Tips Marie Kondo: Mencari Kebahagiaan Lewat Beres-Beres

Dibaca Normal: 5 menit aja
marie kondo

Kamu pernah dengar tentang Marie Kondo, GenK? Jika kamu pernah dengar tapi tidak tahu benar siapa dia, kami sarankan kamu mengenalnya segera, GenK. Karena Marie mengajarkan kita tentang merelakan supaya mendapat kebahagiaan. Eh, jangan galau dulu. Ini bukan tentang cinta kok!

Siapa Marie Kondo?

Marie Kondo 1

Marie Kondo (Sumber: goodhousekeeping.com)

Dalam beberapa bulan terakhir, nama Marie Kondo sering disebut-sebut di berbagai media. Bagi kamu yang belum tahu, ia adalah seorang konsultan bersih-bersih rumah asal Jepang yang membantu kliennya memilih dan membuang barang-barang yang sudah tidak membawa kebahagiaan dalam hidup. Ia juga memperkenalkan metode KonMari, yang menjadi prinsip bersih-bersihnya dan telah berhasil mengubah rumah para klien yang berantakan menjadi tempat yang lebih nyaman untuk dihuni.

Kalau kamu bertanya apa arti dari KonMari, sebenarnya tidak ada arti khusus di dalamnya. KonMari hanya diambil dari singkatan nama Marie Kondo. Mungkin biar lebih mudah diingat ya, atau memang narsis saja?

Nama Marie Kondo ternyata semakin populer ketika metodenya diangkat ke dalam sebuah channel streaming yang juga sedang naik daun. Alhasil, metodenya ditonton oleh jutaan mata di seluruh dunia. Saking terkenalnya, metode KonMari itu telah membawa Marie sampai ke Jerman dan Britania Raya lewat buku The Life-changing of Tidying Up yang terjual lebih dari 5 juta kopi di seluruh dunia.

marie kondo 3

The Life-changing of Tidying Up (Sumber:eliseblaha.typepad.com)

Marie Kondo Mengajarkan Kita Merelakan Supaya Lebih Bahagia

Beberapa orang yang tergolong sentimental, senang menyimpan memori dalam suatu benda. Alhasil, mereka akan menyimpan barang-barang tersebut karena mengingatkan mereka pada kenangan yang indah.

Mari jujur pada diri sendiri, kamu termasuk orang yang senang menyimpan benda atau tidak?

Tiket nonton bersama gebetan yang kamu simpan lama-lama menumpuk di rak buku, buket bunga sewaktu wisuda telah mengering di pojok kamarmu, atau benda-benda lainnya yang tidak lagi berfungsi tapi masih kamu simpan. Secara tidak langsung kamu telah menimbun sampah di dalam rumahmu.

Nah, Marie Kondo mengajarkan kita untuk merelakan barang-barang itu untuk pergi dari rumahmu, GenK. Selain membuat ruanganmu semakin sempit, barang-barang tersebut tidak lagi membawa kebahagiaan untukmu karena tidak lagi berfungsi. Lagi pula, kenangan indah bisa selalu kita ingat kok dalam pikiran.

Prinsip Utama Metode KonMari

Marie Kondo 2

Metode KonMari (Sumber: harpersbazaar.co.id)

Membersihkan rumah berdasarkan metode KonMari, dipercaya bisa membawa kebahagiaan. Nah, kamu termasuk orang yang suka beberes rumah tidak? Kami tahu kok rasanya berat untuk mulai bersih-bersih. Belum apa-apa sudah malas duluan.

Selain tekad dan komitmen, diperlukan tujuan yang jelas ketika kamu ingin memulai bersih-bersih ala KonMari ini. Tanpa basa-basi, yuk pelajari prinsip utamanya.

1. Berkomitmen pada Diri Sendiri untuk Merapikan Semuanya

Jangan anggap enteng komitmen. Jika kamu belum siap untuk merapikan seluruh isi rumahmu, lebih baik tumbuhkan lagi niatmu karena beres-beres sesungguhnya susah untuk dilakukan. Kamu perlu fokus untuk menentukan mana barang yang masih membawa kebahagiaan untukmu dan mana yang tidak.

Lewat metode KonMari, kamu diajak untuk membereskan seluruh rumah, bukan hanya satu ruangan. Hal ini tentunya akan menguras banyak energi dan waktu. Sehingga lebih baik mempersiapkan hari khusus ya, GenK.

Rumah tidak akan bersih maksimal jika kamu merapikannya setengah hati. Intinya, saat aktivitas berbenah sudah dimulai, kamu harus memutuskan untuk mulai membuang barangmu dan berpikir di mana akan menyimpan barang yang tersisa.

2. Pikirkan gaya hidup ideal yang kamu dambakan

Dengan memiliki mimpi dan tujuan tentang hidup ideal, kamu jadi semakin termotivasi untuk mewujudkannya. Hal ini perlu ditentukan sebelum kamu membuang barang-barangmu. Semakin konkret tujuannya, semakin baik.

