatan ruang dan furnitur yang optimal agar menghasilkan nuansa yang lega dan nyaman bagi para penghuninya. 五 Tak ketinggalan tentunya unsur estetika pada luar dan dalam bangunan.

Layaknya gaya arsitektur lain, rumah minimalis pun punya karakteristik dan ciri khas tersendiri yang mesti kamu tahu saat ingin memakai konsep yang satu ini. Yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini, GenK!

1. Simpel Dalam Bentuk dan Fungsinya

Rumah minimalis 1

Contoh denah rumah minimalis (sumber: casaindonesia.com)

Elemen pertama yang menjadi dasar pembuatan rumah minimalis adalah pada denahnya yang dirancang sesimpel dan seefisien mungkin. Eits, tapi bukan sembarangan sederhana loh yah. 儭

Bentuk dan elemen rumah dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan dari sang pengguna, dengan memanfaatkan setiap sudut ruangan dengan efektif tanpa ada penambahan elemen yang tidak diperlukan.

Pembuatan denah disesuaikan dengan menyederhanakan rancangan ruang agar lebih mudah diprediksi dan pastinya jauh lebih praktis dibanding rancangan denah rumah biasanya.

Floor plan dibuat dengan konsep yang terbuka dan simpel dengan penggunaan dinding interior yang cukup minimalis, tempat penyimpanan yang fungsional, serta penekanan pada tampilan keseluruhan yang luas dan lega.

Untuk itulah, kamu tidak akan menemukan banyak elemen garis, lekuk, dan bentuk-bentuk rumit dan kompleks lainnya pada desain rumah minimalis, GenK. Baik dari segi interior maupun eksteriornya.

Baca Juga
Inspirasi Arsitektur Tropis: Cantiknya Pesona Desain Rumah Mediterania

2. Ruangan Terbuka dengan Pencahayaan Paripurna

Rumah minimalis 2

Cahaya alami pada interior dalam rumah (sumber: yr-architecture.com)

Seperti yang baru saja dibahas, denah rumah minimalis dibuat dengan mengoptimalkan penggunaan ruang tanpa adanya elemen dekorasi yang tidak diperlukan. Hal ini kemudian menghasilkan tampilan yang seakan menyatu pada beberapa ruangan rumah.

Misalnya pada ruang tamu dan ruang makan yang dapat dibuat tanpa perlu memakai sekat untuk menghemat tempat. Hasilnya, kamu tidak hanya akan mendapatkan area yang lebih luas secara keseluruhan tapi juga lebih terang. 儭

Sistem pencahayaan alami bisa kamu dapatkan dari sinar mentari di siang hari yang masuk dan menjangkau banyak area rumah tanpa terhalang berbagai perabotan, GenK.

Buat kamu yang masih bingung mencari tips pencahayaan rumah yang oke, langsung aja intip artikel kami sebelumnya. Dijamin bikin kamu makin betah berlama-lama di rumah.

3. Dekorasi Rumah Minimalis

Rumah minimalis 3

Ruangan jadi terasa lebih luas dan lega karena minim dekorasi (sumber: mydomaine.com)

Pemaksimalan fungsi suatu ruangan dalam rumah minimalis bisa tercapai karena pemanfaatan perabotan yang efektif. Artinya, penggunaan dekorasi diusahakan seminimal mungkin, apalagi kalau yang fungsinya hanya sebagai hiasan semata.

Daripada memakai pajangan atau berbagai pernak-pernik, kamu dapat menggunakan furnitur bertekstur untuk menambah kesan visual yang lebih estetik. Jadi bukan bermain pada kuantitas barang, GenK, tapi lebih ke elemen penyusunnya.

Nah, perabotan atau lantai dari bahan kayu merupakan contoh pilihan material yang tepat untuk melengkapi desain interior rumah minimalis. Ruangan pun akan terasa lebih lega dan pastinya makin nyaman.

Baca Juga
10 Jenis Kursi yang Cocok untuk Beragam Kebutuhan Ruangan

4. Pemilihan Warna Cat Rumah Minimalis

Rumah minimalis 4

Warna monokromatik menjadi ciri khas konsep rumah minimalis (sumber: freshome.com)

Berbicara soal gaya arsitektur tentu tak lengkap tanpa membahas pemilihan cat untuk desain interior rumah minimalis dong. Sesuai namanya, konsep minimalis juga mengutamakan pada pemakaian warna-warna yang sederhana atau secara spesifik, monokromatik. 梗劾喉

Pemilihan palet warna monokromatik yang terdiri dari beberapa rona dan color tone bertujuan untuk menghasilkan nuansa yang tenang dan cocok untuk melengkapi berbagai elemen desain rumah lainnya.

Bukan hanya pas dengan keseluruhan tampilan rumah, acara mendekor pun bakalan jadi lebih mudah dengan penggunaan cat warna monokromatik. Jadi gak perlu repot-repot untuk menyesuaikan warna furnitur dengan dinding atau ruangan, GenK.

Warna kromatik seperti putih atau rona warna natural lainnya juga akan memberikan kesan yang bersih dan luas pada bangunan. Cocok banget diterapin buat kamu yang punya ruangan berukuran kecil nih.

Nah, kalau kamu punya rencana membangun hunian idaman, beberapa karakteristik rumah minimalis di atas bisa jadi referensi yang oke, GenK. Semoga bermanfaat!


Simpulan

Setelah membaca artikel ini, kamu jadi tahu lebih banyak tentang berbagai karakteristik rumah minimais. Sebagai sebuah creative content platform, kreativv ID berkomitmen untuk menyediakan konten-konten berkualitas dari berbagai topik di industri kreatif untuk para pembaca setia.

Buat kamu yang ingin terus update dengan tren terkini di industri kreatif, kunjungi terus blog kami dan subscribe ke newsletter untuk konten terbaik langsung ke emailmu.

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Arsitektur & Interior

4 Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis ala Milenial

Arsitektur & Interior

5 Macam Model Atap Rumah yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Arsitektur & Interior

5 Jenis Atap Rumah Paling Populer untuk Hunian

Arsitektur & Interior

6 Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Ruangan

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link