GenK LIFE

Bingung Pilih Jurusan? 5 Prodi Hits Ini Bisa Jadi Pilihanmu, Loh!

Memasuki era revolusi industri 4.0 tentu juga membawa perubahan yang cukup besar terhadap lapangan pekerjaan. Terlebih tuntutan dan kebutuhan yang semakin banyak namun persaingan yang semakin tinggi tentu memberikan efek yang besar. Hal inilah yang harus kamu pikirkan secara matang, terlebih bagi kamu yang akan menginjak masa perkuliahan.

Macquarie University, sebuah universitas di Australia yang meraih 5 bintang QS World University Ranking belakangan ini telah melakukan sejumlah survei penelitian mengenai program studi atau prodi dan pekerjaan yang paling dibutuhkan di tahun 2020 ini. Dilansir dari laman resmi QS World University Rankings, berikut daftar jurusan dan peluang karier yang banyak dicari tahun 2020.

1. Ilmu Kesehatan dan Psikologi

Ilustrasi dokter. (Sumber: UPMC Susquehan)

Penduduk di dunia, kian hari kian bertambah dan ini tenru juga berimbas dengan kebutuhan akan kesehatan serta tenaga medis yang diperlukan. Untuk itu, pada 2020, ada sekitar 40 persen lebih banyak tenaga profesional layanan kesehatan fisik dan mental akan dibutuhkan dan dicari.

Bukan hanya medis, peningkatan populasi tersebut nyatanta juga tentu membawa dampak atau pengaruh juga terhadap kesehatan mental. Hal inilah yang membuat kebutuhan dalam sektor psokologi pun mengalami pengingkatan. Sehingga untuk dua bidang tersebut bisa menjadi pilihan prodi dengan besarnya jaminan atau tawaran pekerjaan di masa mendatang.

2. Teknik, Hukum dan Guru

Ilustrasi pengacara. (Sumber: New York Times)

Dalam urusan tekniks seperti elektro, mesin, robotika dan lainnya juga masih menjadi pilihan dalam revolusi industri 4.0 yang terjadi. Bahkan bidang tersebut diperkirakan juga masih akan terus bertumbuh hingga 22 persen melalui jenjang sarjana ataupun pascasarjana.

Tak hanya teknik, di bidang hukum juga menjadi prodi yang menjanjikan dengan adanya peningkatan kebutuhan 17.6 persen untuk pengacara. Sehingga kamu apabila memiliki ketertarikan mempelajari ilmu hukum, bidang ini juga turut menjanjikan.

Hasil pemetaan tahun 2020, permintaan profesional bidang pendidikan masih akan terus melampaui profesi lain. Permintaan profesional pendidikan usia dini misalnya, masih akan meningkat sebesar 27 persen, dan guru pendidikan sebesar 21 persen.

3. Desain Komunikasi Visual dan Media

Ilustrasi desain grafis. (Sumber: shutterstock)

Di industri kreatif, di tahun 2020 juga mengalami peningkatan akan kebutuhan tenaga profesional. 15 persennya kebanyakan dalam bidang periklanan, pemasaran dan juga hiburan. Kombinasi antara kemampuan berkomunikasi pesan dan cara memasarkam produk ini bisa menjadi sebuah peluang karier yang besar di masa yang akan datang.

Pilihan prodi seperti desain komunikasi, seni, jurnalistik, film atau bidang lain terkait industri kreatif telah melahirkan peluang kerja lebih besar seiring dengan tumbuhnya budaya digital di era globalisasi ini.

4. Akutansi, Bisnis dan Matematika

Ilustrasi akuntan. (Sumber: shutterstock)

Walaupun terkesan jurusan lama, namun permintaan profesional akuntansi dan keuangan telah meningkat sebesar 44 persen dan diprediksi masih akan tumbuh sebesar 22 persen. Hal ini tidak mengherankan lagi mengingat lulusan bidang studi akuntansi, bisnis dan manajemen ini masih banyak dicari.

Tak hanya itu, Matematika dan statistik secara kualitatif dan kuantitif juga telah menjadi sebuah kebutuhan pada sektor bisnis dan keuangan terkait dengan pengolahan data (mahadata/big data) di era digital yang semakin berkembang. Kenaikannya bahkan mencapai 10 persen untuk tahun 2020 ini.

5. Teknik Informatika

Programmer. (Sumber: Rumah Komunitas)

Di era revolusi industri 4.0 tentu kita sudah tidak asing dengan jurusan ICT (informasi, komunikasi dan teknologi) ini. Bahkan di tahun 2020, permintaan profesional ICT bahkan mengalami peningkatan sebesar 26,5 persen.

Hal inilah yang membuat banyak universitas memberi perhatian khusus bidang ini, baik jenjang sarjana atau pascasarjana, untuk mempelajari keamanan siber yang efektif baik bidang komersial, aplikasi pribadi maupun industri. Oleh karenanya, memiliki gelar sarjana Teknologi Informasi ataupun master di Teknologi Informasi merupakan pilihan tepat bagi kamu yang tertarik bidang ini.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya