Seni Rupa & Desain

5 Jurus Rahasia Bermain Warna ala Desainer Grafis Profesional

Bermain Warna-ala Desainer Grafis Profesional

Kamu seorang desainer grafis yang ingin mengembangkan kualitas karya ciptaanmu ke tingkat selanjutnya? Sudah menguasai berbagai elemen dasar desain grafis tapi masih kesulitan untuk membuat karya yang bisa ‘wah’ banget? Jangan khawatir, kami akan membantumu dengan bagian khusus berupa jurus rahasia bermain warna ala para desainer grafis profesional berikut ini. 

1. Seimbangkan Warna 

Sumber: mydesignblog.com

Sebagai seorang desainer, kamu harus ingat bahwa warna memiliki 3 sifat yaitu hue, saturation, dan value (kadang disebut dengan lightness). Saturation menunjukkan betapa kaya warna desain kamu, sebagai contoh adalah neon adalah warna yg memiliki saturation tinggi, sedangkan pastel adalah warna yang memiliki saturation rendah. 

Value menunjukkan seberapa terang warna kamu dari skala hitam dan putih. Sedangkan yang terakhir adalah hue. Hue menunjukkan bagian warna pelangi mana warna tersebut. Contohnya seperti merah atau hijau. Sebuah desain bisa memiliki 100 nuansa warna, dari pastel ke neon. Tapi tentunya, warna pada desain harus direncanakan dengan baik. Karena jika kamu salah memadukannya, skema warna desainmu akan jadi berantakan.

2. Manfaatkan Skema Warna 

Sumber: mydesignblog.com

Saat kamu memutuskan untuk bermain warna pada sebuah desain, maka perhatikanlah keseimbangan skema warna yang baik. Untuk mencapai skema warna yang baik tidak semudah membalikan telapak tangan tentu saja. Kamu harus bisa menggali skema dengan baik. Kamu harus berpikir dimana skema warna yang baik berasal? Bagaimana kamu bisa memutuskan warna yang cocok dari beribu-ribu kombinasi warna yang ada? 

Kamu harus memikirkan baik-baik tentang skema warna karya desainmu Tentunya skema warna desain harus selaras dengan isi konten situs yang kamu kerjakan. Jangan sampai situs kamu mengenai berita politik, tetapi justru desain dibuat menggunakan kombinasi warna pink dan biru muda pada seluruh bagian situs. 

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Motion Graphic Menarik dengan Mengikutsertakan 4 Poin Penting di Dalamnya

Seni Rupa & Desain

Apa Itu Golden Ratio dan Dapatkah Diaplikasikan ke Desain Logo?

Seni Rupa & Desain

Tutorial Anaglyph di Adobe Photoshop Anti-Ribet yang Bisa Kamu Coba Sendiri di Rumah

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat PowerPoint Animasi Bagus Serta Menarik