Seni Rupa & Desain

5 Cara Ampuh Mengatasi Art Block Biar Ide Lancar Terus

Banyak seniman dan desainer yang kerap mengalami kesulitan saat sedang mengerjakan karyanya. Bisa dari segi teknis karena ada alat yang tiba-tiba tidak berfungsi dengan baik, sampai yang paling umum ditemui adalah minimnya ide atau inspirasi. Istilah inilah yang kemudian dikenal dengan istilah art block. Apakah kamu familiar dengan istilah ini? 

Art block merupakan kondisi di saat seseorang yang sedang berkutat dalam dunia penciptaan karya seni menemui jalan buntu. Inspirasi ide yang dibutuhkan tidak dapat ditemukan sehingga pekerjaan pun jadi ikut terhambat karena tidak tahu mau membuat karya dengan rupa yang seperti apa. Jika kamu adalah salah satu orang yang sering mengalami masalah ini, maka kami sudah punya solusinya nih. Berikut beberapa cara ampuh mengatasi art block yang dapat kamu coba. 

1. Refreshing Dulu Yuk 

Sumber: mydesignsite.com

Art block seringkali muncul karena kamu terlalu lelah. Kamu terlalu banyak bekerja dan menggunakan otak kamu untuk memunculkan ide-ide kreatif. Otakmu merasa jenuh sehingga kamu butuh membersihkan pikiran kita sejenak dari segala tuntutan ide kreatif tersebut. Kamu butuh kembali untuk fokus! Selama periode ini, kamu bisa bersantai dan melakukan apapun yang membuatmu senang. Pokoknya jauhkan sementara fokus kamu dari tuntutan seni. Setelah merasa lebih tenang dan rileks, kamu bisa kembali melanjutkan segala pekerjaanmu.

Baca Juga :   Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

2. Merenung Sejenak 

Sumber: mydesignsite.com

Cara mengatasi art block ini adalah saran yang paling simpel di antara saran-saran di atas. Selain mudah dilakukan dan tanpa memakan waktu, mengingat kembali tujuan kita berseni menciptakan semangat yang luar biasa. Tak ubahnya memancing ikan dengan umpan, mengingat kembali tujuan kita berkecimpung di dunia seni itu bisa menggaet si ikan ‘Berseni’ dengan mudah. Oleh daripadanya, hal yang sebelumnya tidak dapat dicapai, hanya berada dalam khayalan benak, dengan ajaib tercapai. Orang-orang akan mengenal kita, mencap sebagai salah satu dari yang berhasil, dan mimpi-mimpi di siang bolong pun mampu direalisasikan.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?