Seni Rupa & Desain

Belajar Desain Grafis jadi Makin Mahir lewat 3 Buku Ini

cover-belajar-desain-grafis

Belajar desain grafis memang nggak selalu mudah tapi kalau kamu tahu celahnya, maka semuanya nggak akan selalu sulit. Paling penting kamu tetap belajar, memperkaya wawasan, berlatih, dan jangan lupa untuk rajin membaca buku desain grafis.

Sebelum kita membahas desain dan semakin rumit, nggak ada salahnya kalian mengetahui konsep dari desain itu sendiri. Desain merupakan proses pencapaian atau perancangan kreatif dari seni terapan. Cakupan desain pun cukup luas.

Nah, untuk membantumu agar lebih mengenal dan memahami apa itu desain, serta seperti apa desain yang diterima masyarakat, mari kita simak buku-buku desain di bawah ini. Siapa tahu bisa menambah ilmu dan wawasan, khususnya tentang desain grafis.

Color Basic by Anne Dameira

color-basic

Buku yang membahas basic warna dalam desain (Sumber: store.dgi.or.id)

Sebelum belajar desain grafis lebih mendalam, ada baiknya kamu mengerti hal-hal sederhana seperti warna. Terdengar sangat simpel, tetapi hal tersebut sangat menentukan hasil dari karya desainmu. Pemilihan warna yang baik akan menghasilkan desain yang baik pula.

Jangan salah, warna pun dapat memancing perbedaan emosi seseorang saat melihat sebuah karya, lho! Buku yang berjudul Color Basic karya Anne Dameira ini memaparkan penjelasan warna dengan lugas serta perbedaan antara warna subtraktif dan aditif. Anne menjelaskan berbagai teori dan cara pemakaian warna yang tepat untuk diaplikasikan ke desain.

Kamu tentu nggak mau bukan, karena pemilihan warna yang kurang tepat, desainmu malah terlihat kurang bagus. Nah, di dalam buku ini, kamu akan belajar melihat sebuah desain dari filosofi pemilihan warna pada awal pembuatan.

Baca Juga :   Imajinasi Jadi Kenyataan dengan 3D Pen

Universal Principles of Design by William Lidwell

universal-principle-of-design

Buku tentang prinsip universal dalam desain (Sumber: imakestuff.me)

Cara belajar desain grafis yang mudah dituangkan dalam buku karya William Lidwell ini. Buku laris yang telah diterjemahkan dalam 16 bahasa ini membahas mengenai konsep desain yang diaplikasikan ke dalam contoh-contoh visual. Ada kurang lebih 100 konsep yang disuguhkan penulis, agar kamu mempunyai banyak sudut pandang dan ide untuk menciptakan sebuah karya desain yang baik.

Desain yang baik merupakan desain yang dapat diterima oleh masyarakat. Dengan belajar desain grafis melalui buku karya William, kamu akan diajak untuk bereksplorasi dengan berbagai macam ilustrasi yang William sajikan. Buku ini juga merupakan salah satu referensi besar untuk desain, loh!

Baca Juga :   Psikologi Warna: Cara Mengenal Seseorang lewat Warna Favoritnya

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?

Leave a Reply

Your email address will not be published.