Arsitektur & Interior

Berikut adalah Beberapa Efek Psikologi dari Warna Interior Yang perlu kamu ketahui!

Efek Psikologi dari Warna Interior – Berdasarkan penelitian, Hidup manusia pada dasarnya di dominasi dengan berada di dalam ruang untuk beraktifitas. Baik itu aktifitas yang Produktif, Konsumtif, ataupun hanya untuk mengistirahatkan diri saja.

Dengan adanya kita dalam suatu ruang, kita tentunya dapat membedakan, apakah ruang ini sudah terasa nyaman ataupun tidak nyaman. Baik itu di dalam Ruang Public Seperti Mall, Restoran, Café atau Ruang Private seperti Apartement, Rumah,dll. Tentunya ada banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi kenyamanan seseorang dalam ruang .

Dan warna dinding merupakan salah satu hal yang sangat mendasar dalam hal ini. Dengan adanya Warna pada sebuah ruang, maka secara psikologis warna pada ruang tersebut dapat menentukan suasana hati, mood  dan bahkan perasaan seseorang.

Mungkin sering kali kita tidak mempedulikan hal ini, akan tetapi hal-hal sederhana seperti ini dapat berpengaruh besar dalam kehidupan seseorang. Nah pada topik kali ini, kita akan membahas trend warna Ruang tamu yang perlu kamu ketahui untuk rumahmu!!

  1. Warna Hijau

Sumber Gambar : Pinterest.com

Warna hijau merupakan warna yang memberikan kesan psikologis yang paling tenang dan santai. Warna ini sudah umum untuk diterapkan pada ruang tinggal karena sifatnya yang santai. Pada saat ini terdapat banyak sekali jenis-jenis warna hijau yang ada, akan tetapi warna hijau yang kekinian adalah warna Sage Green. Yang dimana memadukan warna hijau dan abu-abu.

Warna ini cocok sekali digunakan untuk ruang tamu. Terutama untuk ruang tamu dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Karena warna ini dapat memberikan kesan Fresh pada ruang. Dan karena warna hijau itu merupakan warna yang alami, oleh sebab itu kita dapat mengkombinasikan warna hijau ini dengan furniture, atau barang yang memiliki kesan alami.

Seperti furniture yang terbuat dari kayu ataupun rotan yang sekiranya cocok sebagai warna aksen dalam warna hijau ini. Untuk menambah kesan elegan pada ruang maka kita dapat memberikan warna hitam sebagai warna pendukung yang dapat diterapkan kepada gagang pintu, warna aksesoris, dan lain-lain.

  1. Warna Abu-Abu gelap

Efek psikologi dari warna interior

Sumber Gambar : Pinterest.com

Yang kedua adalah warna abu-abu gelap. Warna ini adalah warna yang sangat cocok untuk digunakan pada interior dengan style Kontemporer, Minimalist, Industrial, Modern ataupun Scandinavian. Karena warna abu -abu gelap ini merupakan warna yang elegan dan juga dramatis.

Namun sebelum perlu diperhatikan bahwa, sebelum menggunakan warna ini, kita harus memastikan bahwa terdapat pencahayaan yang cukup dalam ruang tersebut. Sebab warna gelap itu menyerap cahaya, Baik pencahayaan Alami, maupun buatan. Dan Karena warna ini adalah warna netral, maka Kelebihannya, kita dapat mengkombinasikan warna ini dengan semua warna lain yang ada.

  1. Warna Putih

Efek psikologi dari warna interior

Sumber Gambar : Pinterest.com

Warna ini juga tidak kalah juga dengan warna yang lainnya. Secara psikologis, warna putih ini dapat memberikan kita rasa fokus dan juga ringan, sehingga kita dapat menjadi tenang dan juga nyaman dalam ruang dengan warna putih.

Dan juga  warna ini merupakan warna paling serbaguna dalam interior, karena warna putih itu warna netral dan cerah. Oleh sebab itu kita dapat dengan bebas menentukan warna pendukung lain, seperti aksesoris ataupun furniture dalam ruang .

Mengkombinasikan warna dinding yang putih dengan warna warm, seperti warna coklat pucat hingga tua, merupakan pilihan yang baik dalam kenyamanan suatu ruang, seperti pada ruang di bawah ini. Karena warna warm adalah warna yang cocok digunakan pada rumah tinggal.

  1. Warna Biru

Efek psikologi dari warna interior

Sumber Gambar : Pinterest.com

Dan untuk yang terakhir, terdapat warna biru. Warna biru ini juga tidak kalah dengan warna yang lainnya, karena warna biru ini secara psikologis merupakan warna yang dapat meningkatkan mood untuk profuktifitas, ketenangan dan juga untuk merilekskan pikiran.

Berdasarkan penelitian psikologis, warna biru dapat membantu denyut jantung dan juga tekanan darah menjadi  semakin stabil. Sehingga sangat cocok digunakan untuk orang yang kurang dapat menenagkan diri.

Dan untuk saat ini, warna biru yang biasa digunakan untuk sekarang didapati yaitu, warna biru pucat. Warna biru pucat dapat juga  memberikan nuansa yang santai dan juga dapat membantu merilekskan pikiran.

Warna biru pucat ini juga sangat cocok di gabungkan dengan furniture Modern, maupun furniture yang memiliki unsur rotan, dan unsur” alami lainnya.

Itulah beberapa Efek psikologi dari warna interior yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh : Christian Johan(Mahasiswa Jurusan Desain Inteiror, Universitas Kristen Petra)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

4 Desain Interior Japandi untuk Inspirasi Gaya Hunian

Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Leave a Reply

Your email address will not be published.