Film, Animasi & Video

Asal Usul Simbol Grafis yang Sering Kamu Pakai Tiap Hari, Sudah Tau?

asal-usul-simbol-grafis

Tiap hari kita menggunakan ribuan simbol untuk mengomunikasikan informasi dan mengekspresikan emosi ketika nggak ada satupun kata di dunia yang sanggup mewakili perasaan. Simbol merupakan gambar yang kita gunakan untuk bercerita, baik itu dalam bisnis, kehidupan dan desain. Tapi apakah kamu tahu asal-usul simbol grafis tersebut?

Dalam dunia desain, simbol adalah elemen grafis yang bisa digunakan untuk merepresentasikan identitas brand, mengomunikasikan ceritanya dan memengaruhi cara pandang konsumen. Tapi, seberapa seringkah kita memikirkan asal-usul simbol grafis yang kita lihat sehari-hari?

Jangan khawatir, kami akan mengajakmu menjelajahi sejarah di balik simbol grafis yang paling banyak digunakan, sehingga kamu bisa lebih memahami arti sejati dari sebuah simbol dan mengaplikasikannya untuk pekerjaan atau branding.

1. Asal-usul Simbol Grafis Love

asal-usul-Simbol-grafis-Love

Ilustrasi simbol love (Sumber: amazonaws.com)

Inilah simbol yang paling banyak digunakan, cukup sering malah, termasuk juga dalam desain grafis. Well, sekarang ini kamu bisa menemukan simbol ini di mana-mana. Terima kasih kepada desainer Milton Glaser yang mempopulerkannya lewat merek ‘I Heart NY’ di tahun 1970.

Kini simbol heart mewakili cinta, kasih sayang, kebaikan, persatuan dan kesetiaan. Ada banyak teori tentang asal-usul simbol grafis ini. Leher dua ekor angsa yang saling terkait; bentuk daun ivy yang dikaitkan dengan kesetiaan, aspek tubuh manusia; payudara, bokong wanita bahkan testis, hati manusia; seperti yang digambarkan Aristoteles. Well, apapun itu, kebanyakan dari kita mengaitkan simbol ini dengan cinta. Ini adalah simbol universal yang bernilai seribu kata dan nggak akan pernah menjadi sebuah klise.

2. Asal Simbol “@”

Simbol-@

Ilustrasi simbol @ (Sumber: 99designs-blog.imgix.net)

Kembali ke tahun 1971, di mana seorang programer komputer Amerika yang dikenal sebagai penemu email, Ray Tomlinson, mengirimkan pesan elektronik pertama, menunjukkan lokasi penerima dengan banyak simbol ‘@.’

Sekarang ini, simbol tersebut paling banyak digunakan oleh pakar akuntansi dan pemrograman. Tapi ada desainer kreatif di belakangnya. Ada tiga teori tentang asal muasal simbol ‘@.’ Mewakili kata ‘ad’ dalam bahasa Latin, yang artinya ‘menuju’, terlahir dari kata ‘à’ yang berarti ‘di’ dalam bahasa Prancis, dan singkatan dari ‘each at’ yang didokumentasikan pertama kali tahun 1536 di Spanyol, ketika seorang pedagang bernama Francesco Lapi, menggunakan simbol @ untuk menunjukkan satu unit anggur dalam surat yang ditulisnya.

‘@’ punya banyak julukan, lho. Mulai dari strudel di Israel, bebek kecil di Yunani, anjing di Rusia, cacing di Hongaria, tikus di Cina, acar herring gulung di Republik Ceko, siput di Italia, ekor monyet di Denmark, kucing tidur di Finlandia dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Cara Mempercepat Koneksi WiFi, Dijamin Efektif!
About author

Related posts
Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Film Disney 2021 yang Cocok Temani Liburanmu

Film, Animasi & Video

Ini Dia Rekomendasi Serial Thailand Untuk Menemani Masa PPKM

Film, Animasi & Video

Catat! Ini 7 Rekomendasi Drakor Terbaru Tayang Juni 2021, Ada yang 19+

Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Webseries Indonesia Wajib Tonton Akhir Pekan Ini