Fotografi

Belajar Teknik Astrophotography Buat Kamu Para Pemula

astrophotography

Saat kamu melihat langit malam gelap bertabur bintang yang indah, rasanya sayang banget kalau nggak mengabadikannya ke dalam jepretan foto. Inilah yang dinamakan dengan astrophotography atau astrofotografi. Sederhananya, astrophotography adalah seni memotret objek astronomical atau celestial. Artinya kamu menangkap image objek yang berada di angkasa.

Nah, untuk melakukannya juga nggak asal. Agar kamu bisa mendapatkan jepretan objek yang terlihat bagus, kamu pun perlu mengetahui langkah-langkahnya. Terutama, jika kamu seorang pemula. Mari kita simak langkah-langkahnya berikut ini.

Gunakan Kamera yang Baik

Gunakan Kamera yang Baik untuk astrophotography

Sumber: hips.hearstapps.com

Secara umum, astrophotography terbagi menjadi dua teknik, yaitu long exposure shot dan short exposure shot. Teknik long exposure shot berarti fotomu menampilkan bintang yang bertaburan di langit dengan bentuk melingkar. Sementara, short exposure shot merupakan foto konvensional yang menunjukkan taburan bintang Milky Way atau Bima Sakti.

Untuk menerapkan kedua teknik dengan tepat, kamu perlu kamera berkualitas baik. Gunakan kamera DSLR dengan lensa yang bisa diganti dan dilengkapi kontrol manual. Salah satu pilihan kamera terbaik untuk astrophotography adalah seri Canon Rebel. Kamu juga bisa memilih lensa wide angle saat memotret, seperti 10mm, 12mm atau 24mm.

Lakukan Perlahan dan dengan Stabil

Lakukan astrophotography Perlahan dan dengan Stabil

Sumber: hips.hearstapps.com

Untuk mencoba astrophotography, maka kamu wajib menggunakan tripod. Mendapatkan hasil jepretan yang baik juga memerlukan waktu yang lebih lama, daripada memotret objek yang standar. Jika kondisinya sedang berangin, kamu bisa menurunkan posisi tripod. Kamu juga bisa menghindari guncangan kamera dengan menggunakan remote control atau mengatur self timer pada kamera. Kondisi kameramu harus stabil tanpa guncangan sedikit pun untuk menghasilkan foto yang bagus.

Terapkan Pencahayaan yang Tepat

Terapkan Pencahayaan astrophotography yang Tepat

Sumber: hips.hearstapps.com

Kamu bisa menggunakan headlamp—senter yang dipasang di kepala—dengan cahaya paling redup untuk membantu menerangi tanpa mengganggu exposure yang sudah tercipta. Headlamp juga gampang banget dibawa ke mana-mana. Di samping itu, kamu juga dapat menggunakan senter untuk menerangi area sekitarmu dengan cahaya remang-remang, sehingga menambah kesan menarik pada fotomu. 

Sebelum memilih tempat foto, kamu bisa lebih dahulu survei lokasi ketika matahari akan terbenam. Jadi, kamu bisa melihat semenarik apakah area tersebut di foto. Areanya harus mencakup dataran luas tapi juga bisa menampilkan langit yang membentang di atasnya dengan jelas.

Gunakan Aplikasi Bantuan

Gunakan Aplikasi Bantuan

Sumber: hips.hearstapps.com

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk membantu astrophotography-mu. Aplikasi seperti Moonphase atau moongiant.com bisa membantu mengetahui waktu-waktu malam paling gelap dalam satu bulan. Ini adalah waktu terbaik untuk fotografi bintang atau new moon. Namun, pastikan juga kamu mengecek cuaca karena kalau sedang berawan maka ini bisa mengganggu aktivitas fotografimu.

Harus dengan Teknik yang Benar

Harus dengan Teknik yang Benar

Sumber: media.macphun.com

Kunci penting untuk menjadi seorang astrophotographer adalah berlatih. Jadi, luangkan waktumu untuk mencoba memotret di luar sana, dan cobalah menjepret hingga berkali-kali. Belajarlah dari kesalahanmu yang biasanya bakal sering kamu lakukan saat masih menjadi pemula. Jangan khawatir, karena seiring berjalannya waktu dan seringnya kamu latihan tentunya, kamu akan menjadi fotografer stellar yang handal.

Demikian sekilas tentang astrophotography beserta tekniknya yang tepat untuk memotret. Mungkin, saat baru belajar kamu akan merasa canggung karena belum terbiasa. Jadi, mau nggak mau kamu bakal merasa gugup tapi juga antusias. Tenang saja, bersabar dan terus berlatih pasti akan menjadikanmu fotografer jago dengan jepretan foto memukau. Good luck, GenK!

About author

Related posts
Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!

Fotografi

8 Tren Fotografi yang Populer Tahun 2022, Keren dan Estetik!

Fotografi

Tips Melakukan Teknik Fotografi Flat Lay untuk Konten yang Ciamik

Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!