6 Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Ruangan

Dibaca Normal: 4 menit aja
tanaman hias gantung

Tanaman hias gantung merupakan solusi yang tepat jika kamu ingin berkebun tapi tidak punya lahan yang cukup. Selain lebih hemat tempat, tanaman gantung mampu menambah estetika ruangan, GenK.

Warna-warna tanaman gantung cantik dan bentuknya yang menjuntai ke bawah memang cantik banget. Wah kalau begini sih bikin betah di rumah! Berikut kami akan membagikan 6 jenis tanaman hias gantung yang mudah ditanam, cocok buat kamu yang baru mulai belajar berkebun. Yuk intip apa saja jenis-jenisnya!

1. Pakis Boston

tanaman hias gantung

Pakis Boston (sumber: pinterest.com)

Tanaman hias gantung yang pertama akan kami bahas adalah Pakis Boston atau Pakis Pedang atau disebut juga dengan Nephrolepis exaltata. Pakis Boston adalah salah satu jenis tanaman hias gantung yang sangat kuat dan mudah beradaptasi di lingkungan epifit (tumbuhan yang tumbuh menumpang pada tumbuhan lain).

Pakis Boston memiliki ciri tekstur yang bergerigi, daun yang tegak tapi juga menjuntai ke bawah, dan panjang daun sekitar 50-250 cm dan lebar sekitar 6-15 cm.

Walaupun merawat tanaman gantung yang satu ini tergolong mudah, tapi kamu harus tetap memilih lokasi yang ideal untuk meletakkannya. Pilihlah tempat yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, GenK.

2. Lili Paris

tanaman hias gantung

Lili Paris atau Spider Plants (sumber: pinterest.com)

Spider plants atau yang dikenal juga dengan nama Lili Paris merupakan tumbuhan yang memiliki kumpulan dedaunan yang mirip rumput tapi bentuknya melengkung, GenK.

Ada sebuah fakta unik nih, Lili Paris sangat baik untuk membersihkan udara dari polusi, bahkan tanaman ini ditanam di pesawat antariksa guna membersihkan udara loh.

Lili Paris merupakan tanaman yang sangat mudah beradaptasi dan juga mudah ditanam, sehingga cocok buat siapa saja yang baru mulai belajar berkebun. Tapi kira-kira bagaimana cara merawat Lili Paris yah?

Pertama-tama pilihlah tanah atau media tanam yang berdrainase baik, misalnya tanah yang mengandung pasir. Kemudian letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, setidaknya beri naungan yang teduh di atasnya, GenK. Kemudian periksa terus kelembabannya, tetapi jangan sampai basah yah.

Baca Juga
Mengenal Arsitektur Brutalisme

3. Sirih Blaster Heart

tanaman hias gantung

Sirih Belanda (sumber: kepogaul.com)

Jenis tanaman hias gantung yang berikutnya adalah Sirih Blaster Heart atau Sirih Belanda. Uniknya, tanaman ini memiliki ciri khas bentuk seperti hati yang semakin panjang batangnya akan menjuntai ke bawah jika digantung. 歹

Tampilannya yang cantik membuat Sirih Blaster Heart sangat cocok dijadikan tanaman hias. Bahkan anak-anak aesthetic juga suka menjadikan tanaman ini sebagai properti foto loh. Warna daun yang hijau pekat dengan corak hijau dan putih dijamin bikin mata jadi segar lagi, GenK.

Hayo, apakah kamu tertarik untuk menjadikan tanaman berbentuk hati ini sebagai tanaman hias di rumah?

4. Bunga Begonia

tanaman hias gantung

Bunga Begonia (sumber: westcoastgardens.ca)

Berbeda dari beberapa jenis tanaman hias gantung yang kami sebutkan di poin-poin sebelumnya, bunga Begonia adalah tanaman berbunga yang memiliki banyak sekali variasi warna kelopak bunga nan indah.

Selain karena keindahannya, bunga Begonia sangat cocok ditanam di daerah tropis, sehingga banyak orang Indonesia yang mengincar tanaman cantik yang satu ini, GenK.

Apakah kamu tertarik? Kalau iya, kami punya cara menanam bunga Begonia yang super simpel.

Karena cocok untuk daerah tropis, sebaiknya kamu menanamnya di saat musim panas atau di saat kondisi cuaca tidak terlalu dingin. Pilihlah lokasi penanaman yang bersih dan jauh dari jangkauan hewan liar. Kalau sudah siap, pilih pot gantung, tanah, pupuk, air, dan peralatan tanam lainnya.

Baca Juga
Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah dan Murah

5. Lobelia White Fountain

lobelia white fountain

Lobelia White Fountain (sumber: freshouz.com)

Bunga berwarna putih, ungu, biru, dan merah yang indah membuat Lobelia White Fountain menjadi salah satu tanaman yang sering dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Ditata pada pot gantung dijamin akan mempercantik tampilan rumahmu, GenK.

Jenis bunga hias klasik ini dibanderol dengan harga yang lumayan terjangkau loh. Jadi buat GenKreativv yang ingin menanam tanaman cantik yang satu ini tidak perlu khawatir untuk menguras kantong.

Tanaman ini mampu tumbuh hampir di semua musim. Ketika kamu ingin menanamnya dari biji, taburkan saja di atas tanah. Akan tetapi tidak dapat dipastikan kalau tanaman ini akan tumbuh dengan jarak yang teratur. Maka dari itu lakukanlah penyemaian terlebih dahulu, GenK.

6. Bunga Petunia

bunga petunia

Bunga Petunia (sumber: pixfeeds.com)

Terakhir ada bunga Petunia.

Petunia adalah tanaman yang masuk ke dalam famili Solanaceae yang beranggotakan tanaman lainnya seperti tembakau, cabai, kentang, dan tomat. Selain memiliki tampilan bunga yang indah, bunga Petunia cocok ditanam di Indonesia, karena memiliki ketahanan terhadap iklim dan cuaca panas.

Namun ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan saat menanam bunga Petunia, GenK. Dimulai dari teknik penyiraman yang harus dilakukan secara rutin dan disesuaikan dengan kondisi cuaca saat itu.

Cari posisi yang tepat untuk meletakkan bunga Petunia, yaitu tempat yang mendapat intensitas cahaya matahari yang tinggi karena akan berpengaruh pada kualitas bunga. Setelah itu tidak lupa untuk melakukan pemupukan bunga sebulan sekali, GenK.


Itu dia keenam jenis tanaman hias gantung yang bisa menjadi pilihanmu. Cara merawatnya juga tergolong mudah kok, jadi cocok buat kamu yang baru mulai belajar berkebun. Tanaman ini akan semakin cantik jika kamu menggantungnya di tempat yang pas.

Sebelumnya kami juga sudah pernah membahas tentang jenis-jenis tanaman hias lainnya untuk mempercantik ruangan dengan tampilan yang aesthetic. Yuk lanjut baca!

Polling

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Arsitektur dan Interior

Inspirasi Arsitektur Tropis: Cantiknya Pesona Desain Rumah Mediterania

Arsitektur dan Interior

8 Tahap Cara Membuat Denah Rumah untuk Pemula

Arsitektur dan Interior

10 Jenis Kursi yang Cocok untuk Beragam Kebutuhan Ruangan

Arsitektur dan Interior

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Mudah dan Murah

            Thank u, next!