GenK LIFE

Beda Penyebab dan Gejala Penyakit Meningitis

Mungkin masih banyak darimu yang belum paham tentang salah satu penyakit ini. Meningitis atau radang selaput otak merupakan peradangan yang terjadi pada meningen atau lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Penyakit ini ditularkan melalui percikan cairan hidung atau tenggorokan yang keluar saat batuk maupun bersin dari penderita.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan penyakit ini mulai dari bakteri, virus, parasit, jamur hingga non-infeksi. Agar lebih jelas, berikut penjelasannya.

Penyebab Meningitis

Meningitis virus

Ilustrasi virus. (Sumber: freepik)

Meningitis virus merupakan hal yang paling umum terjadi dan termasuk lebih ringan jika dibandingkan dengan meningitis bakteri. Biasanya, meningitis virus ini disebabkan oleh virus influenza, virus herpes simplex, virus varicella zoster, virus West Nile, virus limfositik koriomeningitis, dan virus campak (mumps dan measles).

Meningitis bakteri

Ilustrasi bakteri Listeria monocytogenes. (Sumber: thenativeantigencompany)

Beberapa kasus tercatat jika meningitis bakteri muncul ketika bakteri masuk melalui aliran darah di sinus, telinga ataupun sekresi tenggorokan. Sekresi tenggorokan berarti droplets, atau cairan yang dikeluarkan dari mulut. Artinya, kondisi ini menular lewat batuk. Bakteri kemudian melakukan perjalanan ke otak melalui aliran darah.

Beberapa bakteri penyebab meningitis adalah Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, Streptococcus pneumoniac, Listeria monocytogenes, Escherichia coli, Klebsiella sp., dan Streptococcus grup B. Meningitis ini dapat menular dan menjadi fatal apabila tidak ditangani dengan seksama.

Baca Juga :   4 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Penyakit Meningitis

Meningitis jamur

Ilustrasi jamur. (Sumber: NBC News)

Meningitis karena jamur bisa terbilang jenis meningitis yang langka. Penyebarannya bisa karena jamur yang menginfeksi tubuh yang kemudian menyebar dari aliran darah menuju otak dan sumsum tulang belakang.

Jika kamu memiliki sistem imun yang lemah, ada kemungkinan kamu lebih mudah mengalami meningitis jamur. Misalnya, penderita HIV, orang yang menjalani pengobatan kemoterapi untuk menangani kanker, serta orang yang mengonsumsi obat penekan sistem imunn. Beberapa jenis jamur yang dapat menyebabkan meningitis adalah Cryptococcus, Blastomyces, Histoplasma, dan Coccidiodes.

About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk, Catat! Ini Dia Financial Planning untuk Gaji UMR

GenK LIFE

Yuk, Kenalan Sama Yang Namanya Bank Asosiatif!

GenK LIFE

Buat Kamu yang Sering Merasa Mager di Pagi Hari, Coba Tips Produktif Ini!

GenK LIFE

Kalau Udah Merasakan Hal Ini, Artinya Tubuhmu Perlu Istirahat, GenK!