Tips Memilih Sofa untuk Ruangan Minimalis

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
sofa minimalis

Punya rencana dekorasi ulang rumahmu? Atau kamu ingin pindah ke rumah baru? Kalau iya, sofa mungkin menjadi salah satu benda penting yang harus kamu pikirkan. Nah, kami akan memberi tips memilih sofa minimalis untuk ruang tamu kecil.

Menata ruangan di rumah sesuai dengan keinginan pastinya menambah kenyamanan kita saat berada di rumah. Memang sangat penting untuk membuat ruangan di rumah senyaman mungkin, GenK, agar terhindar dari stress dan kita bisa istirahat secara maksimal dari aktivitas padat seharian penuh. Pastinya kamu tidak mau dong, pulang ke rumah tetapi tidak merasa nyaman dan justru mengganggu waktu istirahatmu?

Untuk itu, dalam mendekorasi rumah banyak sekali hal-hal detail yang harus kamu perhatikan. Mulai dari pemilihan tema dekorasinya, furnitur, produk elektronik, fungsi ruangan, ukuran dari perabotan, fungsinya, dan lain sebagainya.

Contohnya dalam pemilihan sofa di rumah. Kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih sofa, karena peletakan sofa cenderung digunakan pada ruang keluarga atau ruang tamu. Ruangan tersebut memiliki fungsi untuk menghangatkan anggota rumah saat bertukar cerita, sehingga kamu harus memilih sofa yang nyaman.

Contohnya pada rumah minimalis, kamu juga harus memilih sofa minimalis agar serasi dan bisa memaksimalkan fungsi dari ruangan. Nah, untuk itu, yuk, simak tips & trik memilih jenis sofa terbaik untuk ruangan minimalis!

Pertimbangkan Ukuran Ruangan

Hal utama yang penting untuk dipertimbangkan dan diperhatikan adalah ruang dan ukuran. Saat mendekorasi ruangan, kamu jangan hanya mengira-ngira ukurannya. Ada baiknya kamu benar-benar mengukur secara detail ukuran ruangan sehingga dapat menyesuaikan dengan furnitur yang akan kamu gunakan.

Sofa Minimalis panduan Kreativv ID 1

Sumber: pexels.com

Contohnya dalam pemilihan sofa untuk ruang keluarga. Kamu benar-benar harus mengukur luas dari ruangan dan juga mempertimbangkan jarak pandang peletakkan sofa jika di dalam ruang keluarga tersebut terdapat TV.

Jangan sampai jarak pandang antara sofa dan TV terlalu dekat atau terlalu jauh. Lebar dari sofa pun juga harus kamu pertimbangkan, agar tidak sempit dan tetap nyaman saat kamu berjalan di sampingnya.

Pastikan Tema Interior

Nah, menentukan tema interior pada ruangan di rumah juga tergolong penting. Jangan sampai ruangan yang satu dengan ruangan lainnya tidak senada atau tidak sejalan temanya.

Akan lebih nyaman dan menarik jika kamu menyesuaikan dan mengambil tema besar pada ruangan di rumah, contohnya minimalis. Model sofa minimalis memang sangat beragam, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan juga selera atau bisa juga dengan kenyamanan kamu dan keluarga.

Baca Juga   3 Ide Kreatif Dekorasi Kamar Kos untuk Anak Kuliah

Jika kamu memiliki ruang tamu yang tidak besar, kamu bisa memilih sofa minimalis modern untuk ruang tamu kecil dengan model sofa yang simpel namun unik.

Perhatikan Kualitas Kerangka Sofa

Banyak sekali sofa yang dijual di pasaran dengan harga yang murah. Model serta tampilannya pun menarik. Tetapi, tampilan yang bagus bukan hanya faktor utama dalam pemilihan sofa.

Sofa Minimalis panduan Kreativv ID 2

Sumber: pexels.com

Tidak cukup kamu memilih sofa hanya karena tampilannya yang bagus, kamu juga harus mempertimbangkan kualitas kursi sofa minimalis pilihanmu. Akan percuma jika kamu memilih tampilan sofa yang bagus namun cepat rusak akibat kualitasnya yang buruk.

Dalam memilih sofa berkualitas, kamu harus memperhatikan kerangka sofa. Baiknya, kamu memilih kerangka sofa yang terbuat dari kayu. Juga, kamu harus memperhatikan jenis kayu yang digunakan. Jangan memilih sofa dengan kerangka plastik, logam, atau partikel, karena cenderung mudah rusak.

Jika kamu memilih sofa dengan kerangka yang berkualitas, sofa yang kamu pilih bisa tahan dalam waktu 5 hingga 7 tahun lamanya.

Teliti Dalam Memilih Pelapis Sofa

Memilih sofa ruang tamu minimalis bukan hanya sekedar memperhatikan kualitas kerangka, model, dan juga ukurannya. Namun, kamu juga perlu memperhatikan bahan dari pelapis sofa tersebut, GenK!

Varian dari pelapis sofa cukup beragam, seperti kulit sintetis Oscar, polyster, dan denim. Banyaknya ragam pelapis sofa bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kenyamanan keluarga.

Contohnya, jika di rumah banyak anak kecil, kamu disarankan untuk memilih pelapis sofa berbahan sintetis. Karena, kamu akan lebih mudah untuk membersihkannya jika terkena noda makanan atau minuman. Kualitas dari bahan pelapis juga patut kamu perhatikan. Jangan pilih bahan yang mudah sobek karena akan buat tampilan ruangan jadi kurang menarik.

