Tips & Trik Wujudkan Rumah Mungil dengan Desain Skandinavia

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
desain rumah mungil skandinavia

Mendesain rumah sesuai keinginan memiliki bukan hanya bikin nyaman, melainkan juga dapat membuat keluarga jadi lebih hangat dan bisa beristirahat secara maksimal ketika berada di rumah, tanpa gangguan apapun. Nah, kini seiring berkembangnya zaman, tipe atau jenis desain interior rumah pun sangat bervariasi. Mulai dari minimalis, vintage, dan lain sebagainya. Salah satu desain rumah yang kini sering jadi pilihan adalah desain rumah mungil Skandinavia.

Desain rumah Skandinavia memang terinspirasi dari negara-negara Skandinavia, yaitu Norwegia, Finlandia, Islandia, Denmark, dan Swedia.

Bisa dikatakan bahwa warga dari negara-negara yang ada di semenanjung Skandinavia dikenal dengan kecintaan mereka kepada hutan, danau dan alam. Mereka begitu menghargai dan selalu berupaya untuk mewujudkan gaya hidup yang selaras dengan alam.

Rakyat Skandinavia sendiri memiliki pandangan hidup yang “pas-pasan” atau hidup yang sesederhana mungkin, sehingga membuat mereka merasa cukup dan selalu bersyukur dengan apa yang telah mereka miliki. Selain itu mereka juga akan terus berusaha menjaga apa yang sudah dimiliki.

Nah, bagi kamu yang suka dengan kesederhanaan dan mencintai kekayaan alam, desain rumah ala Skandinavia sangat cocok untuk kamu terapkan. Untuk ciptakan hunian atau rumah Skandinavia ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Berikut adalah beberapa tips & trik untuk wujudkan rumah mungil dengan desain Skandinavia.

1. Menentukan Gaya Hunian

Rumah Mungil Scandinavian 1

Sumber: hips.hearstapps.com

Saat mendekorasi rumah impian, pastinya kamu akan mencari berbagai referensi desain rumah. Baik untuk ruangan indoor maupun outdoor.

Karakter dan gaya dari setiap penghuni di rumah pastinya berbeda-beda, tetapi kamu harus menentukan tipe desain utama dari rumahmu. Menyatukan karakter para penghuni di rumah memang susah susah gampang, namun ada baiknya kamu mendiskusikan terlebih dahulu desain apa yang memang cocok untuk semua penghuni rumah.

Contohnya pemilihan pada desain rumah Skandinavia. Dengan memilih desain rumah satu ini berarti kamu memiliki karakter yang sederhana, simple, dan menyukai warna-warna alam.

Baca Juga   Membuat Hutan Dalam Ruangan dengan Dekorasi Rumah Urban Jungle

Skandinavia dicirikan oleh sentuhan desain dengan warna-warna hangat seperti cokelat, putih, dan kuning. Gaya hunian Skandinavia ini juga bisa kamu wujudkan dengan berbagai pemilihan perabotan berbahan dasar logam dan kayu, GenK. Kedua jenis bahan perabotan tersebut dapat menegaskan karakter desain pada rumah hunianmu.

2. Gunakan Furnitur yang Fungsional

Rumah Mungil Scandinavian 2

Sumber: homeguide.com.sg

Perabotan yang simpel dan fungsional memang baik untuk dipilih di rumah. Arti dari fungsional sendiri adalah dapat berguna untuk berbagai keperluan. Contohnya, bisa untuk penyimpanan sekaligus untuk mempercantik tampilan ruangan.

Dengan memilih furnitur yang fungsional tentunya dapat meminimalisir penggunaan ruang di rumah. Terlebih, jika kamu pemilik rumah yang mungil, pemilihan berbagai perabotan yang fungsional pastinya akan sangat membantu saat mendekorasi.

Terkadang, saat mendekorasi rumah, kita suka lupa memikirkan di mana kita akan menyimpan berbagai dokumen, perabotan yang jarang dipakai, buku-buku, dan lainnya. Kita hanya berfokus pada perabotan inti yang besar, seperti lemari pakaian, ranjang, sofa, meja makan, kitchen set, dan lainnya.

Sebaiknya hal ini jangan dilakukan, GenK.

Kamu juga harus mempertimbangkan di mana akan menyimpan berbagai barang agar terlihat terorganisir dan rapi. Contohnya, kamu bisa mengakalinya dengan perbanyak storage pada desain rumah Skandinavia. Kamu bisa memperkirakan bersama anggota keluarga, seberapa banyak storage yang kalian butuhkan untuk menyimpan kebutuhan sehari-hari. Seperti peralatan masak, dan barang-barang penting lainnya. Jangan ragu untuk memutuskan berinvestasi pada storage dan perabot berkualitas, karena kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama.

3. Serasikan Warna Berbagai Perabotan dengan Warna Simpel

Rumah Mungil Scandinavian 3

Sumber: decorilla.com

Keserasian dan kerapian pada rumah pun bisa ditunjukkan dengan pemilihan warna pada perabotan. Saat mendekorasi rumah, pastinya kamu membutuhkan berbagai perabotan besar atau inti, seperti sofa, ranjang, kabinet, dan lain sebagainya. Pilihlah warna-warna netral pada furnitur inti semacam ini. Kamu bisa memilih warna seperti putih, hitam, abu-abu, atau cokelat.  

Sebaliknya, berikan sentuhan unik berciri khas Skandinavia pada bantal soda, tirai, dan aksesoris lainnya. Jadi, kalau kamu merasa bosan, kamu tinggal mengganti coraknya kapan pun tanpa harus mengganti furnitur besarnya.

Baca Juga   Belajar Desain Rumah lewat The Sims

4. Berani untuk Berinvestasi Pada Lampu

Rumah Mungil Scandinavian 4

Sumber: directstoves.com

Selain untuk pencahayaan di rumah, lampu juga memiliki peranan penting pada kesempurnaan dekorasi loh! Desain lampu yang unik bisa mempercantik nuansa Skandinavia di rumahmu. Kamu bisa mencoba berinvestasi pada lampu berkualitas.

Bukan hanya sekedar kualitas terangnya, kamu juga bisa memilih lampu berdasarkan kualitas desain yang ditawarkan. Padukan warna bayangan dengan kap lampu kesukaanmu. Dengan memilih lampu yang bagus, kamu tidak akan selalu bergantung pada pencahayaan alami setiap saat. Sehingga, kamu tetap bisa merasa nyaman di jam berapa pun. Aktivitas misalnya membaca buku, mengerjakan tugas, dan lainnya tetap bisa kamu lakukan meskipun di malam hari.

5. Mix & Match Perabotan Lama dan yang Baru

Rumah Mungil Scandinavian 5

Sumber: homeguide.com.sg

Di saat kamu memutuskan untuk pindah ke rumah baru, pastinya ada momen di mana kamu merasa sayang meninggalkan perabotan lama bukan?

Tenang saja, kamu bisa tetap membawa perabotan lama ke rumah baru tanpa terlihat sesak. Caranya, fokus pada perabotan mana yang masih layak digunakan atau sesuai dengan dekorasi rumah baru, contohnya, meja makan yang menurutmu sesuai dengan ukuran rumah mungil rancanganmu. Atau bisa juga lampu gantung favoritmu. Jika memang sesuai dan masih berfungsi dengan baik, tidak ada salahnya kamu mencoba. 

Untuk memudahkanmu, buatlah daftar perabotan rumah lama yang masih bisa kamu bawa ke rumah baru. Jika sudah menuliskannya, kamu bisa memulai untuk memikirkan perabotan apa saja yang perlu untuk kamu beli.

Baca Juga   Anti Gerah dengan Desain Rumah Tropis

Jangan sampai salah dalam membeli furnitur, karena justru dapat buang-buang uang dan juga buat ruangan jadi terlihat sempit. Rumah mungil yang terisi dengan berbagai perabotan yang tidak fungsional justru akan terasa tidak nyaman dan terlihat sesak.


Kembali lagi dengan definisi utama dari desain rumah Skandinavia yang sederhana, kamu tidak perlu berlebihan dalam memilih segala furnitur di rumah. Sesuaikan dengan budget dan fungsi tiap aspek. Rumah yang sederhana tapi manis bisa memberikan kehangatan sendiri bagi dirimu dan keluarga.  Nah, gimana, GenK? Siap ubah gaya hunian menjadi rumah mungil a la Skandinavia?

Simpan Artikel Ini.

Simpan artikel ini untuk kamu baca lagi nanti, GenK.

Artikel Terkait
Arsitektur dan Interior

Tips Memilih Sofa untuk Ruangan Minimalis

Arsitektur dan Interior

8 Tips Dekorasi Kamar Menjadi Ruang Kerja yang Nyaman

Arsitektur dan Interior

8 Cara Mendesain Ruang Tamu Minimalis Yang Mudah Dipraktikkan

Arsitektur dan Interior

Tips Menghias Meja Kerja agar Lebih Estetik

Arsitektur dan Interior

Liminal Space: Alasan Ilmiah Kenapa Kamu Merasa Gak Nyaman di Beberapa Tempat

Arsitektur dan Interior

Tips Marie Kondo: Mencari Kebahagiaan Lewat Beres-Beres

Arsitektur dan Interior

Membuat Hutan Dalam Ruangan dengan Dekorasi Rumah Urban Jungle

Arsitektur dan Interior

Selain Instagramable, Ini Manfaat Lain Vertical Garden

Arsitektur dan Interior

9 Tips Merancang Rumah Minimalis

Arsitektur dan Interior

5 Jenis Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruangan

Arsitektur dan Interior

Tips dan Trik Menata Ruangan Sempit

Arsitektur dan Interior

3 Ide Kreatif Dekorasi Kamar Kos untuk Anak Kuliah

Arsitektur dan Interior

Belajar Desain Rumah lewat The Sims

Arsitektur dan Interior

Mengenal Arsitektur Brutalisme

Arsitektur dan Interior

Anti Gerah dengan Desain Rumah Tropis

            Artikel Selanjutnya