Seni Rupa & Desain

Belajar Dari Desainer Zero-Waste Dan Re-Cycle

Selama ini yang kita tahu setiap industri furnitur menghasilkan limbah kayu. Dimana limbah kayu sendiri memiliki arti potongan kayu dengan berbagai ukuran dan jenis yang sudah tidak dapat digunakan lagi atau sudah tidak ada nilai jual nya. Beberapa desainer furniture berikut mempertimbangkan hal tersebut dan memilih untuk mendesain dengan konsep zero-waste. Zero-waste sendiri memiliki arti mengusahakan penggunaan material semaksimal mungkin dengan meminimalisir limbah yang dihasilkan. Mari kita simak desain-desain berikut agar dapat melihat potensi dari sekitar kita juga, terlebih lagi dapat membantu lingkungan kita untuk mengurangi limbah kayu.

Zero Per Stool

Sumber: giibi.com

Hattern merupakan sebuah studio yang berasal dari Seoul, Korea Selatan yang berfokus pada up-cycling waste materials. Hattern menciptakan desain kursi dengan menggunakan resin dan juga potongan kayu sisa dari pembuatan kaki bangku.

Yang kemudia di tata menjadi persegi dalam cetakan dan diberi resin untuk mengisi dan mengikat. Untuk selanjutnya di lakukan pembentukan lingkaran sebagai dudukan. Berikut gambar perencanaan dari bangku ini.

Sumber: giibi.com

Setiap kursi akan memiliki corak yang berbeda tergantung dari penyusunan sisa potongan kayu.

Sumber : giibi.com

Hattern juga memaksimalkan potongan-potongan kecil lainnya dan dijadikan sebagai coaster atau tatakan gelas.

Saw Dust Chair

Sumber: inhabitat.com

Johanna Riedl merupakan desainer asal Denmark, ia memanfaatkan Kembali limbah berupa serbuk gergajian dari pabriknya sendiri yang kemudian di ubah menjadi dudukan kursi yang nyaman.  Kursi ini merupakan bagian dari program Morfologi yang dilaksanakan oleh Sekolah Arsitektur dan Desain Royal Danish Academy

Selain itu, kursi ini adalah salah satu dari beberapa proyek siswa yang ditampilkan di Milan Design Week 2014. Berangkat dari melihat permasalahan limbah yang dihasilkan dalam membuat sebuah furnitur, Johanna memutuskan untuk menggunakan limbah dengan efisien dengan cara memporduksi kursi itu sendiri.

Sumber: inhabitat.com

Johanna memasukkan serbuk gergajian kedalam kantung plastik tebal semi transparan yang dapat ditarik keluar udaranya atau dijadikan kedap udara atau di padatkan sehingga bisa dijadikan dudukan kursi yang nyaman.

Second Nature

Desainer Zero-waste

Sumber : Caroline Williamson

Ketika kayu di proses dari awal menjadi papan ataupun balok akan meninggalkan semua kulit kayu dan gubal (lapisan luar yang lembut) menjadi limbah. Melihat potensi ini, Chialing Chang memutuskan untuk mendesain produk dan memberi kesempatan pada limbah tersebut menjadi Second Nature.

Desainer Zero-waste

Sumber : Caroline Williamson

Dengan memanfaatkan seluruh bagian kayu, yang sebelumnya merupakan limbah sekarang menjadi titik fokus pada rak dan bangku. Chang mengambil kesempatan ini dengan mengumpulkan limbah-limbah dan kemudian di rakit menjadi furnitur yang memiliki keunggulan unik. Desain yang diciptakan melengkung menyerupai batang pohon alami.

Desainer Zero-waste

Sumber : Caroline Williamson

Inilah contoh desain zero-waste dan juga re-cycle yang tentu nya tetap menarik bukan. Apakah kalian tertarik untuk memiliki satu diantaranya? Yuk mari kita bantu mendukung desain-desain yang memperhatikan lingkungan kita.

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ide Konten Digital Marketing Untuk Promosi Media Sosial Perusahaan Desain Interior

Seni Rupa & Desain

Beberapa Peluang Usaha dari Pemanfaatan Limbah Kayu Sisa Industri

Seni Rupa & Desain

Inovasi Produk Daur Ulang Plastik, Penting Gak sih?

Seni Rupa & Desain

Penerapan Coastal Style Pada Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published.