GenK LIFE

Begadang Dapat Sebabkan Kematian, Benarkah?

Begadang

Kurangnya jam tidur yang seharusnya berdurasi lebih dari 6 jam, akan mengurangi kinerja metabolisme tubuh. Energi yang berasal dari makanan dan seharusnya diubah menjadi energi, justru akan terendap dan menjadi tumpukan lemak dalam tubuh kita. Begadang juga dapat menyebabkan melemahnya sel-sel pada otak serta melemahkan sistem kekebalan tubuh, Namun begadang juga dapat menjadi penyebab penyakit-penyakir berbahaya berikut ini :

1. Risiko Kanker

Begadang

Sumber Gambar : detik.com

Karena kurangnya jam tidur yang cukup dan dapat memperngaruhi metabolisme dalam tubuh, menjadi penyebab utama mengapa orang yang sering begadang memiliki risiko yang tinggi terkena penyakit kanker daripada orang yang tidur berkecukupan. Sistem metabolisme pada tubuh sangatlah penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbarui sel-sel rusak pada tubuh.

2. Penurunan sistem kekebalan tubuh

Sumber Gambar : kompas.com

Beberapa riset yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti, berhasil membuktikan bahwa begadang dapat mengakibatkan turunnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Mengapa hal ini berbahaya, Faktanya dengan keadaan pandemi Covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia dan juga munculnya varian-varian baru dari penyakit tersebut membuat sistem kekebalan tubuhlah pelindung satu-satunya yang harus kita jaga. Namun dengan dilakukannya begadang, hal ini akan mengurangi sistem kekebalan tubuh dan rentan terhadap berbagai penyakit, terutama Covid-19.

3. Risiko Terkena Stroke

Sumber Gambar : unair.ac.id

Efek dari begadang juga dapat berdampak besar terhada[ meningkatnya risiko terkena stoke. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal European Journal of Preventive Cardiology mengemukakan bahwa orang-orang yang sering begadang memiliki risiko yang snagat besar tehadap risiko penyakit stroke karena begadang dapat merusak organ yang ada pada tubuh manusia.

4. Penurunan Fungsi Otak

Begadang

Sumber Gambar : detik.com

Bergadang juga dapat menyebabkan kemampuan fungsi otak akan menurun. Menurunya fungsi otak seperti menjadi pelupa, mudah mengantuk saat siang hari serta tidak dapat berkonsentrasi dapat menajadi pemicu kematian bagi orang-orang yang sering begadang. Mengapa begitu?, hal ini sangat berbahaya untuk orang-orang yang harus berkendara maupun melakukan hal yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

5. Memicu Penyakit-Penyakit Serius

Begadang

Sumber Gambar : Kompas.com

Seringnya bergadang dapat memicu penyakit serius berikut ini :

  • Penyakit Jantung
  • Gagal jantung
  • Diabetes
  • Serangan jantung
  • Tekanan darah tinggi

Jadi itulah beberapa risiko yang dapat dialami oleh orang-orang sering begadang. Penyakit-penyakit diatas bukanlah penyakit yang mudah disembuhkan. Sebelum terlambat, maka dari itu marilah kita akhiri kebiasaan begadang ini dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Jadi, bagaimana Genk? masih maukah untuk bergadang lagi? Saran dari kami mendingan jangan bergadang lagi, deh.

Kalian sudah tau sendiri apa saja efek yang bisa kamu dapatkan dari bergadang, bukan? Kalau kalian masih mau bergadang, bukannya itu sama seperti kalian menantang penyakit-penyakit untuk datang dan menyerang kalian?

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published.