Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?

Typeface dan font, dua istilah ini tentunya udah nggak asing lagi bagi kamu-kamu yang belajar desain atau yang tertarik dengan dunia desain. Keduanya adalah bagian penting dalam industri desain grafis yang menentukan bagus atau enggaknya sebuah desain, selain warna, guys. Sayangnya, bagi para desainer pemula, banyak banget yang masih suka keliru membedakan kedua unsur vital dalam tipografi perdesainan. Dan yang lebih parahnya lagi mereka menganggap kedua hal tersebut adalah sama. Nah, biar nggak salah kaprah lagi, intip apa saja beda typeface dan font berikut ini, yuk. Simak juga seperti apa contoh dari typeface dan font supaya kamu makin jago lagi.

Apa Beda Typeface dan Font?

Sumber Gambar : futurecdn.net

Sebelum menyibak perbedaan dari typeface dan font, ada baiknya kamu mengetahui apa itu tipografi dalam dunia desain grafis. Tipografi merupakan seni menyusun huruf dan teks agar salinannya secara visual terlihat menarik, jelas dan bisa dibaca.

Font style, tampilan dan struktur adalah beberapa hal yang dapat membangun tipografi dalam desain. Tujuannya adalah untuk menciptakan emosi tertentu sekaligus menyampaikan pesan tertentu. Singkatnya, tipografi adalah sesuatu yang bikin teks terlihat hidup dan lebih menarik.

Typeface, Apa Itu?

Sumber Gambar : zeichenschatz

Sementara itu, typeface artinya adalah suatu rancangan karakter dari huruf-huruf tertentu dengan entitas keunikan, karakteristik, wajah hingga perbedaan bentuk dalam rancangan kelompok huruf yang membuatnya bisa dibedakan dengan jenis huruf-huruf yang lainnya, guys. Typeface ternyata sudah dipakai sejak awal masa percetakan, karena saat itu dibutuhkan satu cara untuk menjelaskan karakter dengan fitur desain yang agak-agak mirip, jadi nggak sampai salah.

Baca Juga :   1001 Bahasa Bunga untuk Mewakili Berbagai Perasaanmu

Contoh Typeface

Sumber Gambar : mindinventory

Jenis-jenis typeface berkarakter yang punya karakteristik desain yang serupa bisa kamu jumpai pada Roboto, Helvetica dan juga Times New Roman. Misalnya dalam keluarga Roboto, ada typeface Roboto Condensed, Roboto Mono serta Roboto Slab.

Lalu pada keluarga Helvetica, kamu bisa menemukan beberapa variasi yang karakteristiknya hampir mirip, yakni Helvetica Neue, Swiss 721 BT dan Helvetica World.

Font, Apa Itu?

Sumber Gambar : designmodo

Berbeda dengan typeface, font merupakan kumpulan format lengkap dari jenis-jenis huruf, simbol, angka, bentk dan karakter model yang memiliki ukuran serta karakteristik khusus di dalam software atau suatu program.

Font adalah segalanya tentang weight (berat), style (gaya), size (ukuran) dan effect (efek) dari jenis typeface tertentu. Dan biasanya masing-masing typeface juga menyertakan font apa saja yang ada di dalamnya.

Sebagai contoh, untuk typeface Helvetica yang punya sebanyak 51 font dengan style, size dan weight yang bermacam-macam.

Perbedaan Typeface dan Font adalah…

Sumber Gambar : 99.co

Hmm, masih bingung apa beda antara typeface dengan font? Well, sebenarnya gampang banget, kok, untuk membedakan keduanya. Contoh mudahnya adalah, Times New Roman yang merupakan typeface, sementara font-nya adalah Times New Roman regular italic. Jadi, intinya typeface adalah font family, dan font dengan semua style adalah anggota di dalam keluarga typeface. Itu saja, sih. Contoh lain dari font style yang perlu kamu ketahui adalah Regular, Italic, Bold, Black dan Conceded. Dan yang perlu kamu ingat, sekarang ini dalam dunia web development, istilah typeface sebenarnya sudah diganti dengan istilah yang lebih umum, yakni font family.

 

Nah, gimana, guys, sekarang kamu sudah nggak bingung lagi dengan beda typeface dan font, kan?

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

QuizSeni Rupa & Desain

Hidangan Jepang Mana Yang Sudah Pernah Kamu Coba?