GenK LIFE

Bangun Tidur Masih Ngerasa Cape? Coba Cek, Apa Cara Istirahatmu Udah Tepat atau Belum

“Baru bangun tidur aja kok gue masih ngerasa cape ya?” Kalian pasti sering atau pernah denger orang yang berkeluh-kesah kaya gitu. Ngerasa udah berjam-jam tidur, istirahat tapi baru aja bangun tidur udah ngerasa cape? Udah coba sengaja tidur cepat, ninggalin live Instagram artis favorite.. Eh tapi ujung-ujungnya malah tetep overthinking mikirin ini-itu di tengah malam. Kalau kalian ngerasa seperti itu, coba cek, apa cara istirahatmu udah tepat?

1. Physical Rest

Sumber Gambar : purewows.com

Atau bisa disebut istirahat fisik, contohnya nih tidur. Ternyata tidur cuman salah satu dari aktivitas istirahat lho! Makanya, wajar aja kalau kalian sudah coba tidur tapi kita masih ngerasa cape.

2. Mental Rest

Sumber Gambar : Bussinessinsider.com

Atau bisa disebut dengan istirahat mental. Iya, mental pun butuh istirahat lho! Terus gimana caranya? Caranya kita bisa coba buat shutdown pikiran-pikiran kita, dengan ngeluarin beban pikiran kita mungkin dengan cara journaling.

3. Sensory Rest

Sumber Gambar : Lifewire.com

Istirahat sensori dengan mengistirahatkan indera-indera kita. Mata, telinga kita yang seharian udah melihat dan mendengar hiruk pikuk bising suara jalanan, kendaraan atau bahkan notifikasi hpmu. Caranya dengan tutup mata dan coba deh cari ketenangan, setelah seharian kalian sibuk dengan kegiatan.

4. Emotional Rest

cara istirahatmu

Sumber Gambar : Okezone.com

Istirahatkan emosi kita, dengan cara meluangkan waktu dan ruang buat kamu mengekspresikan emosi. Sesimple kaya coba jujur misal dihari itu lagi badmood, coba keluarin aja emosinya. Atau bisa dengan cerita sama orang terdekat kalian. Ini cukup ampuh untuk memperbaiki cara istirahatmu, loh!

5. Creative Rest

cara istirahatmu

Sumber Gambar : Egsa UGM

Maksudnya gimana sih? Nah kalian bisa coba kasih waktu diri kalian buat jalan-jalan menikmati alam atau sekedar buat baca buku favorite kalian. Coba kelilingi diri kalian dengan berbagai inspirasi yang bisa bantu charge energi kalian kembali.

6. Spiritual Rest

cara istirahatmu

Sumber Gambar : gkinurdin.com

Nah, ternyata dengan mendekatkan diri ke Tuhan bisa jadi sebuah sarana buat istirahat juga lho! Kalau kalian merasa sendiri dan udah melakukan berbagai macan istirahat tapi masih ngerasa lelah, mungkin kalian perlu juga untuk melakukan spiritual rest ini.

7. Social Rest

cara istirahatmu

Sumber Gambar : goodnewsfromindonesia.id

Yang terakhir, istirahat sosial. Maksudnya gimana sih? Istirahat sosial bisa dengan cara surrounding diri kalian dengan orang-orang yang berpengaruh positif. Nah gimana kalau belum ada? Mungkin kamu bisa istirahat total dari semu interaksi sosial dan sediain waktu buat diri kalian sendiri.

Yuk, coba review lagi, apakah istirahat kalian udah mencakup ke 5 poin di atas atau belum? Kalau kalian masih ngerasa cape padahal posisinya baru aja bangun tidur. Berarti ada beberapa poin di atas yang mungkin kalian belum lakuin.

Mungkin iya, kalian udah tidur berarti udah menuhin poin physical rest. Tapi, apa kalian udah menuhin poin-poin lainnya? Mungkin kalian juga butuh tutup mata kalian dan cari tempat yang tenang? Atau mungkin kalian harus istirahat dengan ngobrol dan ngeluapin emosi kalian? 

Tapi balik lagi setiap orang butuh istirahat dalam takaran masing-masing ya. Tapi kalian coba deh evaluasi lagi, misal hari ini energi kalian lebih banyak terkuras dipakai apa aja. Nah mungkin dari situ kalian bisa lebih terfokus, butuh cover energy nya poin apa aja.

Jadi gimana nih, sekarang udah tahu kan kalau istirahat itu bukan cuman tidur aja. Karena sekarang sudah tahu, jangan lupa dipraktekin terhadap cara istirahatmu!

Penulis: Syafira Putri Aulia (@syafirapotter)
About author

Related posts
GenK LIFE

7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!

GenK LIFE

Generasi Milenial Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Belia

GenK LIFE

Apa Benar Hujan-Hujanan Bisa Bikin Sakit? Simak Disini!

GenK LIFE

Kenali Anticipatory Anxiety, Kelainan Yang Membuatmu Overthinking