Misal, kamu menginginkan hidup minimalis yang teduh dan asri. Maka kamu akan mulai membuang barang yang dirasa terlalu berlebihan dan tidak menciptakan suasana yang teduh. Intinya, semakin kamu bisa membayangkan visualisasinya, akan semakin baik.

3. Pilih benda-benda yang harus dibuang terlebih dahulu

Ketika kamu beres-beres dengan metode KonMari, kamu akan dihadapkan pada pilihan untuk merelakan barangmu. Marie Kondo mengajarkan kita untuk fokus pada hal-hal yang kamu suka. Simpanlah barang yang masih memiliki fungsi dan membawa kebahagiaan untukmu, sehingga rumahmu diisi dengan energi positif. 弘

Janganlah memikirkan hal-hal yang tidak membuatmu senang, karena kamu hanya mengundang ketidakbahagiaan dan energi negatif ke dalam hidupmu. Selain itu, Marie Kondo juga mengajarkan kita untuk berterima kasih kepada barang-barang yang akan kamu bersihkan, karena telah memberi manfaat bagimu.

4. Bereskan berdasarkan kategori, bukan lokasi

marie kondo 4

Metode Konmari (Sumber: vneconomy.vn)

Sebelum menemukan metode yang tepat dalam beberes, Marie Kondo ternyata lebih dulu mencoba berbagai teknik bersih-bersih. Bertahun-tahun Marie rutin membereskan rumahnya. Ia biasanya membuat jadwal saat berbenah.

Ketika hari ini ia membereskan dapur, maka besok ia akan membereskan kamar mandi, dan seterusnya. Hal tersebut terus berlangsung hingga Marie akhirnya sadar bahwa berbenah berdasarkan lokasi adalah salah besar.

Kenyataannya, banyak orang yang senang menyimpan barang-barang berkategori sama di berbagai tempat. Sebagai contoh, kamu menyimpan pakaianmu di beberapa lemari dan laci. Ketimbang kamu membereskan pakaian tersebut berdasarkan tempat penyimpanannya, KonMari mengajakmu untuk mengeluarkan semua pakaianmu dan kemudian memilah-milahnya. Itu berarti kamu sedang fokus berbenah di kategori pakaian.

Intinya, KonMari mengajak kita untuk berbenah berdasarkan kategori seperti pakaian, buku, alat make up, mainan, sepatu, dan lain-lain, bukan berdasarkan lokasinya.

5. Lakukan dengan benar, karena semua orang sesungguhnya bisa berbenah

Banyak orang yang merasa bahwa dirinya tidak cukup rapi dan tidak memiliki karakter yang tekun untuk menjadi seseorang yang peduli pada kebersihan. Padahal menurut Marie, berbenah tidak memandang karakter yang kamu miliki. Siapa pun bisa mulai berbenah jika mengawalinya dengan membuang benda-benda yang ingin dibereskan.

Marie telah melakukan analisis bertahun-tahun terhadap kliennya yang memiliki berbagai latar belakang dan karakter. Ada yang termasuk ke dalam tipe yang tidak tega membuang, tipe lalai mengembalikan, mau pun tipe kombinasi yang tidak tega membuang dan juga lalai mengembalikan. Kunci utama yang menjadi solusinya adalah membuat keputusan untuk membuang barang terlebih dahulu.

Kekuatan membuang barang ternyata bisa sehebat itu ya, GenK?

6. Tanyakan dirimu, apakah hal tersebut membawa kebahagiaan

marie kondo

Marie Kondo (sumber: provoke-online.com)

Ketika kamu sudah mulai terbiasa melakukan kegiatan berbenah tersebut, jujurlah pada diri sendiri apa yang kamu rasakan? Bagaimana metode KonMari berdampak kepada kehidupanmu?

Kita semua pasti menginginkan hidup yang lebih bahagia, apalagi di rumah sendiri. Kamu perlu merasa nyaman dengan keputusan yang telah kamu ambil. Jika kamu merasakan penyesalan, berarti ada yang salah karena kamu tidak membawa kebahagiaan ke dalam rumahmu.

Percayalah, GenK, kamu telah membuka lembaran baru kehidupan ketika kamu mulai berbenah. Dengan rumah yang rapi, semoga hidupmu menjadi lebih baik ya.


Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang Marie Kondo. Metode berbenahnya bisa kamu terapkan di rumah supaya hidupmu semakin dipenuhi kebahagiaan. Jangan takut untuk membuang barang-barangmu yang sudah tidak terpakai ya, GenK! Selamat mencoba!

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Arsitektur & Interior

Inspirasi Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Arsitektur & Interior

4 Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis ala Milenial

Arsitektur & Interior

5 Macam Model Atap Rumah yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Arsitektur & Interior

5 Jenis Atap Rumah Paling Populer untuk Hunian

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link