Pastikan Bahan Dalaman Sofa

Memang, selera orang terhadap pemilihan sofa berbeda-beda. Namun, kualitas adalah hal utama yang harus diperhatikan, contohnya kualitas pada bahan yang ada di dalam sofa.

Selera dan kualitas pada bahan dalam sofa pastinya berpengaruh pada kenyamanan. Sofa yang empuk pastinya bisa  memberikan kenyamanan ekstra pada anggota keluarga dan membuat kita jadi betah berada di sana. Gak percaya? Coba aja!

Baca Juga   Liminal Space: Alasan Ilmiah Kenapa Kamu Merasa Gak Nyaman di Beberapa Tempat

Warna & Motif Sofa

Warna serta motif pada sofa ruang tamu minimalis juga penting buat diperhatikan. Salah memilih warna dan motif akan berdampak tidak baik bagi ruangan tersebut.

Sofa Minimalis panduan Kreativv ID 4

Sumber: pexels.com

Jika ruangan tersebut mengambil tema minimalis, ada baiknya kamu memilih warna dan motif yang simpel saja. Warna-warna kalem seperti abu-abu, coklat atau putih bermotif bisa jadi pilihan. Namun, lain halnya jika kamu ingin buat ruangan terlihat unik dan menonjol. Kamu bisa menjadikan sofa sebagai furnitur yang menonjol dibandingkan perabotan lainnya.

Contohnya, jika ruang tamu minimalis di rumahmu memiliki furnitur yang senada berwarna coklat dan putih, kamu bisa pilih kursi sofa minimalis berwarna merah agar menarik perhatian. Ruang tamu akan terlihat unik dan tetap mengedepankan desain yang minimalis.

Garansi

Garansi juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih segala perabotan rumah tangga. Dengan adanya garansi, membuktikan bahwa produk tersebut berkualitas dan tidak mudah rusak. Jika terjadi sesuatu pada sofa minimalis di rumah, kamu bisa dengan mudah membenarkannya tanpa harus repot memanggil tukang. Bahkan, saat kamu membelinya dan terdapat cacat atau kerusakan, kamu bisa segera menukarnya dengan sofa baru.


Sudah tau kan tips & trik apa saja dalam memilih sofa untuk ruangan minimalis? Selain itu, kamu pun juga harus mempertimbangkan fungsi dari sofa itu sendiri. Apakah sofa digunakan hanya untuk bersantai bersama keluarga, atau ada fungsi tambahan seperti pembatas ruangan, atau elemen estetika?

Baca Juga   8 Tips Dekorasi Kamar Menjadi Ruang Kerja yang Nyaman

Ada juga sebagian orang yang menggunakan sofa sebagai tempat tidur tambahan. Contohnya di saat ada sanak keluarga yang ingin tinggal di rumah, kamu bisa menggunakan sofa sebagai kasur tambahan. Tentunya, menggunakan sofa bed, GenK, alias sofa yang memang memiliki fungsi ganda yang bisa diubah menjadi kasur.

Memilih sofa memang tidak boleh terburu-buru, kamu harus memilih secara teliti dan sesuaikan dengan fungsi, kenyamanan, dan juga tentunya budget yang kamu miliki. Kalau kamu pintar memilih, kamu bisa membeli sofa satu kali saja untuk dipakai bertahun-tahun lamanya.

Polling

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Arsitektur dan Interior

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah dan Murah

Arsitektur dan Interior

Cara Membuat Maket Rumah Sederhana untuk Pemula

Arsitektur dan Interior

Mengenal Memory Foam, Bikin Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Arsitektur dan Interior

5 Tips Pencahayaan Rumah untuk Hunian yang Lebih Nyaman

Arsitektur dan Interior

4 Rekomendasi Kursus Online Belajar Arsitektur Gratis

Arsitektur dan Interior

Keunggulan Coworking Space: Kantor ala Milenial

Arsitektur dan Interior

Tips Menata Kamar Mandi Minimalis nan Estetik

Arsitektur dan Interior

7 Rekomendasi Situs Belajar Desain Interior Gratis Terbaik

Arsitektur dan Interior

10 Fitur Klasik Rumah Jepang yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Arsitektur dan Interior

Mengenal Eloknya Gaya Arsitektur Oriental Negeri Tirai Bambu

Arsitektur dan Interior

7 Alasan Kenapa Kamu Mesti Pakai Wallpaper Dinding

Arsitektur dan Interior

8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik Tahun 2019

Arsitektur dan Interior

Tren Kesenian Gambar Mural untuk Desain Interior

Arsitektur dan Interior

8 Tips Dekorasi Kamar Menjadi Ruang Kerja yang Nyaman

Arsitektur dan Interior

8 Cara Mendesain Ruang Tamu Minimalis Yang Mudah Dipraktikkan

Arsitektur dan Interior

Tips Menghias Meja Kerja agar Lebih Estetik

Arsitektur dan Interior

Tips & Trik Wujudkan Rumah Mungil dengan Desain Skandinavia

Arsitektur dan Interior

Liminal Space: Alasan Ilmiah Kenapa Kamu Merasa Gak Nyaman di Beberapa Tempat

Arsitektur dan Interior

Tips Marie Kondo: Mencari Kebahagiaan Lewat Beres-Beres

Arsitektur dan Interior

Membuat Hutan Dalam Ruangan dengan Dekorasi Rumah Urban Jungle

            Artikel Selanjutnya