GenK LIFE

Bertambah Usia, Sistem Imunitas Tubuh Bisa Ikut Berkurang. Kok Bisa?

Di tengah pandemi COVID-19 yang semakin meluas, memang ada baiknya kita harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh kita dimana saja. Terlebih virus tersebut bisa menyerang langsung ke tubuh kita dan membahayakan apabila jika kita tidak memiliki sistem imunitas atau kekebalan tubuh yang baik.

Namun, salah satu fakta yang mengejutkan adalah tenyata sistem imunitas tubuh kita ini akan mengalami penurunan seiring dengan pertambahan usia kita. Hal ini tentu akan membuatmu jadi mudah merasa lelah, bahkan mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, sediakan bekal sedini mungkin agar sistem imun tetap terjaga kualitasnya di usia senja nanti.

Waspada dan berbekallah sejak dini

-foto-

Menurut ahli, sistem imunitas dalam tubuh seseorang bisa menurun lebih cepat dari semestinya. Dilansir Daily Mail, saat seseorang telah berusia 40 tahun ke atas, sistem kekebalan tubuh sudah tak mampu untuk menangkal penyakit baru. Sistem kekebalan tubuh tersebut hanya bisa dan mampu bertahan dari penyakit yang sudah menyerang.

Seorang ahli dari  Imperial College, London, UK, mengungkapkan bahwa setelah usia mencapai 65 tahun, seseorang tidak mempunyai berbagai jenis sel yang dibutuhkan untuk melawan infeksi baru, sebab kualitas sel yang dimilikinya telah menurun. Sel tersebut merupakan naive T-Cell yang biasanya berkeliling dan memberi peringatan sat terjadinya infeksi.

Walau begitu, semakin bertambah usia, sel tersebut keberadaannya juga semakin sedikit. Hal ini disebabkan karena kelenjar kecil di belakang tulang dada (thymus) tempat mereka berkembang, telah menyusut. Inilah yang membuat  berkurangnya sistem ketahanan tubuh. Singkatnya, sistem imun jadi enggak efisien, terutama menghadapi virus baru.

Faktor Penurunan Imunitas Tubuh

Ternyata tak hanya faktor usia saja loh yang dapat memengaruhi penurunan sistem imunitas dalam tubuh. Beberapa faktor di bawah ini juga dapat membuat sistem imunitas berkurang, maka ada baiknya kamu untuk menghindarinya.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif