Arsitektur & Interior

9 Tips Merancang Rumah Minimalis

rumah minimalis

Siapa sih yang tak mau miliki rumah idaman, GenK? Tipe desain rumah memang sangat beragam dan biasanya dicocokkan berdasarkan selera dan kepribadian sang pemilik. Salah satu yang jadi favorit adalah rumah minimalis.

Rumah dengan gaya desain ini menampilkan kesan apa adanya, simpel, dan juga modern di waktu bersamaan. Terlebih, kini banyak sekali orang-orang yang memilih gaya desain ini dengan alasan untuk meminimalisir budget, menghemat ruang, dan juga untuk ciptakan rumah yang kekinian.

Tapi ingat, GenK, kenyamanan tetap kunci utama dalam pemilihan gaya desain interior sebuah rumah. Jadi, sebelum kamu mendekor rumah minimalis, ada baiknya kamu perhatikan berbagai macam hal terlebih dahulu. Langsung aja yuk, simak tips & trik di bawah ini! 😁

Maksimalkan Fungsi Ruangan

Rumah Minimalis 1

Ilustrasi furnitur minimalis (sumber: theglitterguide.com)

Rumah minimalis memang dikenal dengan ruangan yang tidak terlalu besar namun memiliki beberapa fungsi. Maka, kamu harus pintar dalam mengatur fungsi dan posisi furnitur pada ruangan.

Singkirkanlah barang-barang dan furnitur yang tidak penting, karena hal tersebut justru membuat tampilan ruangan menjadi sempit. Pilihlah barang atau furnitur yang multifungsi. Seperti contohnya rak buku yang bisa kamu jadikan sekaligus sebagai meja lampu. Atau, rak TV yang bisa kamu jadikan sebagai rak buku. Menarik bukan, GenK? 😉

Baca Juga :   Inspirasi Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Hindari Pembatas Ruangan dengan Ukuran Terlalu Besar

Rumah Minimalis 2

Ilustrasi penggunaan kaca sebagai pembatas ruangan (sumber: bluprint.onemega.com)

Saat memilih dekorasi, kamu harus memperhatikan betul pembatas pada ruangan. Hindari memilih pembatas ruangan yang berlebihan dan juga berukuran besar. Hal tersebut dapat membuat ruangan jadi jauh terlihat sempit dan maksa, GenK!

Untuk itu, kamu harus lakukan cara yang pintar. Misalnya, kamu bisa memilih pembatas ruangan dengan rak unik yang sekaligus bisa kamu gunakan untuk menaruh buku-buku dan barang lainnya.

Mau Ruangan Terlihat Lebih Luas? Coba Gunakan Cermin!

Rumah Minimalis 3

Gunakan kaca yang ornamennya sederhana (sumber: gmroofing.co)

Cermin memiliki efek yang khas dalam menciptakan ruangan minimalis menjadi terlihat lebih besar dan luas. Mengapa? Karena cermin dapat menimbulkan ilusi ruangan lebih besar. 🤔

Semakin besar ukuran cermin, maka ruangan juga akan jadi terlihat lebih luas. Hanya saja, kamu tetap harus mencocokkan dengan desain minimalis yang ada pada rumahmu. Jangan sampai hanya karena semata-mata ingin tampilkan ruangan yang terlihat lebih luas, kamu lupa untuk menyesuaikan dengan desain minimalis ala rumahmu.

Baca Juga :   4 Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis ala Milenial

Pemilihan Warna yang Tepat

Rumah Minimalis 4

Rumah minimalis di Jepang. Ilustrasi: smallhousebliss.files.wordpress.com

Warna juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Namanya ruangan minimalis, pastinya kamu disarankan untuk memakai warna-warna bumi atau netral. Kamu bisa memilih warna cat tembok, furnitur, dan lantai dengan kombinasi warna yang senada. Mulai dari warna putih, abu-abu, coklat kayu, dan juga hitam.

Untuk cat tembok, agar terlihat bersih dan rapi, pilihlah warna putih. Ini juga bisa mempermudah kamu untuk memilih furnitur yang ada. 😊

Pilih Furnitur Unik dan Langka

Rumah Minimalis 5

Contoh furnitur simpel dan unik (sumber: marvelbuilding.com)

Rumah bergaya minimalis tidak terlepas dari berbagai furnitur yang unik dan juga jarang ditemukan di pasaran. Dengan memilih furnitur atau perabotan yang unik, kamu bisa menambah nilai plus pada rumah idaman kamu.

Kini, banyak sekali jenis dan juga model furnitur yang unik, sehingga kamu tidak akan kesulitan memilih. Ditambah lagi, sentuhan keunikan pada rumah juga dapat menghindarkan kamu dari rasa bosan. Ini juga bisa membuat kamu lebih mudah menemukan hal-hal atau ide kreatif.

Contohnya, kamu bisa memilih stiker dinding yang tidak berlebihan dengan ukuran yang pas, sehingga dapat mempercantik ruangan. Atau, kamu dapat memilih vas bunga unik yang dapat menghidupkan suasana ruangan. Gak percaya? Coba aja!

Baca Juga :   Tips Menata Kamar Mandi Minimalis nan Estetik

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Puntung Rokok Untuk Produk Interior, Mana Mungkin?

Arsitektur & Interior

5 Tips Buat Home Office Jadi Lebih Nyaman, WFH Jadi Lebih Produktif!

Arsitektur & Interior

5 Alasan Menagapa Kalian Perlu Menggunakan Jasa Desainer Interior

Arsitektur & Interior

Unik dan Estetik, Lampu Hias Akrilik Bisa Membuat Kamarmu Lebih Menarik Lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published.