fbpx

9 Tips Merancang Rumah Minimalis

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
rumah minimalis

Siapa sih yang tak mau miliki rumah idaman, GenK? Tipe desain rumah memang sangat beragam dan biasanya dicocokkan berdasarkan selera dan kepribadian sang pemilik. Salah satu yang jadi favorit adalah rumah minimalis.

Rumah dengan gaya desain ini menampilkan kesan apa adanya, simpel, dan juga modern di waktu bersamaan. Terlebih, kini banyak sekali orang-orang yang memilih gaya desain ini dengan alasan untuk meminimalisir budget, menghemat ruang, dan juga untuk ciptakan rumah yang kekinian.

Desain jenis ini dapat memberi fungsi ganda pada ruangan, sehingga ruangan yang ada bisa dimaksimalkan.

Mulai dari ruang tamu yang juga memiliki fungsi sebagai ruang makan, hingga ruang makan yang berfungsi juga sebagai ruang kumpul keluarga.

Tapi ingat, GenK, kenyamanan tetap kunci utama dalam pemilihan gaya desain interior sebuah rumah. Jadi, sebelum kamu mendekor rumah minimalis, ada baiknya kamu perhatikan berbagai macam hal terlebih dahulu. Langsung aja yuk, simak tips & trik di bawah ini!

Maksimalkan Fungsi Ruangan

Rumah Minimalis 1

Ilustrasi furnitur minimalis. Ilustrasi: theglitterguide.com

Rumah minimalis memang dikenal dengan ruangan yang tidak terlalu besar namun memiliki beberapa fungsi. Maka, kamu harus pintar dalam mengatur fungsi dan posisi furnitur pada ruangan.

Singkirkanlah barang-barang dan furnitur yang tidak penting, karena hal tersebut justru membuat tampilan ruangan menjadi sempit. Pilihlah barang atau furnitur yang multifungsi. Seperti contohnya rak buku yang bisa kamu jadikan sekaligus sebagai meja lampu. Atau, rak TV yang bisa kamu jadikan sebagai rak buku. Menarik bukan, GenK?

Hindari Pembatas Ruangan dengan Ukuran Terlalu Besar

Rumah Minimalis 2

Ilustrasi penggunaan kaca sebagai pembatas ruangan. Ilustrasi: bluprint.onemega.com

Saat memilih dekorasi, kamu harus memperhatikan betul pembatas pada ruangan. Hindari memilih pembatas ruangan yang berlebihan dan juga berukuran besar. Hal tersebut dapat membuat ruangan jadi jauh terlihat sempit dan maksa, GenK!

Baca Juga   8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik Tahun 2019

Untuk itu, kamu harus lakukan cara yang pintar. Misalnya, kamu bisa memilih pembatas ruangan dengan rak unik yang sekaligus bisa kamu gunakan untuk menaruh buku-buku dan barang lainnya.

Mau Ruangan Terlihat Lebih Luas? Coba Gunakan Cermin!

Rumah Minimalis 3

Gunakan kaca yang ornamennya sederhana. Ilustrasi: gmroofing.co

Cermin memiliki efek yang khas dalam menciptakan ruangan minimalis menjadi terlihat lebih besar dan luas. Mengapa? Karena cermin dapat menimbulkan ilusi ruangan lebih besar.

Semakin besar ukuran cermin, maka ruangan juga akan jadi terlihat lebih luas. Hanya saja, kamu tetap harus mencocokkan dengan desain minimalis yang ada pada rumahmu. Jangan sampai hanya karena semata-mata ingin tampilkan ruangan yang terlihat lebih luas, kamu lupa untuk menyesuaikan dengan desain minimalis a la rumahmu.

Pemilihan Warna yang Tepat

Rumah Minimalis 4

Rumah minimalis di Jepang. Ilustrasi: smallhousebliss.files.wordpress.com

Warna juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Namanya ruangan minimalis, pastinya kamu disarankan untuk memakai warna-warna bumi atau netral. Kamu bisa memilih warna cat tembok, furnitur, dan lantai dengan kombinasi warna yang senada. Mulai dari warna putih, abu-abu, coklat kayu, dan juga hitam.

Untuk cat tembok, agar terlihat bersih dan rapi, pilihlah warna putih. Ini juga bisa mempermudah kamu untuk memilih furnitur yang ada.

Pilih Furnitur Unik dan Langka

Rumah Minimalis 5

Contoh furnitur simpel dan unik. Ilustrasi: marvelbuilding.com

Rumah bergaya minimalis tidak terlepas dari berbagai furnitur yang unik dan juga jarang ditemukan di pasaran. Dengan memilih furnitur atau perabotan yang unik, kamu bisa menambah nilai plus pada rumah idaman kamu.

Baca Juga   7 Alasan Kenapa Kamu Mesti Pakai Wallpaper Dinding

Kini, banyak sekali jenis dan juga model furnitur yang unik, sehingga kamu tidak akan kesulitan memilih. Ditambah lagi, sentuhan keunikan pada rumah juga dapat menghindarkan kamu dari rasa bosan. Ini juga bisa membuat kamu lebih mudah menemukan hal-hal atau ide kreatif.

Contohnya, kamu bisa memilih stiker dinding yang tidak berlebihan dengan ukuran yang pas, sehingga dapat mempercantik ruangan. Atau, kamu dapat memilih vas bunga unik yang dapat menghidupkan suasana ruangan. Gak percaya? Coba aja!

Pikirkan Cahaya dan Sirkulasi Udara yang Baik

Rumah Minimalis 6

Gunakan pencahayaan natural. Ilustrasi: amazonaws.com/cdnarchitect

Bukan hanya sekedar warna, pemilihan furnitur, dan juga fungsi ruangan, kamu juga harus benar-benar memperhatikan pencahayaan ruangan dan juga sirkulasi udaranya.

Jika ruangan memiliki pencahayaan yang baik, pastinya akan menambah kenyamanan saat beraktivitas serta memperlancar aktivitas di ruangan tersebut. Contohnya, apabila kamu sedang ingin bekerja di rumah, pencahayaan ruangan adalah hal utama yang patut diperhatikan.

Kamu bisa memanfaatkan cahaya sinar matahari langsung untuk mengisi pencahayaan ruangan. Untuk itu, kamu harus benar-benar memperhatikan pemilihan jendela dan gorden pada ruangan tersebut.

Lalu selanjutnya adalah sirkulasi udara. Jangan lupa untuk memperhatikan keberadaan ventilasi pada ruangan. Dengan memaksimalkan fungsi dari ventilasi udara, tentunya kamu juga akan menghemat penggunaan AC dan pendingin ruangan lainnya.

Jangan Lupa untuk Jaga Kebersihan Rumah

Rumah minimalis cenderung memiliki kesan yang rapi, bersih, dan juga cerah. Untuk itu, kebersihan dan kerapian adalah hal utama yang perlu diperhatikan setiap saatnya.

Baca Juga   Mengenal Eloknya Gaya Arsitektur Oriental Negeri Tirai Bambu

Kamu juga bisa menjaga kebersihan ruangan dengan cara menyingkirkan barang-barang yang tidak penting agar ruangan tidak terlihat sesak dan sumpek. Peletakkan barang-barang pun juga perlu diperhatikan agar hunian terlihat tertata di berbagai sudut.

Tentunya, dengan rumah yang bersih akan menambah kenyamanan kamu dan tamu yang datang ke rumahmu.

Pilih Objek Pengalih Perhatian

Apa itu objek pengalihan? Agar terlihat unik dan tidak membosankan, kamu memerlukan sebuah objek yang berbeda dari tipe ruangan. Kamu bisa membedakannya dengan warna, ukuran, dan juga bentuknya. Contohnya saja, kamu bisa memilih lukisan dengan ukuran yang cukup besar dan warna yang lebih nyentrik atau cerah dibandingkan perabotan yang nuansanya kalem.

Lukisan abstrak dengan dominasi warna-warna cerah seperti kuning, merah muda, biru, dan lainnya bisa jadi pilihan. Dijamin kamu tak akan bosan seharian di rumah, GenK!

Desain Tangga yang Ramping

Pemilihan jenis dan model tangga pun jangan sampai dilewatkan. Jika rumah kamu memiliki lantai atas, pilihlah tangga dengan desain seramping mungkin. Rumah minimalis bisa tercipta juga dari pemilihan tangga yang tepat.

Tangga yang ramping berguna untuk menghemat ruang yang ada di rumah. Letakkan tangga pada bagian ujung ruangan agar tidang mengganggu aktivitas dan juga pemandangan. Kamu juga bisa mendesain bentuk tangga dengan arah yang beragam dan tidak lurus. Tentunya hal tersebut dapat memberikan kesan unik pada rumah.

Kamu bisa memilih bentuk tangga L atau melingkar Selain unik, tangga dengan bentuk seperti ini bisa menghemat penggunaan area ruangan. Sebab, tangga dengan bentuk lurus justru akan memakan luas ruangan lebih banyak.


Gimana, GenK? Sudah siap untuk ciptakan rumah minimalis idaman? Semoga 9 tips di atas bisa memberimu gambaran atas hal-hal apa saja yang harus diperhatikan. Kamu juga memerlukan ketelitian dan ketekunan dalam menciptakan desain rumah yang nyaman.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Arsitektur dan Interior

Keunggulan Coworking Space: Kantor ala Milenial

Arsitektur dan Interior

Tips Menata Kamar Mandi Minimalis nan Estetik

Arsitektur dan Interior

7 Rekomendasi Situs Belajar Desain Interior Gratis Terbaik

Arsitektur dan Interior

10 Fitur Klasik Rumah Jepang yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Arsitektur dan Interior

Mengenal Eloknya Gaya Arsitektur Oriental Negeri Tirai Bambu

Arsitektur dan Interior

7 Alasan Kenapa Kamu Mesti Pakai Wallpaper Dinding

Arsitektur dan Interior

8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik Tahun 2019

Arsitektur dan Interior

Tren Kesenian Gambar Mural untuk Desain Interior

Arsitektur dan Interior

Tips Memilih Sofa untuk Ruangan Minimalis

Arsitektur dan Interior

8 Tips Dekorasi Kamar Menjadi Ruang Kerja yang Nyaman

Arsitektur dan Interior

8 Cara Mendesain Ruang Tamu Minimalis Yang Mudah Dipraktikkan

Arsitektur dan Interior

Tips Menghias Meja Kerja agar Lebih Estetik

Arsitektur dan Interior

Tips & Trik Wujudkan Rumah Mungil dengan Desain Skandinavia

Arsitektur dan Interior

Liminal Space: Alasan Ilmiah Kenapa Kamu Merasa Gak Nyaman di Beberapa Tempat

Arsitektur dan Interior

Tips Marie Kondo: Mencari Kebahagiaan Lewat Beres-Beres

Arsitektur dan Interior

Membuat Hutan Dalam Ruangan dengan Dekorasi Rumah Urban Jungle

Arsitektur dan Interior

Selain Instagramable, Ini Manfaat Lain Vertical Garden

Arsitektur dan Interior

5 Jenis Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruangan

Arsitektur dan Interior

Tips dan Trik Menata Ruangan Sempit

Arsitektur dan Interior

3 Ide Kreatif Dekorasi Kamar Kos untuk Anak Kuliah

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link