GenK LIFE

Atasi Stres Pakai Lingkaran Kendali Bernama Circle of Control

Kamu pasti pernah mengalami stres. Stres merupakan reaksi tubuh ketika ada situasi yang sulit atau berbahaya. Saat stres terjadi maka tubuh memproduksi hormon adrenalin yang fungsinya buat mempertahankan diri. Stres itu wajar, tapi bisa jadi berbahaya kalau dibiarkan berlarut-larut, soalnya bisa mengganggu kehidupan kamu sehari-hari. Nah, ada yang namanya lingkaran kendali yang mampu mengatasi stres kamu. 

Memahami Lingkaran Kendali

Sumber Gambar : detik.com

Lingkaran kendali juga disebut dengan istilah Bahasa Inggris “circle of control”. Sebelum kita pahami tentang lingkaran kendali, coba kamu tanyakan dulu dua pertanyaan sederhana tapi penting ke diri sendiri. Pertama, “Apa yang bisa aku kendalikan?”, dan kedua, “Apa yang nggak bisa aku kendalikan?” Simpel, bukan. Tapi maknanya besar kalau kamu pahami dengan benar.

Cara Kerja Lingkaran Kendali

Buat menerapkan lingkaran kendali dalam kehidupanmu, kamu bisa mengucapkan satu kalimat untuk dirimu sendiri, yaitu “Aku akan fokus ke hal yang bisa aku kendalikan”. Sederhana, ya. Tapi apa kamu udah melakukan ini? Nah, kelihatannya sepele tapi inilah yang biasa bikin seseorang stres. 

Karena merasa harus mengendalikan semua hal. Jadi, begitu ada sesuatu yang terjadi di luar kendali, seketika kamu merasa stres. Padahal, sebenarnya hal yang kamu pikirkan dengan berat tersebut nggak seberat itu juga. Sekarang kita lihat cara kerja lingkaran kendali.

Jadi, lingkaran ini menggambarkan hal yang bisa kamu kendalikan dan yang nggak. Semua yang ada di dalam lingkaran adalah hal yang bisa kamu kendalikan. Sementara, semua yang ada di luar lingkaran adalah hal yang nggak bisa kamu kendalikan. 

Lingkaran Kendali

Sumber Gambar : papbili.com

Di dalam lingkaran ada cara kamu menyayangi diri sendiri, tindakanmu, perkataanmu, caramu mengelola perasaanmu, batasanmu, caramu memperlakukan orang lain, pendapatmu, dan pikiranmu. Udah, cuma itu aja hal yang bisa kamu kendalikan.

Sementara, di luar lingkaran, ada hal-hal di masa lalu, waktu dan cuaca, apa yang dikatakan orang lain, apa yang dipikirkan orang lain, perasaan orang lain, dan perlakukan orang lain. Nah, ini adalah semua hal yang nggak bisa kamu kendalikan sama sekali. Jadi, nggak perlu dipikirkan apalagi dipusingkan berlarut-larut.

Fungsi Lingkaran Kendali

Lingkaran Kendali

Sumber Gambar : krakataumedika.com

Dengan menerapkan lingkaran kendali, maka hal ini bisa banget membantu mengurangi stres kamu. Apalagi, kita masih di masa pandemi, kan. Di masa-masa ini, gampang banget kita merasa stres. Perlu diperhatikan aja, sih. Kalau seseorang stres berkepanjangan, maka ini bisa memberi efek buruk terhadap kesehatan. 

Makanya, kelola stres kamu karena ini penting banget. Caranya dengan mengenali circle of control atau lingkaran kendali kamu. Dengan begitu, kamu akan sadar untuk melanjutkan hidup dengan fokus kepada semua hal yang berada di dalam kendali kamu. Nggak perlu mikirin hal-hal di luar kendali. Selain nggak memberikan manfaat, juga nggak mengubah apa-apa.

Lingkaran Kendali

Sumber Gambar : freepik.com

Akan tetapi, buat kamu yang suka tantangan, kamu bisa banget menjalani hidup dengan menghadapi hal-hal yang kamu takuti. Mengekspresikan diri. Jadi, kamu nggak cuma fokus sama apa yang kamu suka, tapi kamu berani keluar dari lingkar kendali kamu. Mungkin sesekali ini penting buat level up, mencoba hal baru yang sekiranya bisa meningkatkan kualitas diri kamu.

Jadi itu tadi sekilas tentang circle of control atau lingkaran kendali. Ternyata, ada cara sederhana buat mengatasi stres. Karena biasanya stres emang datang dari pikiran kita. Jadi begitu kamu bisa melepaskan hal-hal yang emang nggak bisa kamu kendalikan, stres akan ikut hilang darimu.

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan